Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Menguak Makna dan Daya Guna Topeng

Baca di App
Lihat Foto
DOK. Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)
Kesenian Tari Topeng Lima Wanda di Desa Diwasa Gegesik Kulon
Editor: Sandro Gatra

MENURUT Kamus Besar Bahasa Indonesia istilah topeng bermakna:

topeng/to·peng/ /topéng/ n 1 penutup muka (dari kayu, kertas, dan sebagainya) yang menyerupai muka orang, binatang, dan sebagainya: waktu merampok dia memakai --; 2 ki kepura-puraan untuk menutupi maksud sebenarnya; kedok: gerakan kebatinan itu sebenarnya hanya sebagai -- organisasi yang terlarang;
-- gas peranti saring berupa topeng, berfungsi sebagai pemurni gas, digunakan untuk pernapasan dalam udara yang mengandung gas beracun;

bertopeng/ber·to·peng/ v 1 memakai topeng; 2 ki melakukan sesuatu untuk menutupi maksud yang sebenarnya; menyaru; berkedok;

menopengi/me·no·pengi/ v 1 memberi bertopeng; 2 ki menutupi maksud sebenarnya: ia mencoba tersenyum untuk ~ perasaannya;

mempertopeng/mem·per·to·peng/ v ki memakai sesuatu sebagai topeng; memperkedok: dia ~ jabatannya untuk melaksanakan kejahatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari ulasan KBBI panjang-lebar tersebut dapat disimpulkan bahwa topeng sebagai penutup wajah memiliki berbagai fungsi mulai dari penyamaran sampai bagian penting seni tari dan seni teater, bahkan militer maupun alat pelindung terhadap racun gas.

Masker sebagai pelindung partial wajah juga menjadi bagian dari penyelamat manusia dari serangan virus pada masa pageblug Corona.

Masyarakat Taiwan dan Jepang sudah terbiasa sehari-hari menggunakan dengan alasan kesehatan bagi diri sendiri maupun lingkungan.

Topeng merupakan unsur melekat pada seni teater Yunani kuno yang bahkan memiliki daya pengeras suara di bagian mulut agar suara seniman/wati pengguna topeng tetap terdengar oleh seluruh hadirin pergelaran teater Yunani kuno.

Tradisi commedia dell’ arte Italia terutama Venezia melahirkan topeng-topeng menokohkan Pulcinella, Il Capitano, Brighella, Arlecchino, Pantaloon, etc. terutama dikenakan oleh pemain sandiwara lelaki, sementara pemain perempuan menggunakam topeng setengah wajah yang lazim digunakan masyarakat padang pasar sebagai cadar untuk melindungi saluran pernafasan dari debu pasir.

Karnaval topeng merupakan peristiwa kebudayaan adat yang kini menjadi daya tarik wisata budaya kota Venezia.

Pada hakikatnya karnaval topeng Venezia memengaruhi para karnaval di seluruh dunia mulai dari Jerman sampai ke Amerika Serikat dan tertutama Rio de Jainero, Brazil.

Para tokoh game Fatui Harbingers Genshin Impact juga terpengaruh para tokoh seni topeng tradisi Venezia.

Menurut Museum of Culture Masks, topeng sudah hadir pada kebudayaan umat manusia sebagai bagian dari ritual spiritual jauh sebelum manusia mulai menulis.

Banyak jenis topeng yang digunakan oleh masyarakat pra-aksara telah menghilang dari sejarah bersama dengan masyarakat itu sendiri.

Dalam banyak kasus, hanya fragmen arkeologi, gambar, atau foto yang tersisa untuk memberi tahu kita seperti apa topeng dan memberi gambaran tentang bagaimana masyarakat sezaman menggunakannya.

Diketahui bahwa pribumi Amerika menggunakan topeng dalam perang, agama, dan hiburan, meskipun satu-satunya artefak yang bertahan adalah topeng kematian.

Misalnya, Popol Vuh, kisah asal mula peradaban Maya (K'iché), menceritakan bagaimana dewa-pahlawan kembar Hunahpuh dan Ixbalanque menghibur penguasa dunia bawah (Xibalba) dengan tarian, termasuk berbagai tarian yang diberi nama binatang seperti musang (kux) dan armadillo (iboy).

Lukisan pada bejana Maya menampilkan penari mengenakan topeng yang mewakili satwa.

Topeng yang terbuat dari batu atau kerang, dan ditemukan di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Israel, Palestina, dan Yordania diduga berusia sekitar 9000 tahun.

Topeng kayu mungkin digunakan untuk penyamaran hidup jauh lebih awal, tetapi karena cuaca hanya sedikit yang bertahan.

Topeng kayu tertua yang ditemukan seperti topeng aardvark, ditemukan di Angola dan berasal dari sekitar 900 Masehi. Banyak tradisi topeng kuno dimusnahkan kampanye kolonalisme Eropa yang merambah dunia.

Masyarakat adat pribumi dimusnahkan oleh angkara murka penyakit, perbudakan dan genosida yang dilakukan kaum kolonialis.

Topeng merupakan bagian penting seni tari Sunda, Jawa dan Bali. Wayang Orang juga menampilkan para tokoh bertopeng terutama dendawa dan raksasa versi Mahabharata dan para pendekar wanara versi Ramayana.

Cakil merupakan topeng wayang orang tiada dua di marcapada, madyapada, maupun mayapada.

Topeng merupakan tema utama film The Mask disusul dengan The Son of Mask. Topeng juga kerap digunakan oleh para tokoh superhero komik DC maupun Marvel mulai dari Batman sampai Spider Man.

Di alam kosmetik, maskara merupakan bagian penting perawatan kulit wajah, sementara deodoran merupakan kedok berupa gas untuk menutupi bau badan yang busuk.

Melodi dan harmoni lagu The Masquerade termasuk yang terindah pernah digubah oleh manusia.

Di Indonesia masa kini topeng didayagunakan oleh para koruptor secara lebih abstrak ketimbang topeng seni teater sesuai pemaknaan terakhir KBBI, yaitu dalam bentuk jabatan berwibawa kekuasaan sebagai kedok menutupi perilaku korup yang mereka lakukan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi