Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Ciri Kucing Peliharaan Anda Merasa Bahagia, Apa Saja?

Baca di App
Lihat Foto
iStockPhoto/Moyo Studio
ilustrasi ciri kucing peliharaan merasa bahagia.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Kucing terlahir sebagai hewan pemangsa yang cenderung bergerak aktif. Sehingga, mereka akan cukup senang jika sering diajak bermain oleh pemiliknya.

Permainan dan aktivitas tersebut akan membuat kucing Anda merasa bahagia. Sama seperti manusia, kucing juga memiliki emosi, mereka bisa senang, sedih, bahkan kesal.

Oleh karena itu, penting bagi Anda yang memiliki kucing peliharaan, untuk bisa membuat teman berbulu Anda selalu bahagia.

Namun, kucing menunjukkan emosinya secara halus dengan bahasa-bahasa tubuh tertentu, sehingga sedikit sulit disadari oleh pemiliknya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kucing Memakan Rumput, Apa Saja?

Berikut adalah sejumlah ciri yang menandakan kucing peliharaan Anda sedang merasa senang:

1. Bergesekan dengan Anda

Dilansir dari laman Reader’s Digest, kucing yang hidup bersama dan memiliki ikatan sosial yang kuat biasanya merawat dan menggosok satu sama lain.

Artinya, kucing melakukan ini untuk mempromosikan aroma koloni karena tindakan ini meninggalkan minyak dari kelenjar aroma di kepala, pipi, dan dagu mereka.

Ketika kucing menggosok orang, mereka meninggalkan minyak untuk menandai dan juga merupakan tanda bahwa mereka menyukai dan senang melihat Anda.

Baca juga: 5 Rekomendasi Ras Kucing Berbulu Panjang yang Cocok untuk Dipelihara

2. Berkedip perlahan pada Anda

Berkedip mungkin tampak seperti gerakan yang paling umum dan biasa bagi manusia, tetapi bagi kucing, itu adalah tanda bahwa mereka mempercayai Anda.

Itu karena saat mereka berkedip, kewaspadaan mereka turun, dan itu menunjukkan bahwa mereka puas dan bahagia.

Kontak mata langsung dianggap sebagai tantangan atau ancaman. Oleh karena itu, kedipan menyampaikan niat kucing untuk bersikap ramah.

Baca juga: 7 Tips Sederhana Merawat Kucing Persia

3. Mereka mendengkur

Kucing yang mendengkur saat berinteraksi dengan orang, menyapa kucing yang sudah dikenalnya, atau saat menyusui anak kucing, bisa berarti mereka merasa bahagia dan puas.

Kucing juga dapat mendengkur saat mengantuk atau saat berada di lingkungan yang hangat dan akrab, saat meminta makanan dari pemiliknya, dan menguleni.

Biasanya Anda dapat mengartikan mendengkur sebagai positif jika kucing Anda juga menunjukkan beberapa tanda kepuasan lainnya dalam daftar ini.

Baca juga: 6 Mitos tentang Perilaku Kucing yang Sebaiknya Anda Ketahui

4. Ekornya terangkat

Kucing juga menggunakan posisi ekor untuk memberi tahu Anda bagaimana perasaannya, seperti sedang bahagia atau senang bermain, merasa terancam, takut, atau bahkan tidak enak badan.

Kucing yang bahagia dan percaya diri akan menahan ekornya dalam posisi seperti tanda tanya.

Kucing-kucing ini dalam suasana hati yang baik dan biasanya siap untuk berinteraksi atau diajak bermain.

Baca juga: 7 Ras Kucing yang Berkarakter Tenang, Cocok untuk Dipelihara

5. Menyambut pemiliknya

Sejalan dengan itu, dilansir dari laman AnimalPath, ciri kucing yang bahagia ditunjukkan dalam bentuk sambutan untuk majikannya yang baru saja pulang.

Saat Anda pulang setelah bepergian sepanjang hari, kucing akan menyapa di pintu dengan ekornya terangkat ke atas sambil bergetar.

Terlebih ketika dia terlihat sedikit menutup matanya dan menggosok dengan lembut ke arah Anda. Itu pertanda baik bahwa kucing Anda sedang merasa bahagia.

Baca juga: 5 Perilaku Manusia yang Dibenci Kucing, Apa Saja?

6. Posisi tidur yang santai

Banyak orang yang menganggap bahwa posisi tidur seekor kucing dengan pose-pose yang aneh adalah hal biasa. Namun, beberapa pose ternyata memiliki makna tersendiri.

Seekor kucing yang beristirahat dengan kaki terselip di bawah dadanya, kemudian posisi telinga ke depan dan mata sedikit terbuka, menandakan dia sedang merasa bahagia dan puas.

Tanda lain seekor kucing sedang bahagia dan merasa santai adalah ketika dia berbaring telentang dengan keempat cakarnya di udara.

Baca juga: 7 Aroma yang Tidak Disukai Kucing, Ada Pisang dan Kopi

7. Meminta untuk dipeluk

Kucing menunjukkan rasa kebahagiaannya dengan cara ingin dipeluk. Hal itu bisa terlihat ketika ia datang dan duduk di pangkuan Anda sambil membelai bulunya dengan lembut.

Cara lain kucing menunjukkan keinginannya untuk dipeluk adalah dengan menempelkan telapaknya di wajah Anda.

Bentuk rasa cinta kucing kepada pemiliknya adalah ketika ia ingin dipeluk dan meletakkan telapaknya di leher sang majikan.

Baca juga: 5 Hal yang Membuat Kucing Merasa Sedih, Apa Saja?

8. Selalu merasa ingin tahu

Kucing yang sedang bahagia biasanya akan menyelidiki apa saja yang ada di sekitar mereka, terutama jika hal tersebut baru bagi mereka.

Meskipun perilaku ini tersebut kadang mengganggu, terutama ketika rasa penasaran mereka sampai merusak beberapa perabotan rumah. Namun, setidaknya bisa terlihat bahwa kucing tersebut sedang bahagia

Baca juga: 5 Dampak Positif ketika Memelihara Kucing, Apa Saja?

9. Senang bermain

Salah satu indikator paling mudah untuk mengetahui apakan seekor kucing sedang bahagia adalah ketika dia suka bermain, terutama untuk seekor anak kucing.

Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah waktu yang dihabiskan kucing untuk bermain sering kali berkurang.

Jika anak kucing sering berlarian ke sana kemari, kucing yang lebih tua akan mengitari mainan atau hanya memukul sesuatu yang menggantung.

Berapapun usianya, ketika seekor kucing suka bermain, itu menandakan bahwa dia merasa bahagia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi