Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Tenaga Asing Mengawasi Pembangunan IKN Nusantara

Baca di App
Lihat Foto
Antara Foto/Hafidz Mubarak A
Suasana seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Presiden Joko Widodo menggelar seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol IKN Nusantara dengan mengumpulkan 34 tanah dan air yang dibawa gubernur se-Indonesia.
Editor: Sandro Gatra

KOMPAS.com 9 Juni 2023, memberitakan bahwa Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan yang telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Ketua Percepatan Pembangunan IKN, mengungkapkan bahwa untuk pengawasan megaproyek ini, dirinya telah memutuskan untuk mempekerjakan tenaga asing dan hal itu telah diketahui oleh Presiden Joko Widodo.

Keputusan itu diambil lantaran ingin kualitas pembangunan IKN menjadi bagus sampai dengan 17 Agustus 2024.

"Kita berharap 17 Agustus tahun depan kita bisa acara (Agustusan) di sana, tapi kualitas pekerjaan itu menjadi kunci. Oleh karena itu, saya lapor kepada Pak Presiden pengawas itu kita terpaksa dengan segala hormat kita pakai bule-bule untuk menjadi kualitas. Jangan nanti Istana Presiden itu jadi, tapi kualitasnya tidak bagus," ujar LBP dalam rapat kerja dengan Banggar DPR RI, Jakarta, Jumat 9 Juni 2023.

Membanggakan bahwa telah terbukti pemerintah Indonesia secara sistematis, terstruktur dan masif bukan saja merencana, namun sudah nyata menatalaksanakan percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara yang akan menjadi kebanggaan bangsa, negara dan rakyat Indonesia.

Penugasan Presiden Jokowi kepada Luhut Binsar Panjaitan sebagai Ketua Percepatan Pembangunan IKN sangat tepat dan benar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekam jejak keberhasilan LBP menunaikan tugas secara cepat dan bermutu sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kebijakan LBP atas restu Presiden Jokowi untuk mempekerjakan tenaga asing sebagai pengawas pembangunan IKN sudah pasti berdasar pertimbangan secara cermat dan seksama maka terjamin tepat guna dan tepat sasaran.

Namun di balik suasana serba membanggakan itu menyelinap rasa prihatin. Ternyata setelah 75 tahun merdeka Indonesia belum memiliki putra putri terbaik yang mampu dipercaya ditugaskan sebagai pengawas pembangunan megaproyek seperti IKN.

Terbukti kita masih terpaksa menggunakan tenaga asing.

Semoga fakta tersebut dapat menjadi perhatian Kementerian Pendidikan untuk kembali meninjau serta menata demi lebih menyempurnakan pendidikan nasional Indonesia sehingga selanjutnya pembangunan IKN dapat dilaksanakan oleh para putra-putri terbaik Indonesia secara murni swadaya berdikari tanpa perli melibatkan tenaga asing. MERDEKA!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi