Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Ini Ambil Alih Pesawat dan Mendarat Darurat Saat Pilot Alami Masalah Medis

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi pesawat Cessna.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Seorang penumpang wanita berusia 68 tahun mengambil alih kendali dan mendaratkan sebuah pesawat kecil di Bandara Martha's Vineyard, Dukes County, Massachusetts, Amerika Serikat pada Sabtu (15/7/2023).

Hal tersebut dilakukan lantaran sang pilot yang berusia 79 tahun mengalami keadaan darurat medis dan tidak bisa mengendalikan pesawat tersebut.

Untungnya, penumpang tersebut bergerak cepat untuk mengambil alih kendali pesawat dan berhasil mendaratkan pesawat tepat di luar bandara.

Pesawat berhasil mendarat di area berumput dekat landasan pacu tanpa roda pendaratan meskipun Kepolisian Negara Bagian Massachusetts menyebut, sayap kiri pada pesawat tersebut patah ketika mendarat.

"Pada hari Sabtu, 15 Juli 2023 pukul 15.12 waktu setempat, sebuah pesawat kursi Piper Meridian Turbo Prop 6 dilaporkan jatuh di Bandara MVY," tulis Departemen Kepolisian Tisbury Barat dalam sebuah unggahan di Facebook dikutip dari Independent.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 3 Alasan Polri Memilih Beli Pesawat Boeing 737-800 NG Bekas Rp 997 Miliar

Mendarat darurat

Setelah pendaratan berhasil dilakukan, baik pilot ataupun penumpang dibawa ke rumah sakit setempat.

Sementara itu, penumpang wanita yang berhasil mengambil alih pesawat mengalami luka ringan dan segera dilarikan ke rumah sakit.

"Baik pilot dan penumpang dibawa ke rumah sakit setempat," kata Kepolisian Negara Bagian Massachusetts dalam sebuah pernyataan dilansir dari The Messenger.

Pilot kemudian diterbangkan dengan helikopter medis ke Rumah Sakit Boston dalam kondisi serius yang mengancam jiwa.

Untuk penumpang lainnya diketahui tidak mengalami cedera dan mereka dievaluasi di Rumah Sakit Martha's Vineyard dan dipulangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi