Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Dikritik karena Sering Delay, Ini Penjelasan Lion Group

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Lion Air
Pesawat Lion Air. Penerbangan Lion Air nomor JT-142 delay berjam-jam karena berbagai kendala.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Sekretaris Umum (Sekum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammdiyah Abdul Mu'ti mengkritik penerbangan Lion Group yang menurutnya kerap mengalami delay atau keterlambatan.

Kritikan tersebut ia sampaikan melalui akun Twitter pribadinya @Abe_Mukti pada Rabu (7/6/2023).

Dia mengatakan bahwa ia hampir selalu menggunakan Lion Group ketika terbang ke berbagai daerah.

Namun, menurut Mu'ti penerbangan Lion Group kerap mengalami delay. Pihak maskapai, kata Mu'ti, juga tidak meminta maaf atas keterlambatan jadwal ini.

Lion Group yang dikritik Abdul adalah induk dari beberapa maskapai, seperti Batik Air, Lion Air, Super Air Jet, dan Wings Air.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hampir setiap pekan saya ke berbagai daerah di tanah air. Hampir setiap terbang selalu dengan Lion Group. Hampir setiap penerbangan selalu delay," cuit Abdul.

Baca juga: Lion Air Ungkap 7 Faktor Penyebab Keterlambatan Penerbangan

Saat dikonfirmasi, Abdul Mu'ti mengatakan bahwa penerbangannya menggunakan Lion Group mengalami delay sebanyak 4 kali sepanjang akhir Mei-awal Juni 2023.

"Super Air Jet Jakarta-Batam 31 Mei 2023, Batam-Jakarta 2 Juni 2023, Batik Jakarta-Surabaya 3 Juni 2023, Super Air Jet Jakarta-Yogyakarta 7 Juni 2023," kata Abdul kepada Kompas.com, Minggu (11/6/2023).

Lantas, bagaimana tanggapan Lion Group soal kritikan tersebut?

Tanggapan Lion Group

Soal kritikan Abdul Mu'ti, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan bahwa maskapai memberikan informasi yang jelas dan transparan mengenai keterlambatan.

Ia menjelaskan, saat maskapai berhadapan dengan faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan maka keselamatan penumpang dan kru adalah prioritas utama.

Menurut Danang, dengan memberikan informasi yang jelas kepada penumpang, maskapai memastikan bahwa penumpang memahami alasan keterlambatan.

"Menyadari bahwa keputusan yang diambil oleh maskapai didasarkan pada keamanan dan kepatuhan terhadap aturan penerbangan," ujar Danang saat dihubungi Kompas.com, Minggu (11/6/2023).

Danang juga menyampaikan, pilot dan awak kabin menyampaikan permintaan maaf atas keterlambatan penerbangan kepada penumpang.

Pilot dan awak kabin, kata Danang, juga berkomunikasi dengan penumpang secara transparan untuk menjelaskan alasan keterlambatan dan memberikan bantuan yang diperlukan.

Baca juga: 5 Penerbangan Lion Air dari Batam Tunda Terbang hingga 4 Jam akibat Cuaca

 

Faktor yang menyebabkan keterlambatan penerbangan

Danang menjelaskan bahwa keterlambatan penerbangan tidak diinginkan oleh siapapun, termasuk massapai dan penumpang.

Lion Group, kata Danang, berusaha mengurangi keterlambatan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang.

"Namun, penting untuk memahami bahwa terkadang keterlambatan penerbangan adalah hal yang tidak dapat dihindari dan merupakan bagian dari industri ini," jelasnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan penerbangan mengalami keterlambatan dari jadwal yang seharusnya, yakni:

  • Gangguan teknis
  • Penumpang terlambat
  • Penumpang tidak disiplin
  • Keterlambatan pesawat sebelumnya
  • Kondisi cuaca yang kurang baik
  • Barang bawaan melebihi kapasitas
  • Faktor operasional lainnya.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Lion Air dari Pekanbaru Sempat Batal Mendarat di Batam

Upaya agar penerbangan on time

Lebih lanjut, Danang turut membeberkan beberapa upaya Lion Group supaya penerbangan menjadi tepat waktu, yakni:

  • Monitoring dan evaluasi: memantau kinerja ketepatan waktu penerbangan melalui pengumpulan data dan analisis.
  • Optimalkan operasional: efisiensi operasional dapat ditingkatkan dengan cara pengoptimalam proses boarding, koordinasi staf bandara dengan awak peswat, dan penggunakaan teknologi canggih bagi penumpang dan kargo.
  • Perencanaan jadwal: merencanakan jadwal penerbangan secara matang dengan memperhatikan waktu yang realistis saat boarding, keberangkatan, dan kedatangan. Faktor lainnya adalah cuaca dan waktu untuk prosedur keamanan dan lalu lintas udara.
  • Pemeliharaan pesawat: maskapai melakukan pemeliharaan terhadap pesawat secara teratur dan mematuhi standar keamanan yang ditetapkan.
  • Manajemen keterlambatan: memberikan informasi yang jelas dan terkini kepada penumpang tentang alasan keterlambatan dan memberikan solusi alternatif, seperti pengaturan ulang jadwal atau kompensasi jika diperlukan.
  • Kolaborasi dengan pihak lain: Lion Group bekerja sama dengan otoritas bandara dan pengendali lalu lintas udara untuk memastikan kelancaran operasional.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi