Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Baca di App
Lihat Foto
MIGUEL SCHINCARIOL
Penampakan trofi Piala Dunia U17 jelang laga final Piala Dunia U17 2019 antara Meksiko vs Brasil di Stadion Bezerrao, Gama, Brasilia, 17 November 2019. Terkini, FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023. (Photo by Miguel SCHINCARIOL / AFP)
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang bakal digelar pada 10 November-2 Desember 2023.

Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 itu disampaikan pada Jumat (24/7/2023) malam.

"Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023, Kolombia sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U20 2024, Dominika sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U17 2024, dan Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala Dunia Futsal 2024," tulis FIFA dalam keterangannya.

Dengan begitu, Indonesia akan menggantikan Peru yang sebelumnya telah dicopot sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Ranking FIFA Indonesia Turun Usai Kalah Lawan Argentina, Apa Pengaruhnya?


Alasan FIFA tunjuk Indonesia jadi tuan rumah U-17

Dalam keterangan resminya, FIFA tidak menjelaskan secara rinci mengapa Indonesia dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 menggantikan Peru.

Namun, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyakini bahwa penetapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 karena faktor positif yang ditunjukkan Indonesia selama tiga bulan terakhir.

Dilansir dari Antara, beberapa faktor positif yang dimaksud adalah perbaikan sarana-sarana stadion dan kesuksesan pertandingan FIFA Match Day yang turut menarik perhatian FIFA.

"Saya belum tahu alasan utama penetapan ini. Mungkin saja, beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepak bola dunia selama tiga bulan terakhir, seperti perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA, kemudian perhelatan dua FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina, juara dunia Qatar 2022 yang sukses dan menyita perhatian FIFA serta sepak bola Internasional, menjadi alasannya," tuturnya.

Erick mengaku bersyukur atas penunjukkan tersebut.

Ia tengah menunggu surat pemberitahuan secara resmi dari FIFA. Pasalnya penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 baru diumumkan FIFA pada sidang FIFA Council, Jumat (23/6/2023).

Baca juga: FIFA Matchday Indonesia vs Palestina: Jadwal, Daftar Pemain, Tiket, dan Cara Pembeliannya

Pencabutan Peru sebagai tuan rumah

Sebelum Indonesia, Peru terlebih dulu dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Namun, pada April 2023, FIFA mencabut status tersebut usai menggelar diskusi dengan Federasi Sepak Bola Peru (FPF).

Menurut FIFA, pencabutan Peru sebagai tuan rumah U-17 dikarenakan negara tersebut tidak mampu memenuhi komitmennya untuk melengkapi infrastruktur yang diperlukan selama pertandingan.

“Sekarang tidak ada cukup waktu untuk mengamankan investasi yang dibutuhkan dan menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan dengan pemerintah Peru sebelum tanggal dimulainya turnamen,” tulis FIFA.

Sebelumnya, FIFA memilih Peru menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 pada 2021. Namun karena pandemi, maka turnamen itu diundur.

Ini bukan kali pertama FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah untuk perhelatan pertandingan Internasional. Pada Piala Dunia U-20 tahun ini, Indonesia juga nyaris menjadi tuan rumah.

Namun, senasib dengan Peru, FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah U-20 dan menunjuk Argentina sebagai penggantinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi