Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Kopi Bisa Mempercepat Penurunan Berat Badan Menurut Sains

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/Rabbitmindphoto
Alasan mengapa kopi bisa mempercepat menurunkan berat badan menurut sains.
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - Kopi sudah dikenal luas sebagai salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tak hanya diminum untuk meningkatkan kewaspadaan saja, kopi juga banyak diminum dalam upaya penurunan berat badan seseorang.

Hal tersebut lantaran kopi mengandung rendah kalori yang cocok untuk minuman saat diet menurunkan berat badan.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minum secangkir kopi secara teratur dapat meningkatkan manajemen berat badan yang sehat dalam jangka panjang.

Lantas, bagaimana kopi bisa mempercepat penurunan berat badan?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 9 Manfaat Minum Kopi Menurut Sains, Apa Saja?

Alasan kopi bisa mempercepat penurunan berat badan

Lihat Foto
DOK. Shutterstock
Ilustrasi berat badan ideal.
1. Kopi bisa menurunkan nafsu makan

Dilansir dari Mindbodygreen, menurut Kelly Jones, seorang performance dietitian, kopi bisa berperan sebagai penekan nafsu makan bagi sebagian orang.

Hal itu juga didukung dengan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa minum kopi empat jam sebelum makan dapat menurunkan asupan energi yang berpotensi menyebabkan penurunan berat badan.

Sementara itu, seorang ahli diet integratif, Whitney Crouch mengatakan, kopi juga dapat merangsang sistem saraf simpatik, yaitu sebuah cabang dari sistem saraf otonom yang telah terbukti dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang.

Hal ini turut menjelaskan mengapa banyak orang yang merasa bahwa meminum secangkir atau dua cangkir kopi di pagi hari saat sarapan dapat membuat mereka kenyang hingga makan siang.

Baca juga: Menurunkan Berat Badan dengan Kopi, Bagaimana Caranya?

2. Meningkatkan metabolisme 

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa khasiat kopi yang digunakan untuk menurunkan berat badan berasal dari efeknya terhadap keseimbangan energi.

Selain itu, kopi juga dipercaya dapat meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda setiap hari.

Tak hanya itu saja, kopi juga memiliki kemampuan untuk mengurangi asupan energi. Hal ini dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan seseorang.

"Dalam penelitian, mengonsumsi kafein dapat meningkatkan pembakaran kalori sekitar 80-150 kalori," kata Crouch.

Namun, dia juga menjelaskan bahwa manfaat tersebut mungkin dapat berbeda dalam hal manfaat kopi yang meningkatkan metabolisme.

Hal ini karena penelitian menunjukkan bahwa orang dengan sedikit lemak tubuh akan mengalami peningkatan pembakaran kalori yang lebih besar dibandingkan mereka yang memiliki jumlah lemak tubuh yang lebih tinggi.

Baca juga: 8 Kebiasaan Minum Kopi yang Bisa Membuat Berat Badan Naik, Apa Saja?

3. Meningkatkan pembakaran lemak

Asam klorogenat, senyawa yang ditemukan dalam biji kopi telah terbukti meningkatkan metabolisme lemak dalam penelitian tabung reaksi.

Meskipun belum sepenuhnya jelas bagaimana cara kerjanya, asam klorogenat dianggap mengatur enzim dan jalur tertentu yang terlibat dalam akumulasi lemak, sehingga bisa mengurangi lemak tubuh.

Penelitian lain menunjukkan bahwa minum secangkir kopi sebelum pergi ke gym mungkin juga bermanfaat.

Baca juga: 8 Cara Mencegah Gigi Menguning akibat Minum Kopi

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan di Nutrients, mengonsumsi kafein dalam dosis sedang sebelum latihan aerobik secara signifikan meningkatkan penggunaan lemak saat berolahraga.

Selain itu, penelitian lain memaparkan kafein meningkatkan oksidasi lemak maksimal (atau pembakaran lemak) selama berolahraga hingga 29 persen dibandingkan dengan plasebo.

Akan tetapi, minum kopi untuk penurunan berat badan juga harus diimbangi dengan pola makan Anda secara keseluruhan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memiliki dampak yang jauh lebih besar terhadap penurunan berat badan.

4. Minuman yang baik sebelum berolahraga

Dikutip dari Times of India, apa yang diminum sebelum dan sesudah berolahraga sama pentingnya untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Ini karena minuman tertentu dapat membantu pemulihan dan pengurangan lemak tubuh, salah satunya kopi.

Minum kopi hitam minimal 30 menit sebelum berolahraga akan membantu mengurangi lemak lebih cepat dan memberi Anda banyak energi untuk berkeringat lebih banyak.

Baca juga: 4 Waktu yang Harus Dihindari untuk Minum Kopi, Kapan Saja?

Jenis kopi yang baik untuk menurunkan berat badan

Meskipun minum kopi bisa untuk mempercepat penurunan berat badan, akan tetapi jenis kopi apa yang Anda minum juga berpengaruh dalam upaya diet tersebut.

Untuk program penurunan berat badan, sebaiknya Anda mengonsumsi kopi hitam tanpa tambahan pemanis.

Jika ingin menambahkan susu, Anda bisa menggunakan susu nabati dengan takaran secukupnya.

Baca juga: Berbahayakah Menambahkan Krim ke Dalam Secangkir Kopi?

Selain itu, ingatlah untuk minum kopi maksimal 2 sampai 3 cangkir sehari untuk menghindari masalah pencernaan dan efek samping lain dari terlalu banyak kafein.

Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan banyak efek samping negatif, termasuk kecemasan, masalah pencernaan, kegelisahan, insomnia, dan bahkan dapat menyebabkan penambahan berat badan dalam beberapa kasus.

Orang-orang tertentu mungkin juga perlu mengurangi asupannya lebih jauh lagi, termasuk mereka yang sedang hamil, menyusui, atau sangat sensitif terhadap efek kafein.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi