Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Barbie dan Deretan Boneka yang Muncul di Filmnya

Baca di App
Lihat Foto
Poster film Barbie (2023).
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - Film Barbie karya sutradara Greta Gerwig mulai diputar di bioskop seluruh Indonesia, Rabu (19/7/2023).

Dilansir dari iMDB, film itu menceritakan tentang perjalanan boneka Barbie yang mengalami krisis identitas sehingga membuatnya mempertanyakan dunia dan keberadaannya.

Tayang selama 1 jam 54 menit, film yang diperankan oleh Margot Robbie sebagai Barbie dan Ryan Gosling sebagai Ken ini akan menghidupkan boneka Barbie buatan Mattel menuju dunia nyata.

Barbie sendiri merupakan boneka berbentuk wanita berukuran sekitar 29 cm yang identik dengan rambut pirang panjang dan tubuh langsing.

Sebagai salah satu mainan anak yang populer di dunia, Barbie kini telah berusia 64 tahun sejak pertama kali muncul.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut sejarah di balik boneka Barbie:

Baca juga: Perbandingan Film Barbie Vs Oppenheimer, Pilih Menonton yang Mana?

Sejarah Barbie

Dikutip dari History (14/7/2023), Barbie diluncurkan pertama kali ke pasar mainan Amerika pada 9 Maret 1959, oleh perusahaan mainan Mattel, Inc.

Barbie merupakan karya Ruth Handler yang mendirikan Mattel bersama sang suami Elliot. Ruth juga merupakan arsitek utama kampanye boneka tersebut.

Ruth mendapatkan inspirasi membuat Barbie setelah melihat putrinya yang bernama Barbara  bermain dengan boneka kertas wanita dewasa.

Ia pun menyadari ada pasar untuk mainan bagi anak yang membayangkan masa depan, bukan sebatas boneka bayi.

Ruth lalu membuat penampilan Barbie yang meniru boneka bernama Bild Lilli dari karakter komik Jerman Bild Zeitung. Bild

Lilli merupakan boneka untuk pria dewasa yang dijual sebagai lelucon di toko tembakau.

Mattel membeli hak atas Bild Lilli. Lalu, Ruth membuat versinya sendiri bernama Barbie dengan nama panjang Barbara Millicent Roberts. Nama tersebut dia ambil dari nama anak perempuannya, Barbara.

Diberitakan Harper Bazaar, Barbie rilis perdana di pameran mainan tahunan di New York, AS pada 1959 dan langsung terjual 300.000 boneka di tahun pertamanya.

Saat itu, harganya hanya 3 dollar AS (Rp 44.958) sementara sekarang bisa mencapai 50 dollar AS (Rp 749.300). Saat ini, nominal tersebut setara dengan 31,45 dollar AS atau Rp 471.309.

Boneka Barbie yang dijual pertama kali memakai baju renang hitam putih dengan sepatu hak hitam dan kacamata hitam berbingkai putih. Barbie memiliki rambut pirang dan riasan wajah tebal ditambah anting-anting besar.

Baca juga: Ramai soal Boneka Barbie Down Syndrome, Berapa Harganya?

Teman-teman Barbie diciptakan

Mattle akhirnya merilis boneka Ken pada tahun 1961 sebagai teman Barbie. Seperti boneka pertamanya, nama Ken juga diambil dari anak laki-laki Ruth, yaitu Kenneth.

Untuk menghindari menjadi simbol seksual karena punya pacar, Mattle kemudian merilis boneka adik perempuan Barbie bernama Skipper dan seorang sahabat Midge pada tahun '60-an.

Pada 1968, Mattel lanjut memperkenalkan boneka berkulit hitam pertama mereka bernama Christie sebagai sahabat Barbie lainnya.

Perilisannya seiring dengan peresmian Undang-Undang Hak Sipil yang melarang diskriminasi berbasis ras di AS.

Boneka Barbie juga semakin bervariasi dengan bentuk tubuh berbeda. Boneka pertama bernama Becky yang memakai kursi roda dirilis pada 1997.

Pada 2019, Barbie dengan kaki palsu dan kursi roda dijual. Pada April 2023, Mattel juga merilis Barbie pertama dengan down syndrome.

Tidak hanya memproduksi Barbie dengan warna kulit dan bentuk tubuh beragam, Mattel juga memperluas penampilan boneka ini dengan memberinya gaya dan kostum untuk lebih dari 250 pekerjaan, termasuk astronot, pilot, pemadam kebakaran, jurnalis, dan pengusaha.

“Seluruh filosofi Barbie saya adalah bahwa melalui boneka itu. Gadis kecil itu bisa menjadi apa pun yang dia inginkan. Barbie selalu mewakili fakta bahwa seorang wanita memiliki pilihan," ujar Ruth Handler dalam memoarnya pada 1994.

Baca juga: Gara-gara Film Barbie, Dunia Kehabisan Cat Warna Pink

Daftar boneka Barbie yang muncul di film

Karena menceritakan dunia Barbie, Greta Gerwig menampilkan beragam boneka Barbie di filmnya. Berikut beberapa boneka Barbie yang muncul dil filmnya:

1. Barbie dengan berbagai pekerjaan

Dikutip dari Radio Times (18/7/2023), film Barbie akan menampilkan boneka tersebut dengan berbagai karier yang dimilikinya. Sebagai contoh, ada boneka Barbie yang bekerja sebagai penulis, fisikawan, astronot, pilot, dokter, pembawa berita, bahkan Barbie putri duyung.

 2. Ken

Sebagai pasangan Barbie, boneka Ken juga akan muncul di film. Tidak hanya Ken yang berambut pirang, Ken dengan berbagai warna rambut dan kulit serta bentuk tubuh akan muncul di film.

3. Skipper

Adik Barbie juga akan muncul di film. Tidak hanya versi remaja, boneka Skipper versi dewasa dengan penampilan bisa berubah sesuai umurnya juga akan muncul.

4. Midge

Sahabat Barbie boneka Midge yang dirilis pada 1963 ikut muncul di film. Menurut Polygon (5/4/2023), Mattel kemudian membuat Midge sebagai boneka yang sedang hamil dengan boneka bayi yang bisa diambil dari perut pada 2002.

5. Allan

Sahabat Ken bernama Allan juga muncul di film. Boneka ini merupakan pacar Midge yang rilis pada 1964. Sayangnya, Allan dan Midge tidak lagi dijual setelah 1965.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi