Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Kucing Paling Langka, Ada Anggora, Sphynx, dan Devon Rex

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/Thomas Leirikh
Ilustrasi kucing Egyptian Mau.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Kucing adalah salah satu hewan dengan jumlah ras yang cukup banyak. Diketahui ada 40 hingga 70 ras kucing yang berbeda.

Selain ras aslinya, jumlah tersebut juga dihasilkan oleh adanya perkawinan silang antar ras, sehingga menghasilkan jenis yang baru.

Asosiasi Pemelihara Kucing (CFA) mengakui ada 42 ras kucing, sementara Asosiasi Kucing Internasional (TICA) mengakui ada 71 ras kucing.

Dari berbagai banyak ras kucing yang ada, beberapa diantaranya memiliki jumlah anggota yang banyak, dan sebagian lain termasuk ras yang langka.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 7 Ras Kucing Berukuran Kecil yang Menggemaskan

Lantas, ras kucing mana saja yang termasuk langka di dunia? Berikut beberapa di antaranya:

1. Scottish Fold

Dilansir dari laman the Spruce Pets, ras Scottish Fold ditandai dengan ciri unik telinganya yang terlipat.

Lipatan tersebut dihasilkan oleh gen yang memengaruhi tulang rawan telinga, tetapi karena gen tersebut tidak sepenuhnya dominan, tidak semua Scottish Fold memiliki telinga yang terlipat.

2. Norwegian Forest

Norwegian Forest adalah ras Eropa alami yang diturunkan dari kucing domestik yang pertama kali diperkenalkan oleh orang Romawi kuno.

Ras kucing ini mulai populer di Amerika Serikat (AS) pada 1980-an. Orang Amerika jatuh cinta pada kucing ini karena kepribadiannya yang suka bermain dan sifat atletisnya yang alami.

Baca juga: Ras Kucing Egyptian Mau: Karakteristik dan Cara Perawatannya

3. Sphynx

Ras sphynx mudah dikenali dari ciri fisiknya yang berbeda, yakni telinga raksasa dan tubuh tidak berbulu. Mereka sangat sosial, penuh kasih sayang, serta suka bermain.

Kucing ini menjadi peliharaan yang baik bagi orang yang menderita alergi bulu. Mereka juga selalu mencari tempat meringkuk untuk menghangatkan diri.

4. Egyptian Mau

Sebagai satu-satunya ras kucing tutul yang dijinakkan secara alami, ras Egyptian Mau sering dicari karena corak bulunya yang mengagumkan.

Kucing ini juga dikenal karena kualitas persahabatan dan kecakapan berburu mereka. Ras ini merupakan salah satu ras kucing domestik tertua.

Baca juga: Mengenal Kucing Scottish Fold, Ras Unik dengan Telinga Lipat

5. Korat

Kucing korat baru populer di AS selama beberapa dekade terakhir, tetapi sejarahnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Ras ini berasal dari Thailand dan pada tahun 1800-an, mereka diperkenalkan ke Eropa, kemudian baru muncul di AS pada 1950-an.

6. American Bobtail

Dilansir dari laman A-Z Animals, American Bobtail memiliki ekornya yang pendek dan gemuk, berukuran 2,5-7,6 sentimeter.

Kucing ini umumnya memiliki karakter yang cukup tenang, ramah, dan cenderung menikmati pelukan atau pangkuan yang baik dari pemiliknya.

American Bobtail pertama kali muncul pada tahun 1960-an, ketika seekor kucing siam disilangkan dengan kucing bobtail jantan.

Baca juga: Ras Kucing American Bobtail, Karakteristik, dan Cara Perawatannya

7. Sokoke

Kucing Sokoke dikatakan sebagai kucing paling langka di dunia. Alih-alih menjadi ras buatan manusia, mereka adalah kucing liar kecil alami yang hanya dapat ditemukan di Hutan Lindung Arabuko-Sokoke di Kenya.

Kucing berkaki panjang dan belang ini memiliki garis-garis unik berpita tebal seolah-olah digambar dengan arang.

8. Devon Rex

Devon Rex adalah kucing langka yang tampak unik yang berasal dari Inggris pada tahun 1950-an. Mereka adalah kucing kecil yang energik, cukup nakal, dan suka bermain.

Ras Devon Rex memiliki moncong yang sangat pendek, tulang pipi yang tinggi, telinga yang sangat besar seperti kelelawar, dan bulu bergelombang yang khas.

9. Anggora Turki

Ras Angora Turki adalah kucing cantik yang muncul sekitar tahun 1700-an di Central Anatolia (Turki kuno).

Mereka dengan cepat mendapatkan popularitas tidak hanya karena penampilan mereka yang luar biasa tetapi juga karena bulu sutra mereka yang khas dan cantik.

Baca juga: Mengenal Kucing Anggora: Karakteristik dan Cara Perawatannya

10. LaPerm

Kucing LaPerm termasuk ras unik dengan bulu keriting alami. Mereka relatif baru, karena muncul pada 1980-an.

Ras LaPerm adalah hasil dari mutasi genetik spontan yang menyebabkan bulu mereka melengkung menyerupai bulu domba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi