Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Lebih Menghargai Hal-hal Kecil

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/oatawa
Ilustrasi kebiasaan positif yang membuat Anda lebih menghargai hal-hal kecil.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Banyak orang yang menantikan hal-hal besar dalam hidup mereka, seperti lulus sekolah, mulai bekerja, menikah, dan lain-lain.

Namun kadang mengabaikan hal-hal kecil yang terjadi seperti, Anda bisa bangun di pagi hari dengan sehat, atau bisa makan malam bersama keluarga di rumah.

Padahal, menghargai dan menikmati hal-hal kecil akan memberi Anda apresiasi terhadap kehidupan secara umum.

Baca juga: 6 Cara Sederhana untuk Mengatasi Toxic Positivity, Apa Saja?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari laman Neuroscience News, menghargai keindahan dalam hal-hal kecil di kehidupan sehari-hari dapat berkontribusi pada keberadaan yang lebih bermakna.

Orang-orang yang menghargai hal-hal kecil, dianggap cenderung memiliki rasa akan makna hidup yang tinggi.

Itu bisa dalam bentuk menghargai hal-hal kecil, seperti secangkir kopi di pagi hari atau menikmati dan berhati-hati dalam percakapan dengan orang lain.

Menghargai dan menemukan nilai dalam pengalaman atau apresiasi pengalaman, adalah salah satu jalur fundamental untuk menemukan makna dalam hidup.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sederhana untuk Melatih Kesabaran

Sebuah penelitian mengukur hal ini dengan menanyakan kepada peserta seberapa kuat mereka mengidentifikasi menggunakan pernyataan yang terkait dengan menemukan keindahan dalam hidup dan menghargai berbagai macam pengalaman.

Mereka juga diminta mengingat peristiwa paling bermakna dalam sebulan terakhir, di antara pertanyaan lainnya, dengan tujuan mengukur apresiasi pengalaman.

Hasilnya bahwa menghargai momen kecil dapat membuat hidup seseorang menjadi lebih bermakna.

Baca juga: Mengenal Gangguan Kecemasan dan Cara Sederhana Mengatasinya

Tips sederhana menikmati hal-hal kecil

Dilansir dari laman Healthline, berikut sejumlah kebiasaan positif yang dapat membuat Anda lebih menghargai dan menikmati hal-hal kecil:

1. Hargai kesenangan kecil

Anda mungkin sudah sering mendengar nasihat untuk “menikmati hal-hal kecil”. Namun, itu adalah nasihat baik, jangan menganggapnya sebagai sebuah klise.

Menurut studi tahun 2012, meluangkan waktu untuk menghargai kesenangan hidup, betapapun kecilnya, dapat meningkatkan kepuasan, bahkan ketika segalanya tidak berjalan seperti yang Anda harapkan.

Emosi positif yang Anda alami saat menikmati kegembiraan kecil dalam hidup dapat bermanfaat bagi kesehatan dan mengurangi stres.

Baca juga: 5 Cara Alami untuk Mengurangi Rasa Cemas, Praktis dan Mudah Dilakukan

2. Bangun lebih awal

Dunia sering kali terasa berbeda di pagi hari, jadi keluar atau berdirilah di dekat jendela yang terbuka untuk menikmati udara pagi bersama minuman pilihan Anda.

Anda bisa memperhatikan hal-hal kecil seperti kucing ramah yang datang untuk menyapa, udara pagi yang dingin, atau matahari pagi di langit yang cerah.

Bangun lebih awal juga berarti Anda tidak perlu terburu-buru melewati pagi, sehingga Anda bisa memulai hari Anda dengan kepuasan dan ketenangan.

3. Jalan-jalan

Berjalan-jalan adalah cara sederhana untuk keluar dari ruang Anda biasanya dan menemukan kesenangan di alam.

Jalan-jalan dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan emosi positif melalui penguat suasana hati dengan menikmati sinar matahari dan udara segar.

Itu juga dapat membangkitkan rasa ingin tahu dan kreativitas, serta dapat membantu menjaga pikiran Anda tetap pada saat ini dan memaksimalkan kesenangan Anda.

Baca juga: 5 Manfaat Menari untuk Menunjang Kesehatan Fisik dan Mental, Apa Saja?

4. Cobalah berkebun

Sebuah penelitian tahun 2020 menunjukkan bahwa berkebun, khususnya berkebun sayur, dapat meningkatkan kesehatan emosional.

Menyiram bibit Anda dan melihatnya tumbuh menjadi tanaman berbunga atau berbuah bisa terasa sangat bermanfaat.

Ini juga dapat membantu meredakan suasana hati yang rendah atau cemas, membuatnya lebih mudah untuk menikmati sesi berkebun Anda.

5. Hubungi orang yang Anda sayangi

Mendengar suara dari orang yang dicintai adalah kesenangan kecil yang cenderung diabaikan banyak orang.

Coba sisihkan 10 atau 15 menit dalam sehari untuk menelepon teman atau anggota keluarga.

Mendengar mereka tertawa atau menceritakan kisah dapat memberi Anda kegembiraan dengan cara yang tidak bisa dibandingkan oleh pesan teks, tanpa nada suara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi