Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Khasiat Buah Rambutan bagi Kesehatan, Apa Saja?

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/TheYok
Ilustrasi buah rambutan.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Mengonsumsi buah-buahan dapat memberikan nutrisi dan antioksidan bagi tubuh, yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral esensial yang sangat baik, kaya akan serat, dan menyediakan berbagai macam antioksidan, termasuk flavonoid.

Dilansir dari laman Better Health Channel, Departemen Kesehatan Negara Bagian Victoria, Australia, buah dan sayuran harus menjadi bagian penting dari makanan harian Anda.

Mereka secara alami baik dan mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu Anda tetap sehat, serta melindungi terhadap beberapa penyakit.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda harus makan setidaknya 5 porsi sayuran dan 2 porsi buah setiap hari. Sebab, baik buah maupun sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: 6 Khasiat Buah Markisa yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Salah satu buah yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan adalah rambutan. Buah asli Asia Tenggara ini tumbuh subur di iklim tropis, seperti di Malaysia dan Indonesia.

Dagingnya yang putih bening memiliki rasa yang manis namun lembut dan mengandung biji di tengahnya.

Rambutan sangat bergizi dan dapat menawarkan manfaat kesehatan mulai dari penurunan berat badan dan pencernaan yang lebih baik hingga peningkatan daya tahan terhadap infeksi.

Manfaat buah rambutan bagi kesehatan

Dilansir dari laman Healthline, berikut sejumlah manfaat rambutan bagi kesehatan:

1. Kaya akan nutrisi dan antioksidan

Buah rambutan kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Dagingnya menyediakan sekitar 1,3–2 gram serat total per 100 gram.

Ia juga kaya akan vitamin C, yang membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih mudah dan bertindak sebagai antioksidan, melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan.

Mengonsumsi 5-6 buah rambutan akan memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin C harian Anda.

Rambutan juga mengandung tembaga dalam jumlah yang baik, yang berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan yang tepat dari berbagai sel, termasuk tulang, otak, dan jantung Anda.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

2. Membantu melawan infeksi

Buah rambutan dapat berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dapat mendorong produksi sel darah putih yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi.

Kekurangan vitamin C dalam asupan makanan Anda dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

Baca juga: 7 Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?


3. Baik untuk pencernaan

Berkat kandungan seratnya, buah rambutan dapat berkontribusi untuk pencernaan yang sehat. Sekitar sebagian dari serat dalam dagingnya tidak larut.

Serat tidak larut menambahkan kotoran ke tinja Anda dan membantu mempercepat transit usus, sehingga mengurangi kemungkinan sembelit.

Sebagian serat lainnya adalah serat larut yang menyediakan makanan untuk bakteri usus yang menguntungkan Anda.

Pada gilirannya, bakteri ramah ini menghasilkan asam lemak rantai pendek, seperti asetat, propionat, dan butirat, yang memberi makan sel-sel usus Anda.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Belimbing bagi Kesehatan

4. Membantu menurunkan berat badan

Rambutan mengandung sekitar 75 kalori dan 1,3–2 gram serat per 100 gram. Kalorinya relatif rendah untuk jumlah serat yang disediakannya.

Ini dapat membantu Anda kenyang lebih lama, yang dapat mengurangi kemungkinan Anda makan berlebihan dan meningkatkan penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Terlebih lagi, serat larut dalam rambutan dapat larut dalam air dan membentuk zat seperti gel di usus Anda yang membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Pepaya bagi Kesehatan, Apa Saja?

5. Mengurangi risiko kanker

Rambutan juga berpotensi memiliki manfaat kesehatan tambahan yakni mengurangi risiko kanker.

Beberapa penelitian pada sel dan hewan menemukan bahwa senyawa dalam rambutan dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian, terutama untuk membuktikan khasiatnya pada manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi