Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Contoh Kalimat "Tentang Saya" di CV dan Tips Membuatnya

Baca di App
Lihat Foto
Freepik/Drazen Zigic
Ilustrasi CV
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - Bagian "tentang saya" di CV adalah gambaran singkat dalam sebuah CV ketika pencari kerja atau job seeker mengajukan lamaran.

Bagian "tentang saya" perlu diperhatikan karena hal ini menyoroti siapa sosok pelamar beserta pencapaian pribadi dan keunggulan dirinya.

Bagian tersebut juga harus disusun secara singkat untuk menjawab pertanyaan recruiter, "Mengapa saya harus merekrut pelamar ini?"

Meski begitu, sebagian pelamar merasa kebingungan ketika menyusun bagian "tentang saya" sebelum mengajukan lamaran.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, bagaimana tips menyusun bagian "tentang saya" dan apa saja contoh kalimatnya?

Baca juga: Biar Dilirik HRD, Begini Cara Bikin CV Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Tips menyusun bagian "tentang saya"

Dilansir dari Indeed, ada beberapa tips ketika menyusun bagian "tentang saya" supaya pelamar bisa "menembak" deksripsi diri secara tepat.

Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Singkat, padat, dan jelas

Susun bagian tentang saya menggunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas alias tidak bertele-tele.

Bagian tersebut harus mencakup kekuatan pelamar dengan contoh yang spesifik dari pencapaian yang menunjukkan keunggulan ini.

2. Jujur

Bagian tentang saya sebaiknya disusun secara jujur dan pelamar harus bisa mendukung setiap klaim yang dimuat dengan contoh yang jelas.

Khusus untuk pelamar yang belum memiliki pengalaman kerja yang relevan, mereka bisa mencantumkan keterampilan dan kekuatan terkait yang bisa dikembangkan ketika bekerja atau melalui pendidikan.

Baca juga: 9 Cara Membuat CV ATS supaya Cepat Dilirik HRD

3. Koreksi

Setelah bagian "tentang saya" disusun, bacalah deskripsi diri ini untuk mencari kesalahan tata bahasa atau frasa yang terdengar aneh.

Periksa kembali bagian tersebut untuk mencari tahu pernyataan atau klaim yang membutuhkan bukti pendukung.

4. Perbarui

Jika diperlukan, bagian "tentang saya" bisa diperbarui seiring bertambahnya pengalaman kerja dan kemampuan.

Baca juga: 7 Kata yang Sebaiknya Dihapus dari CV agar Lamaran Kerja Lebih Efektif

5. Hubungkan dengan deskripsi pekerjaan

Jangan lupa untuk mengaitkan keterampilan, pengalaman, dan pencapaian saat menyusun bagian "tentang saya".

Berusahalah untuk mencari kata kunci yang dimuat dalam lowongan dalam deskripsi pekerjaan.

Contoh bagian "tentang saya"

Bila tips di atas sudah dipahami, pelamar bisa mencoba menyusun kalimat sendiri untuk dimuat di bagian tentang saya.

Supaya tidak bingung, berikut contoh bagian "tentang saya" sebagaimana dilansir dari Cakeresume dan Gramedia:

1. Mahasiswa

Mahasiswa berprestasi yang penuh semangat dan dorongan dari (bama universitas) yang mencari posisi magang sebagai asisten pemasaran. Membantu rekan-rekannya dalam 3 proyek sekolah yang berbeda tentang keberlanjutan dan pengembangan. Mengembangkan keterampilan seperti manajemen SoME, pembuatan konten, dan analisis data.

2. Pelamar dengan pengalaman kerja

Sales Associate yang berpikiran luas dan berpengalaman dengan pengalaman lebih dari 5 tahun di (nama perusahaan). Saya sebelumnya bekerja di (nama perusahaan) di mana saya memberikan kontribusi peningkatan pendapatan sebesar 50 persen pada tahun lalu. Saya adalah seorang sales yang positif, empatik, dan komunikatif. Saya sedang mencari posisi baru sebagai senior sales associate untuk mengembangkan karir saya lebih baik.

Baca juga: 5 Tips buat CV Menarik untuk Fresh Graduate

3. Guru

Seorang guru sekolah menengah yang ramah dan antusias dengan lebih dari 10 tahun pengalaman mengajar remaja berkebutuhan khusus. Saya telah lulus ujian Profesi Guru (PTK) dan (nama sertifikasi lain, bila ada). Menerima peringkat kepuasan 80 persen setiap tahun dari guru dan siswa. Mencari peran sebagai (nama posisi yang dilaamar) di (nama sekolah yang dilamar) untuk melanjutkan passion saya sebagai guru.

4. Software developer

Software developer yang rajin dan ambisius dengan pengalaman lebih dari 4 tahun dalam pengembangan aplikasi dan manajemen proyek. Saya telah membangun banyak aplikasi inovatif untuk perusahaan X dan Y di masa lalu yang secara signifikan meningkatkan kepuasan klien. Saya sabar dan pandai mengatur waktu. Saya selalu menyelesaikan proyek sebelum tenggat waktu.

Baca juga: Perbedaan CV dan Portofolio untuk Melamar Kerja

5. Insinyur

Insinyur yang terorganisir dan kreatif dengan pengalaman 5 tahun dalam desain dan manajemen proyek. Menyelesaikan 8 proyek untuk (nama perusahaan) di bawah 20 persen dari total anggaran. Di grup (nama perusahaan), saya mengelola 5 anggota tim lainnya untuk membantu penduduk lokal (nama kota) untuk meningkatkan desain jalan raya.

6. Sales dan marketing

Seorang marketing profesional yang fokus dan bersemangat yang telah terlibat dalam proses perencanaan jangka pendek dan jangka panjang untuk perusahaan A dan Z. Saya secara strategis membantu perusahaan A dan Z dengan melakukan riset pasar dan pangsa pasar potensial. Perusahaan Z telah meningkatkan pangsa pasar mereka sebesar 20 persen pada tahun lalu karena strategi pemasaran saya. Mencari peluang baru dalam konsultasi untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi perusahaan.

7. Desainer interior

Desainer interior bersertifikat dengan pengalaman lebih dari 5 tahun dalam desain interior komersial dan desain digital. Saya memberikan solusi desain interior yang kreatif dan inovatif untuk lebih dari 200 klien dan menerima 95 persen kepuasan yang tinggi dari klien. Saya mencari peluang baru untuk peran desain interior senior di perusahaan untuk mengembangkan keterampilan saya dalam manajemen lebih lanjut.

Baca juga: Bergabung di Organisasi Kampus? Ini Skill yang Bisa Dituliskan di CV

8. Desainer

Desainer yang kreatif dan komunikatif yang mahir dalam mendesain, membuat pola, ilustrasi mode, dan pengembangan konsep. Saya memiliki 3 tahun pengalaman bekerja dengan merek-merek fashion kelas atas untuk mengadaptasi desain yang sudah ada untuk produksi fashion massal. Saya telah memenangkan (nama prestasi) pada tahun (.....). Mencari peluang dalam manajemen mode untuk meningkatkan keterampilan manajemen saya.

9. Teknik mesin

Insinyur mesin yang sangat tegas dan percaya diri dengan pengetahuan yang kuat tentang (nama keahlian). Saya memiliki gelar (....) di bidang teknik mesin dari (nama universitas) dan lulus dengan cumlaude. Saya memasang dan memperbaiki bahan fabrikasi untuk memenuhi kebutuhan klien. 95 persen klien merasa puas dengan hasil kerja saya.

Baca juga: Riset: Perusahaan Semakin Utamakan Skill Ketimbang Kualifikasi di CV

10. Spesialis customer service

Spesialis customer service yang berpengalaman lebih dari 2 tahun di (nama perusahaan). Saya memberikan solusi untuk pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan penuh perhatian dan pengertian. Saya sangat tahan terhadap tekanan dan pandai mengatur waktu. Saya mencari peluang untuk berkembang lebih jauh dalam domain pengembangan bisnis.

11. Desainer grafis

Seorang desainer grafis yang sangat kreatif dan berpengalaman. Mahir dalam Aplikasi Adobe Creative, Tipografi, dan HTML. Saya memiliki pengalaman bekerja di bidang pemasaran dan desain grafis selama enam tahun terakhir dan saya memiliki pemahaman penuh tentang identitas merek dan pengembangan merek. Saya berharap untuk memperluas karir desainer grafis saya ke dalam desain 3D pada merek-merek konsumen yang terkenal.

12. Fresh graduate

Lulusan perguruan tinggi dengan pengalaman magang sebelumnya di (nama perusahaan). Saya adalah seorang akuntan lulusan yang berorientasi pada detail dan penuh perhatian dengan keterampilan akuntansi yang relevan seperti analisis sistem, kemahiran spreadsheet, dan analisis data. Mencari tantangan baru untuk berkembang lebih jauh di bidang keuangan dan akuntansi.

13. Fresh graduate

Lulusan S-1 (nama universitas). Memiliki pengalaman magang di salah satu digital agency di Jakarta selama setahun. (Nama) adalah orang yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan. Mencari kerja untuk semakin berkembang dan bertumbuh bersama (nama perusahaan).

14. Analis data

Data analyst yang dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Berpengalaman dalam menafsirkan dan menganalisis data untuk mendorong pertumbuhan perusahaan e-commerce ternama di Indonesia. Dapat memberikan wawasan, analisis, dan kecerdasan bisnis yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.

15. Akuntan

Accounting manager dengan 5 tahun pengalaman akuntasi di industri real estate dan marketing. Menguasai pengetahuan akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan. Mahir dalam menerapkan praktik dan prosedur akuntansi yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi