Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Richard Theodore Disomasi Orang NTT, Polisi: Kami Siap Menerima Laporan

Baca di App
Lihat Foto
Tangkapan layar akun TikTok @ntt.update
Content creator Richard Theodore dikritik warganet usai konten tes kejujuran yang menyebut seorang penjaga warung di NTT tidak jujur.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Ucapan content creator Richard Theodore yang menyebutkan bahwa orang Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak jujur kini berbuntut panjang.

Ucapan itu disampaikannya ketika membuat konten tes kejujuran setelah ponsel miliknya tertinggal di sebuah warung di Pelabuhan Tobilota, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Ia kemudian menyebut penjaga warung di Tobilota tidak jujur karena membiarkan ponselnya tertinggal.

Baca juga: Kemenkes Buka Suara soal Kasus Rabies yang Tewaskan Anak di NTT

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buntut dari ucapan itu, Richard menerima somasi dari Forum Pemuda NTT. Ia diminta untuk mempertanggungjawabkan ucapannya secara hukum adat yang berlaku di NTT.

"Hari ini kita sudah membacakan somasi ya secara terbuka untuk agenda yang berikutnya kami nanti ada deadline untuk beliau," ujar perwakilan Forum Pemuda NTT, dikutip dari Tribun.

Forum Pemuda NTT mengatakan, tuntutan agar Richard menyelesaikan permasalahan secara hukum adat sesuai dengan permintaan warga NTT.

Apabila Richard tidak memenuhi tuntutan tersebut, Forum Pemuda NTT tidak ragu menyeret permasasalahan content creator ini ke jalur hukum.

Baca juga: Viral, Video Bernarasi Rumah Richard Theodore yang Sebut Orang NTT Tidak Jujur Dikepung Warga, Ini Kata Polisi

Baca juga: Viral, Video Mobil Patwal di Makassar Tabrak Pengendara Motor lalu Pergi Begitu Saja, Ini Penjelasan Polisi

Lantas, apa langkah polisi usai konten tes kejujuran Richard viral di media sosial?

Masyarakat diminta melapor

Kasi Humas Polres Flores Timur Iptu Anwar Sanusi mengatakan, pihaknya telah memantau kasus Richard melalui media sosial maupun media online.

Meski begitu, pihaknya belum dapat menindaklanjuti kasus Richard lantaran belum ada satu pun pihak yang melaporkan masalah ini.

Oleh sebab itu, ia meminta siapa pun yang merasa dirugikan atas ucapan Richard untuk melaporkan content creator ini ke polisi.

"Dengan syarat dia membuat pengaduan dulu. Surat pengaduan setelah itu baru kita lakukan tindak lanjut, penyelidikan, dan sebagainya," ujar Anwar kepada Kompas.com, Senin (19/6/2023).

"Siapa saja yang merasa menjadi korban intinya kami siap menerima laporan pengaduan setelah itu baru kita lakukan langkah-langkah," lanjutnya.

Baca juga: Viral, Video Richard Theodore Sebut Orang NTT Tidak Jujur, Ini Kata Polisi

Video Richard Theodore sudah viral di Flores Timur

Terpisah, Kanit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Polres Flores Timur Ipda Stefen A Lindimara mengatakan, konten tes kejujuran yang di dalamnya berisi ucapan orang NTT tidak jujur telah viral di Flores Timur.

Kendati demikian, pihaknya masih menunggu pihak-pihak terkait yang melaporkan ucapan Richard ke Polres Flores Timur.

"Untuk informasinya sudah viral di sini hanya sampai sekarang belum ada pengaduan," kata Stefen kepada Kompas.com, Senin (19/6/2023).

"Walau belum ada pengaduan kami tetep monitor di lapangan, jajaran di lapangan sudah ke lokasi di Tobilota," tambahnya.

Baca juga: Konten Tes Kejujuran Penjaga Warung di NTT Dikritik, Richard Theodore Minta Maaf

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi