Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan TikTok Music, Spotify, Apple Music, dan YouTube Music: Mana yang Terbaik?

Baca di App
Lihat Foto
Perbandingan aplikasi TikTok Music, YouTube Music, Spotify, dan Apple Music.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Perusahaan Bytedance yang menaungi aplikasi media sosial TikTok resmi meluncurkan layanan streaming musik bernama TikTok Music di pasar Indonesia, Kamis (6/7/2023).

TikTok Music merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya mendengarkan lagu atau musik secara online.

Sebelum TikTok Music rilis, publik telah mengenal aplikasi serupa lainnya seperti Spotify, Apple Music, dan YouTube Music.

Lalu, seperti apa perbandingan antara TikTok Music, Spotify, Apple Music, dan YouTube Music?

Baca juga: Tarif Langganan Spotify Premium dengan Pulsa Telkomsel, Paling Murah Rp 6.300

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Gratis dan berbayar

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (7/7/2023), TikTok Music memberikan layanan pemutaran musik yang tidak bisa dinikmati secara gratis. Hal yang sama juga dimiliki oleh Apple Music.

Sementara pengguna Spotify dan YouTube Music masih dapat menikmati lagu favorit secara gratis meski harus mendengarkan iklan di antara lagu.

Untuk biaya berlangganan, Bytedance mematok layanan TikTok Music seharga Rp 44.900 per bulan bagi Android dan iOS Rp 49.000 per bulan untuk Paket Individu.

Biaya berlangganan Rp 24.500 per bulan berupa Paket Pelajar dan Rp 79.000 per bulan untuk Paket Keluarga dengan maksimal 6 akun.

Biaya langganan Apple Music berkisar antara Rp 35.000/bulan untuk pelajar, Rp 55.000/bulan untuk perorangan, dan Rp 85.000/bulan untuk 6 akun dalam paket keluarga.

Sementara itu, Spotify menyediakan paket berlangganan yang lebih banyak meskipun lagu di aplikasi tersebut masih dapat dinikmati secara gratis.

Paket yang ditawarkan mulai dari Rp 2.500/hari khusus untuk 1 hp, paket individual seharga Rp 54.990 untuk dua bulan pertama dan harga yang sama di bulan berikutnya, paket duo seharga Rp 71.490, serta paket keluarga untuk 6 akun sebesar Rp 86.900.

Google mematok harga berlangganan YouTube Music Premium sebesar Rp 49.000 per bulan serta Rp 24.990 untuk paket pelajar dengan gratis akses di tiga bulan pertama.

Baca juga: Cara Download Lagu di iTunes atau Apple Music

 

Koleksi lagu

Dikutip dari Digital Trens, Spotify, Apple Music, dan YouTube Music memiliki koleksi lebih dari 100 juta lagu. 

Perbedaannya, Spotify juga menyediakan 5 juta saluran podcast.

Sementara itu, TikTok Music belum menyatakan berapa lagu yang tersedia di penyimpanan mereka.

Sebagai catatan, aplikasi TikTok menyediakan pilihan lebih dari 600.000 lagu gratis untuk konten videonya.

Meski begitu, ByteDance berniat menutup aplikasi musik lain bernama Resso pada 5 Desember 2023 dan menggantinya menjadi TikTok Music.

Jika begitu, maka TikTok Music paling tidak akan memiliki lebih dari 50 juta lagu yang sebelumnya ada di Resso.

Baca juga: Cara Membuat Akun YouTube Premium, Mudah Bisa lewat HP

Layanan khusus

Berbeda dari aplikasi lainnya, pengguna TikTok Music dapat mendengarkan lagu yang sedang populer atau masuk di For Your Page (FYP) TikTok mereka.

Fitur lain yang menjadi pembeda adalah TikTok Music bisa tersinkronisasi dengan akun TikTok pengguna. Ini membuat lagu-lagu TikTok yang hanya bisa didengar cuplikannya saja kini bisa dinikmati secara penuh di TikTok Music.

Menurut Digital Trends, Spotify menawarkan opsi untuk membuat daftar putar lagu kolaboratif bersama pengikut di aplikasi tersebut.

Spotify dan YouTube Music juga menyediakan daftar putar lagu berdasarkan kategori tertentu. Misalnya, daftar lagu yang baru rilis atau lagu yang mirip dengan kesukaan pengguna.

Sementara Apple Music telah terintegrasi dengan lagu yang dibeli di iTunes, baik dari CD fisik atau digital, serta unggahan audio ke iTunes Match.

Spotify dan Apple Music menawarkan tayangan siaran eksklusif secara langsung dengan musisi-musisi ternama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi