Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Debut Lionel Messi di Inter Miami Vs Cristiano Ronaldo di Al Nassr

Baca di App
Lihat Foto
CHRIS ARJOON/AFP
Penyerang Argentina, Lionel Messi, mengambil tendangan bebas untuk Inter Miami dalam laga kontra Cruz Azul pada fase Grup J Leagues Cup 2023. Laga Inter Miami vs Cruz Azul bergulir di DRV PNK Stadium, Fort Lauderdale, Florida, pada 21 Juli 2023. Terkini, Beckham berkaca-kaca usai Messi mencetak gol debut untuk Inter Miami. (Photo by Chris Arjoon / AFP)
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - Lionel Messi menjalani laga pertamanya bersama klub asal Amerika Serikat (AS), Inter Miami pada Sabtu (22/7/2023) pagi waktu Indonesia.

Messi membawa Inter Miami meraih kemenangan dengan skor 2-1 dalam pertandingan Leagues Cup melawan Cruz Azul di DRV PNK Stadium, Florida, AS.

Pertandingan ini menjadi debut Messi setelah hengkang dari Paris Saint-Germain (PSG). Ia bergabung dengan Inter Miami pada 15 Juli 2023.

Bergabungnya La Pulga ke klub AS sekaligus menjadi momen pertamanya berlaga di luar benua Eropa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagai sesama pemain bintang dengan sederet penghargaan individu, Messi mengikuti jejak Cristiano Ronaldo yang lebih dulu bermain di liga luar Eropa.

Ronaldo memilih melanjutkan karier sepak bolanya di Liga Arab Saudi bersama Al Nassr sejak akhir 2022. Terakhir, ia membela Manchester United.

Lantas, bagaimana perbandingan laga debut Messi dan Ronaldo di liga luar Eropa?

Baca juga: Laga Debut Messi di Inter Miami, Tiket Dijual Rp 1,5 Miliar


Pertandingan perdana

Ronaldo melakoni debutnya bersama Al Nassr dalam pertandingan Liga Arab Saudi melawan Ettifaq di Stadion KSU, Arab Saudi pada 21 Januari 2023.

Saat itu, Al Nassr berhasil meraih kemenangan 1-0 atas lawannya. Gol kemenangan dibuat Anderson Talisca.

Dilansir dari ESPN (22/1/2023), Ronaldo sebelumnya ikut turun dalam pertandingan persahabatan melawan PSG pada 19 Januari 2023. Kala itu, ia membuahkan dua gol untuk Al Nassr. 

Pada laga melawan Ettifaq, Ronaldo didapuk sebagai kapten. Ia juga diturunkan selama 90 menit pertandingan.

Sementara Messi hanya bermain di setengah pertandingan saat debutnya bersama Inter Miami. Ia baru masuk di menit kedelapan pada babak kedua pertandingan melawan Cruz Azul.

Baca juga: Mengenal Inter Miami, Klub David Beckham yang Rekrut Lionel Messi

Gol pertama

Meskipun tidak bermain penuh waktu, Messi mampu mencetak gol pertama di laga perdananya bersama Miami. Gol tersebut membuat tim milik David Beckham tersebut meraih kemenangan.

Dikutip dari Sports Net, Sabtu (22/7/2023), Robert Taylor membuat gol pertama bagi Inter Miami pada menit ke-44. Laga babak pertama berakhir dengan keunggulan timnya.

Namun, Cruz Azul bermain lebih tajam di babak kedua. Hal tersebut dibuktikan dengan gol dari Uriel Antuna pada menit 65.

Messi akhirnya masuk pada awal babak kedua. Ia berhasil membuat gol dari tendangan bebas pada menit ke-94. Gol tersebut membawa kemenangan bagi Inter Miami.

Jika tidak ada gol hingga menit ke 90 dan waktu tambahan, pertandingan akan berlanjut ke adu penalti.

Baca juga: 5 Atlet dengan Bayaran Tertinggi Versi Forbes 2023, Ronaldo Teratas

Sementara Messi membuat gol pertama dalam laga perdana bersama tim barunya, Ronaldo gagal membuat gol untuk Al Nassr di pertandingan debutnya. 

Diberitakan CNN Sport, Ronaldo akhirnya membuat gol di pertandingan ketiganya bersama Al Nassr pada 3 Februari 2023.

Saat itu, ia mencetak gol penalti pada menit ketiga waktu tambahan. Golnya membuat timnya meraih kemenangan dengan skor 3-2 atas Al Fateh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi