Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/Liudmyla Chuhunova
ilustrasi manfaat buah kiwi bagi kesehatan.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Kiwi adalah buah kecil yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang kuat.

Secara botani, kiwi diklasifikasikan sebagai buah beri. Actinidia deliciosa dan A. chinensis adalah dua spesies kiwi yang paling banyak dikonsumsi.

Mereka manis, mudah dimakan, dan bergizi tinggi, setra buah-buahan kecil ini menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang baik.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Semangka, Baik untuk Kesehatan Mata dan Kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Beberapa manfaat buah kiwi bagi kesehatan antara lain sebagai berikut:

1. Sumber senyawa tanaman baik

Dilansir dari Healthline, kiwi merupakan sumber senyawa tanaman yang sangat baik yang memiliki efek antioksidan dan anti inflamasi dalam tubuh.

Misalnya, buah kiwi mengandung karotenoid, yang memiliki sifat meningkatkan kesehatan.

Studi menunjukkan bahwa makanan tinggi karotenoid dapat membantu melindungi seseorang terhadap kondisi kesehatan tertentu, termasuk penyakit jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa total kapasitas antioksidan kiwi lebih tinggi daripada buah-buahan populer lainnya, termasuk apel, jeruk bali, dan pir.

Baca juga: Memiliki Efek Antikanker, Ini 5 Manfaat Daun Kari yang Jarang Diketahui

2. Baik untuk kesehatan jantung

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi buah kiwi, dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kiwi dapat membantu mengurangi kolesterol total dan trigliserida serta meningkatkan kolesterol HDL (baik) pelindung jantung.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah

3. Baik untuk pencernaan

Studi menunjukkan bahwa kiwi mengandung sekitar sepertiga serat larut dan dua pertiga tidak larut.

Serat larut membantu mendukung bakteri usus yang sehat, sedangkan serat tidak larut yang ditemukan dalam buah dapat membantu menjaga agar buang air besar tetap teratur.

Serat yang ditemukan dalam kiwi dapat menahan air sehingga baik untuk meningkatkan konsistensi feses dan mengurangi waktu bagi makanan untuk melewati sistem pencernaan.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Belimbing bagi Kesehatan

4. Sumber vitamin C

Kiwi sangat tinggi vitamin C, nutrisi yang membantu melindungi sel Anda dari kerusakan oksidatif dan memainkan banyak peran penting lainnya dalam tubuh.

Studi menunjukkan bahwa makan kiwi dapat membantu Anda mencapai kadar vitamin C darah yang optimal.

Sebuah studi tahun 2012 pada 15 laki-laki dengan kadar vitamin C rendah menunjukkan bahwa makan satu kiwi per hari selama 6 minggu cukup untuk mencapai tingkat vitamin C yang sehat.

5. Memberikan vitamin E

Dilansir dari Cleveland Clinic, kiwi termasuk buah yang mengandung vitamin E dalam jumlah yang baik. Satu kiwi mengandung sekitar 7 persen dari jumlah vitamin E harian yang direkomendasikan.

Vitamin E merupakan nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan jantung Anda. Ia membantu melebarkan pembuluh darah, menurunkan risiko serangan jantung atau stroke.

Baca juga: 6 Manfaat Daun Murbei yang Jarang Diketahui, Baik untuk Jantung, Otak, dan Kulit

6. Mengandung antioksidan

Berkat kandungan vitamin C dan vitamin E, buah kiwi menjadi sumber antioksidan yang bagus. Nutrisi ini melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Menambahkan antioksidan dalam makanan Anda dapat membersihkan sebagian dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kesehatan Anda.

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti kiwi dapat mengurangi risiko penyakit, termasuk beberapa jenis kanker dan kondisi jantung.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Pepaya bagi Kesehatan, Apa Saja?

7. Kaya akan vitamin K

Satu buah kiwi mengandung 31 mikrogram vitamin K, sekitar 25-30 persen dari asupan yang cukup untuk kebanyakan orang dewasa.

Vitamin K bermanfaat membantu menjaga tulang tetap kuat dan menurunkan risiko osteoporosis dan membantu Anda mencegah penyakit arteri koroner, penyebab utama serangan jantung dan gagal jantung.”

Baca juga: 7 Manfaat Daun dan Buah Jambu Biji bagi Kesehatan

8. Sumber kalium yang baik

Jantung, ginjal, otot, dan saraf Anda membutuhkan kalium agar berfungsi dengan baik, dan satu buah kiwi menghasilkan 215 miligram potasium.

Mendapatkan kalium dalam makanan dapat menurunkan risiko batu ginjal, osteoporosis, diabetes tipe 2, serta kondisi kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi dan stroke.

kalium membantu mengatur reaksi kimia dan kadar cairan dalam tubuh. Mengonsumsi makanan kaya kalium dan membatasi natrium dapat mengembalikan keseimbangan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi