Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Planet Kerdil? Berikut Pengertian dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
iStockPhoto/adventtr
Ilustrasi pengertian dan contoh planet kerdil.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Planet secara sederhana dapat didefinisikan sebagai benda langit yang mengelilingi matahari.

Dikutip dari laman NASA, berdasarkan definisi International Astronomical Union (IAU), sebuah benda langit dikatakan sebagai planet jika memenuhi tiga kriteria berikut:

Baca juga: Apakah Fenomena Aurora Bisa Terjadi di Planet Lain? Berikut Penjelasannya

Awalnya, masyarakat mengenal ada sembilan planet yang ada di tata surya, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun saat ini, Pluto tidak lagi disebut sebagai sebuah planet, melainkan dikategorikan sebagai dwarf planet atau planet kerdil.

Lantas, apa yang dimaksud dengan planet kerdil?

Definisi planet kerdil

Planet kerdil (dwarf planet) adalah benda langit yang mengorbit mengelilingi Matahari, dan bisa disebut hampir menyerupai planet.

Namun yang membedakannya adalah, planet kerdil belum membersihkan lingkungan di sekitar orbitnya.

Dikutip dari Encyclopedia Britannica, planet kerdil memiliki ukuran lebih kecil dari Merkurius namun cukup besar untuk memiliki gravitasinya sendiri dan membulatkan bentuknya secara substansial.

Tidak seperti planet besar, benda-benda ini tidak cukup masif untuk menyapu benda-benda terdekat yang paling kecil oleh gaya tarik gravitasi.

Baca juga: Mengenal Delapan Planet yang Ada di Tata Surya

Selain Pluto, beberapa benda langit lain yang secara resmi dikategorikan sebagai planet kerdil di antaranya adalah Ceres, Haumea, Makemake, dan Eris.

Pluto juga masuk dalam kategori planet kerdil karena berada dalam zona objek lain yang mungkin melintasi jalur orbitnya, yang dikenal sebagai wilayah Trans-Neptunus.

Sejauh ini, berdasarkan resolusi IAU pada 2006, secara resmi hanya ada delapan planet di tata surya yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Planet kerdil di tata surya

Meskipun ada banyak benda langit yang kemungkinan akan bergabung dalam daftar planet kerdil, IAU secara resmi hanya mengakui lima planet kerdil saat ini.

Dilansir Space.com, berikut 5 planet kerdil atau dwarf planet yang diakui IAU:

1. Pluto

Pluto ditemukan oleh American Clyde Tombaugh pada tahun 1930. Ia memiliki orbit sangat elips yang tidak berada di bidang yang sama dengan orbit delapan planet resmi.

Planet kerdil ini mengelilingi matahari pada jarak 5,87 miliar kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 248 tahun untuk menyelesaikan satu kali putaran.

Karena letaknya yang sangat jauh dari matahari, Pluto menjadi salah satu tempat terdingin di tata surya, dengan suhu permukaan mencapai minus 225 derajat celsius.

Pluto memiliki empat bulan yang diketahui yakni Charon, Nix, Hydra, dan satelit kecil yang baru ditemukan yang saat ini disebut P4.

Baca juga: Apakah Pluto adalah Sebuah Planet? Berikut Penjelasannya

2. Eris

Planet kerdil Eris ditemukan pada tahun 2005 oleh tim yang dipimpin Astronom Caltech Mike Brown.

Penemuan inilah yang mengawali IAU untuk menghapus Pluto dari daftar planet utama dan memasukkannya dalam kategori "planet kerdil" setahun kemudian.

Eris berukuran hampir sama dengan Pluto, namun sekitar 25 persen lebih masif. Ini menunjukkan bahwa Eris mengandung lebih banyak batu dan lebih sedikit es.

Sama seperti Pluto, Eris memiliki orbit yang sangat elips. Ia mengorbit matahari pada jarak rata-rata sekitar 10,1 miliar kilometer.

Planet kerdil ini membutuhkan waktu sekitar 557 tahun untuk menyelesaikan satu putaran mengelilingi matahari.

Baca juga: Mengenal Bulan dari Planet-planet di Tata Surya

3. Haumea

Haumea adalah planet kerdil yang mengorbit sedikit di luar Pluto, ditemukan oleh Brown dan timnya pada akhir 2004. Ia memiliki dua bulan yang diketahui, Hi'iaka dan Namaka.

Planet kerdil ini menyelesaikan satu putaran penuh dalam waktu kurang dari empat jam, menjadikannya salah satu benda yang berputar paling cepat di tata surya.

Putaran bermuatan super ini bertanggung jawab atas bentuk planet kerdil ini yang lonjong, mendorong planet kerdil itu ke luar secara substansial di ekuator.

Haumea membutuhkan waktu sekitar 283 tahun untuk menyelesaikan satu putaran mengelilingi matahari.

Baca juga: Mengenal Planet, Pengertian dan Proses Terbentuknya

4. Makemake

Tim Brown juga menemukan planet kerdil Makemake pada tahun 2005. Ia diperkirakan berukuran sekitar tiga perempat ukuran Pluto.

Makemake mengorbit matahari sedikit lebih jauh dari Pluto, dengan jarak rata-rata 6,85 miliar kilometer, dan menyelesaikan orbit setiap 310 tahun atau lebih.

Makemake adalah objek Sabuk Kuiper paling terang kedua setelah Pluto dan dapat dilihat dengan teleskop amatir canggih.

Baca juga: Apa Itu Aurora? Berikut Pengertian dan Proses Terbentuknya

5. Ceres

Ceres adalah satu-satunya planet kerdil yang tidak ditemukan di Sabuk Kuiper yang sangat dingin dan jauh. Ia ditemukan oleh Astronom Italia Giuseppe Piazzi pada 1 Januari 1801.

Sebaliknya, ia mengorbit di sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter, menyelesaikan satu putaran mengelilingi matahari setiap 4,6 tahun.

Banyak astronom yang sempat menganggap Ceres sebagai planet. Namun, berubah ketika mengetahui bahwa Ceres hanyalah benda yang meluncur melalui ruang angkasa di sabuk asteroid.

Saat ini, sebagian besar astronom menganggap Ceres sebagai protoplanet, dengan mengatakan kemungkinan akan terus tumbuh menjadi planet berbatu seperti Bumi atau Mars.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi