Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hal Sederhana yang Bisa Anda Lakukan Saat Merasa Kesepian

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/fizkes
Ilustrasi cara mengatasi rasa sepi.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Kesepian adalah emosi umum yang kompleks dan unik yang bisa dialami oleh setiap manusia.

Karena tidak ada penyebab tunggal yang sama pada setiap orang, mencegah dan mengobati kondisi kesepian bisa sangat bervariasi.

Baca juga: 5 Cara Alami untuk Mengurangi Rasa Cemas, Praktis dan Mudah Dilakukan

Kesepian sendiri tidak melulu tentang sendirian. Misalnya, Anda bisa saja merasa kesepian meskipun dikelilingi oleh orang banyak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesepian ditandai dengan perasaan terasing meskipun menginginkan interaksi sosial. Sedangkan kesendirian lebih bersifat sukarela.

Orang-orang yang menikmati menghabiskan waktu sendiri terus menjaga hubungan sosial yang positif. Sehingga mereka dapat kembali ketika mereka menginginkan koneksi.

Baca juga: Waspada, Kenali 7 Ciri Kucing Peliharaan Merasa Kesepian Berikut Ini


Lantas, apa yang haru dilakukan ketika merasa kesepian?

Tips mengatasi rasa kesepian

Berikut beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan saat merasa kesepian.

1. Merangkai ulang

Dilansir dari Healthline, mengonstruksi ulang makna kesepian akan memberikan pemahaman berbeda tentang arti menyendiri, sehingga memudahkan Anda menavigasi perasaan sepi.

Misalnya, beberapa waktu sendiri yang berkualitas juga penting, karena menciptakan kesempatan untuk penemuan diri, pemikiran kreatif, dan introspeksi diri.

2. Belajar bersyukur

Mungkin sulit untuk memperhatikan hal-hal positif saat Anda kesepian, Tetapi meluangkan beberapa menit untuk belajar bersyukur setiap hari dapat membantu Anda merasa lebih baik.

Mempraktikkan rasa syukur bisa sesederhana memikirkan hal kecil yang Anda nikmati baru-baru ini, seperti mengobrol dengan teman atau mengonsumsi makanan enak.

Baca juga: 6 Cara Sederhana untuk Mengatasi Toxic Positivity, Apa Saja?

3. Berinteraksi dengan teman

Tidak harus bertemu, melakukan panggilan telepon biasa atau video call selama beberapa menit dapat membantu meredakan kesepian.

Sebuah penelitian pada 2021 menunjukkan bahwa interaksi virtual, terutama terhubung dengan banyak orang, dapat membantu mengurangi kesepian dan bermanfaat bagi kesehatan mental.

4. Maksimalkan interaksi

Kualitas interaksi Anda seringkali lebih penting daripada jumlahnya. Bagaimana Anda menghabiskan waktu dengan orang lain juga dapat membuat perbedaan besar.

Terkadang, Anda mungkin hanya membutuhkan interaksi bersama teman dan merasa senang menonton film atau bekerja bersama mereka.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sederhana untuk Melatih Kesabaran

5. Habiskan waktu dengan peliharaan

Hewan peliharaan mungkin tidak dapat berbicara tetapi mereka tetap bisa berteman, dan kehadirannya dapat menghibur Anda.

Tingkah konyol mereka membantu Anda bersemangat dan menghilangkan stres. Penelitian juga menunjukkan kepemilikan hewan peliharaan dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

6. Bijak dalam bermedia sosial

Dilansir dari laman Mental Health Foundation, meninggalkan media sosial tentu sulit, namun Anda dapat menciptakan ruang antara perasaan Anda dan media sosial.

Cobalah berhenti mengikuti atau membisukan akun yang memunculkan perasaan negatif dan ikuti akun yang membuat Anda merasa berdaya, ini dapat membantu mengatasi perasaan kesepian.

Baca juga: 5 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Lebih Menghargai Hal-hal Kecil

7. Keluarkan sisi kreatif

Coba representasikan pengalaman Anda melalui seni dan kreativitas, kemudian bagikan dengan orang lain.

Hal-hal kreatif seperti seni, musik, dan menulis dapat membantu meningkatkan kesehatan mental, memberi kegembiraan, membantu Anda merasa lebih terhubung, dan membantu mengurangi perasaan kesepian.

8. Sayangi diri Anda

Anda berhak memperlakukan diri sendiri dengan baik, tunjukkan kebaikan kepada diri sendiri dengan hadiah kecil.

Baik itu membeli cokelat favorit Anda, menyisihkan waktu untuk bermain video game, atau berdansa mengikuti lagu favorit Anda.

Baca juga: 10 Kebiasaan Positif yang Bisa Membuat Anda Selalu Bahagia, Apa Saja?

9. Ungkapkan perasaan Anda

Cobalah untuk lebih terbuka tentang apa yang Anda rasakan. Mengeluh atau menceritakan perasaan bukanlah kelemahan, itu adalah keberanian.

Cobalah berbagi perasaan dengan seseorang yang Anda percayai. Menjadi jujur dan rentan dapat membantu menciptakan koneksi.

10. Dapatkan hubungan yang berkualitas

Membangun hubungan yang berkualitas adalah prioritas utama daripada kuantitas hubungan.

Ikatan yang Anda miliki dengan orang lain dapat membantu mengatasi kesepian. Luangkan waktu untuk memperkuat hubungan Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi