Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ras Kucing Pixie Bob, Karakteristik dan Cara Perawatannya

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/Nynke van Holten
Ilustrasi ras kucing Pixie Bob.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Pixie Bob termasuk ras kucing besar berotot yang diduga berasal dari persilangan antara Shorthair domestik dan Bobcat.

Ras ini sangat mirip dengan kucing hutan liar. Namun, Pixie Bob adalah kucing rumahan yang suka bermain, setia, dan ramah terhadap anak atau hewan peliharaan lainnya.

Pada 1985, seorang warga Washington, Carol Ann Brewer menyelamatkan dan membawa pulang kucing jantan liar yang berukuran cukup besar.

Kucing ini dikawinkan dengan Shorthair domestik milik tetangganya. Hasilnya, lahir seekor kucing betina berekor bobcat, bernama Pixie, dan menjadi dasar dari seluruh ras Pixie Bob.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama beberapa tahun, ras Pixie Bob dianggap berasal dari darah kucing hutan. Tetapi penelitian DNA kemudian mengkonfirmasi bahwa kucing ini sepenuhnya ras domestik.

Baca juga: Mengenal Ras Kucing Khao Manee, Karakteristik dan Cara Perawatannya

Karakteristik kucing Pixie Bob

Meski terlihat liar, sas Pixie Bob adalah kucing rumahan yang memiliki kepribadian yang manis, ramah, dan setia kepada keluarga manusianya.

Dilansir dari laman Daily Paws, Pixie Bob cenderung tampak liar karena memiliki bulu dan kulit hitam di bagian bawah cakarnya, serta kulit hitam di dagu, bibir, dan di sekitar mata.

Kepala kucing ini berbentuk buah pir, dengan telinga berujung sedang yang ditutupi bulu telinga yang tebal.

Bulu Pixie Bob bisa pendek atau panjang, tetapi bulunya selalu memiliki lapisan ganda dengan bulu wol tebal yang terasa kasar saat disentuh.

Baca juga: Mengenal Ras Munchkin, Kucing Lucu yang Berkaki Pendek

Kucing ini bisa hadir dengan berbagai warna bulu seperti coklat kekuningan, oranye, atau yang paling umum adalah abu-abu muda.

Ekor pada Pixie Bob bisa saja tidak ada, namun beberapa dari mereka juga dapat memiliki ekor biasa.

Sebagian besar ras ini juga polidaktili, biasanya dengan lima jari pada setiap kaki depan dan empat pada kaki belakang, meskipun ada juga variasi dengan enam atau tujuh jari.

Pixie-bob adalah hewan yang santai, mereka cerdas dan sering disebut sebagai “kucing petualang”.

Meski suka bertualang, ras ini bukanlah kucing berenergi tinggi seperti kucing Bengal atau Savannah, Mereka lebih suka bersantai di pangkuan Anda dan banyak tidur siang.

Baca juga: 7 Ras Kucing Berukuran Kecil yang Menggemaskan

Tips merawat kucing Pixie Bob

Dilansir dari laman the Spruce Pets, berikut beberapa tips sederhana merawat kucing Pixie Bob kesayangan Anda:

1. Perawatan diri

Kucing Pixie Bob bisa hadir dengan bulu pendek yang memiliki lapisan ganda tebal, atau bulu panjang hingga lima sentimeter dengan tekstur yang lebih lembut dan halus.

Untuk mengurangi kerontokan dan mencegah kusut pada bulunya, Anda harus menyisir mereka setidaknya dua kali seminggu, menggunakan sikat karet atau khusus untuk bulu panjang.

Selain itu, potong kuku kucing Anda atau berikan tiang garukan. Pastikan menjaga kebersihan mulut dengan rutin menyikat giginya.

Baca juga: 5 Ras Kucing Tertua di Dunia, Ada yang Eksis sejak 3.000 Tahun Lalu

3. Makanan dan nutrisi

Kucing Pixie Bob tidak memiliki persyaratan nutrisi khusus. Anda bisa menyediakan makanan basah, makanan kering, atau kombinasinya.

Beberapa dari mereka tidak minum cukup air sehingga butuh makanan basah untuk pengganti cairan, dan makanan kering renyah memiliki manfaat yang baik bagi gigi mereka.

Pastikan untuk memperhatikan asupan kalori kucing Anda, agar terhindar dari masalah obesitas. Masalah kesehatan ini dapat memperpendek umur kucing manapun.

Pixie Bob termasuk kucing besar, mereka harus berotot tapi bukan gemuk. Metabolisme dan kesehatan kucing Anda secara keseluruhan juga akan berubah sepanjang hidupnya.

Bila perlu, diskusikan kebutuhan nutrisi kucing Anda dengan dokter hewan untuk mendapatkan rekomendasi jadwal makan, jenis, dan jumlah yang harus diberikan.

Baca juga: Ras Kucing American Bobtail, Karakteristik, dan Cara Perawatannya

3. Aktivitas fisik

Ras kucing Pixie Bob sering digambarkan memiliki kepribadian seperti anjing. Mereka dapat dilatih dengan mudah dan suka berjalan-jalan dengan teman manusianya.

Sediakan banyak mainan kucing interaktif dan sering mengajaknya bermain agar Pixie Bob Anda tetap aktif dan terstimulasi secara mental.

Ras ini juga akan sangat senang jika Anda menyediakan satu atau lebih tiang kucing untuk bertengger dengan berbagai tingkat yang bisa mereka panjat atau lompati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi