Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser Coldplay di Singapura Jadi 5 hari, Bagaimana Indonesia?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/XENA OLIVIA
Ilustrasi cara beli tiket konser Coldplay di Jakarta 19 Mei 2023
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - Konser Coldplay di Singapura resmi ditambah satu hari pada 30 Januari 2024.

Dengan begitu, konser Coldplay di Singapura bertambah dari 4 hari menjadi 5 hari mulai 23, 24, 26, 27, dan 30 Januari 2024.

"Presale untuk pertunjukan di Singapura pada tanggal 23, 24, 26 & 27 Januari telah ditutup. Karena permintaan yang luar biasa, pertunjukan ke-5 di Singapore National Stadium telah ditambahkan pada tanggal 30 Januari. Penjualan umum untuk kelima pertunjukan dimulai pada pukul 10.00 waktu setempat besok (20 Juni)," tulis akun Twitter @coldplay.

Band asal Inggris itu menambah jadwal konsernya di Singapura setelah lebih dari 200.000 tiket habis terjual pada presale, Senin (19/6/2023).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikutip dari The Straits Times, promotor, Live Nation mengungkapkan, Coldplay memecahkan rekor di Singapura untuk penjualan tiket terbanyak dalam satu hari.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Akankah Indonesia juga berupaya untuk menambah jadwal konser Coldplay di Jakarta?

Baca juga: Daftar Lengkap Harga Tiket Konser Coldplay di Singapura dan Cara Belinya

Kemenparekraf negosiasi

Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), I Gusti Ayu Dewi Hendriyani mengatakan, pihaknya bersama dengan promotor, PK Entertainment tengah mengupayakan penambahan jadwal konser Coldplay di Jakarta.

"Langkah negosiasi masih terus diupayakan oleh Kemenparekraf dan juga PK Entertainment sebagai promotor acara," tuturnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/6/2023).

Gusti Ayu mengatakan, apabila permintaan konser dua hari berhasil disepakati, hal itu bakal berdampak positif bagi industri kreatif.

"Langkah itu menjadi misi khusus bagi Kemenparekraf karena memiliki target menciptakan peluang usaha mencapai 4,4 juta lapangan kerja pada tahun 2024," jelasnya.

Para pelaku industri kreatif dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) juga akan ikut terdongkrak karena penambahan konser Coldplay di Indonesia itu.

Baca juga: Perbandingan Harga Tiket Konser Coldplay di Indonesia, Malaysia, dan Singapura

Diusulkan menjadi dua hari

Diberitakan Kompas.com (23/5/2023), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sempat menyampaikan bahwa pihaknya tengah berkoordinasi untuk meminta agar konser Coldplay di Jakarta dilaksanakan dua hari.

"Kita sudah berkoordinasi untuk menyelenggarakan konser selama dua hari. Siapa tahu yang belum mendapatkan tiket, bisa ditambahkan hari," kata dia.

Menurut Sandi, konser Coldplay termasuk yang paling fenomenal di Indonesia karena tiketnya ludes terjual dalam waktu yang singkat.

Baca juga: Profil Rahmania Astrini, Penyanyi Indonesia yang Tampil di Konser Coldplay di Jakarta

Data Kemenparekraf, konser Coldplay di Singapura pada 2017 lalu mencatat lebih dari 50 persen penontonnya berasal dari Indonesia.

Sementara itu, antrean online saat penjualan tiket konser Coldplay di Jakarta pada 17 Mei 2023 lalu mencapai 1,5 juta pengguna.

Sebanyak 80 persen dari total alamat IP tersebut merupakan pengguna di Indonesia.

Konser Coldplay di Jakarta juga membuat reservasi hotel di sekitar area GBK meningkat lebih dari 90 peren.

Adapun hotel yang berada di luar lingkaran GBK terpantau mengalami kenaikan presentase reservasi hingga 40-50 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi