Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Sebelum Download, Profil Threads Tak Bisa Dihapus Tanpa Hapus Akun Instagram

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto
Ilustrasi Threads, aplikasi mirip Twitter, yang dibuat oleh Mark Zuckerberg, pendiri Meta (induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram).
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Semenjak CEO Twitter Elon Musk menerapkan berbagai pembatasan di Twitter, topik "Threads" ramai dibahas dan menjadi trending.

Topik "Threads" sejak Rabu (5/6/2023) hingga Jumat (7/7/2023) bahkan telah dibicarakan hingga 3,9 juta kali.

Threads adalah aplikasi media sosial baru buatan Meta, perusahaan yang menaungi Facebook dan Instagram.

Aplikasi ini disebut-sebut memiliki cara kerja yang mirip dengan Twitter di mana pengguna bisa menggunggah tulisan seperti twit, dan melakukan penayangan ulang atau yang dikenal dengan "Retweet" di Twitter.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saking banyaknya orang yang ingin migrasi dari Twitter, dikutip dari Techcrunch, aplikasi ini dalam 7 jam berhasil menggaet 10 juta pendaftaran.

Buat Anda yang tertarik bergabung, ketahui dulu beberapa kebijakan privasi tambahan yang diberlakukan pada aplikasi.

Baca juga: Cara Download dan Join Threads, Aplikasi Mirip Twitter Buatan Meta

Kebijakan tersebut yakni pengguna bisa menonaktifkan profil Threads kapan saja, namun akun hanya bisa dihapus apabila pengguna Threads juga menghapus akun Instagram miliknya.

Alasan Meta

Alasan meta memberlakukan kebijakan hapus akun Threads sama dengan hapus akun Instagram ini lantaran profil Threads adalah bagian dari akun Instagram pengguna.

Kebijakan tersebut cukup mengejutkan warganet di berbagai belahan dunia yang baru mengetahui hal tersebut setelah mereka membuat akun.

Meski demikian, dikutip dari Theverge, Kepala Instagram Adam Mosseri pada Kamis (6/7/2023) menyampaikan bahwa Meta sedang mencari cara agar hal ini tak terjadi.

"Threads diberdayakan oleh Instagram, jadi saat ini hanya satu akun, tetapi kami sedang mencari cara untuk menghapus akun Threads Anda secara terpisah," ujar Mosseri dalam unggahan Threads miliknya.

Baca juga: Meta Luncurkan Threads, Aplikasi Mirip Twitter, Sudah Bisa Diunduh di Android dan iPhone

Menonaktifkan akun Threads

Walaupun belum bisa menghapus akun tanpa hapus akun Instagram, pengguna dapat menyembunyikan profil dan konten Threads dengan menonaktifkan akun.

Untuk menonaktifkan akun Threads caranya yakni:

Menonaktifkan profil Threads merupakan tindakan yang sifatnya sementara, akun pengguna akan diaktifkan kembali jika pengguna melakukan login kembali.

Threads diluncurkan pada Rabu (5/7/2023) untuk iOS dan Android. Sampai dengan Kamis (6/7/2023), telah ada 30 juta orang yang mendaftar.

Aplikasi ini dinilai menggaet pengguna dengan memanfaatkan kekacauan yang sedang terjadi di Twitter, sehingga aplikasi masih belum lengkap menyediakan beragam fitur utama seperti pesan langsung (DM) atau tagar.

Namun Mosseri mengatakan, saat ini aplikasi sedang dalam perjalanan melakukan berbagai perbaikan.

Baca juga: Perbandingan Threads dan Twitter, Apa Saja Perbedaannya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi