Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penderita Kolesterol Tinggi Boleh Makan Daging Saat Idul Adha, Asalkan...

Baca di App
Lihat Foto
Odor answers
Ilustrasi daging kambing
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Hari raya Idul Adha atau yang sering disebut sebagai hari raya kurban adalah salah satu momen istimewa bagi seluruh umat Islam di dunia.

Dalam perayaannya, Idul Adha akan diperingati dengan shalat Id terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban.

Di Indonesia sendiri, hewan kurban yang biasanya digunakan adalah sapi, kambing, dan juga kerbau.

Terlepas dari jenis hewannya, banyak orang yang was-was ketika harus berhadapan dengan hidangan daging-dagingan saat perayaan Idul Adha. 

Terutama, mereka penderita kolesterol tinggi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, bolehkah penderita kolesterol tinggi menyantap olahan daging?

Baca juga: Coba Rebus Bumbu Dapur Ini, Terbukti Ampuh Menurunkan Kolesterol


Penjelasan ahli gizi

Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Ali Khomsan mengatakan, daging sapi dan daging domba harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi karena dikhawatirkan bisa memicu lonjakan kolesterol.

Hal tersebut lantaran pada daging sapi maupun kambing memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang cukup tinggi. Sehingga orang-orang dengan kolesterol tinggi harus berhati-hati dalam mengonsumsinya.

"Daging sapi dan domba yang dikhawatirkan adalah kandungan lemak jenuh dan kolesterol. Sehingga penderita harus hati-hati," ujarnya, Rabu (28/6/2023).

Kendati demikian, Ali mengungkapkan bahwa penderita kolesterol tetap diperbolehkan menyantap hidangan daging tersebut dengan syarat membatasi porsi makannya.

Selain itu, untuk mengimbangi kebutuhan nutrisnya, disarankan untuk menambahkan sayur-sayuran.

"Konsumsi daging 1-2 kali dalam seminggu untuk penderita kolesterol masih wajar dan diperbolehkan asalkan tetap tidak berlebihan," ungkapnya.

Baca juga: Manfaat Pare bagi Kesehatan, Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

Berapa banyak daging yang bisa dikonsumsi?

Sementara itu, dokter sekaligus ahli gizi komunitas Tan Shot Yen mengatakan kolesterol dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit jantung yang bisa membahayakan kesehatan.

Kelebihan kolesterol dalam aliran darah adalah kontributor utama plak penyumbatan arteri, yang dapat menumpuk dan memicu serangan jantung.

Tan menyebutkan bahwa baik itu penderita kolesterol maupun tidak, harus membatasi jumlah makanan pemicu kolesterol, seperti halnya daging-dagingan.

"Makan daging sehari tidak membuat kolesterol melejit. Namun, dibatasi hanya 20 persen kolesterol dari asupan makanan," ujarnya terpisah, Rabu (28/6/2023).

Baca juga: 5 Bumbu Dapur yang Murah dan Ampuh Menurunkan Kolestrol

Bahaya kolesterol tinggi bagi kesehatan

Dokter Spesialis Gizi Klinik Putri Sakti menjelaskan, penyakit kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang dikenal sebagai silent killer atau silent disease.

"Karena pada awal-awal, kolesterol itu tidak bergejala sehingga membuat kita suka abai. Otomatis, orang baru pergi periksa saat sudah ada gejalanya," kata Putri dikutip dari Kompas.com (235/2023).

Menurutnya, gejala kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh penumpukkan lemak di pembuluh darah.

Gangguan kesehatan ini bila tidak segera ditangani, maka dapat berdampak buruk pada tubuh.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan gejala sakit kepala sampai leher yang terasa kaku.

Hal tersebut karena kolesterol tinggi membuat lemak menumpuk di pembuluh darah, sehingga sulit untuk memompa pembuluh darah dan menyebarkannya ke seluruh tubuh.

Putri juga menuturkan bahwa kolesterol sebenarnya diperlukan untuk produksi hormon pada laki-laki maupun perempuan. Di mana, jumlah kolesterol tersebut harus pas, tidak boleh kurang maupun berlebihan.

"Tingginya kadar kolesterol bisa membuat gangguan kesuburan dan menyebabkan wanita susah hamil," jelas Putri.

Penyakit ini bisa dikontrol dengan perubahan gaya hidup lebih sehat, menjaga pola makan, hingga bantuan obat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi