Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kucing Bisa Mengalami Mimpi? Berikut Penjelasannya

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/fatesun
Ilustrasi kucing tidur.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Mimpi merupakan pengalaman bawah sadar atau halusinasi yang terjadi selama tahap tidur tertentu.

Dari sekian banyak hal yang diketahui tentang tidur, mimpi adalah salah satu yang masih sulit dijelaskan oleh banyak peneliti.

Meskipun tidak ada bukti pasti, mimpi biasanya merupakan pemikiran berdasarkan aktivitas, percakapan, atau masalah lain dalam hidup seseorang.

Baca juga: 5 Efek Tidur Berlebihan yang Berakibat Buruk bagi Kesehatan, Apa Saja?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Dilansir dari Cleveland Clinic, ada teori bahwa sebagian besar mimpi terjadi selama fase tidur rapid eye movement (REM) yang dilewati seseorang secara berkala di malam hari.

Bermimpi membantu seseorang mengkonsolidasikan dan menganalisis ingatan, serta dapat berfungsi sebagai "latihan" untuk berbagai situasi yang akan dihadapi seseorang di siang harinya.

Sebuah studi mengenai tidur menunjukkan bahwa gelombang otak manusia hampir sama aktifnya selama siklus REM seperti saat ia bangun.

Para ahli percaya bahwa fase tidur REM dihasilkan oleh bagian batang otak, sedangkan otak depan yang akan menghasilkan mimpi.

Dalam penelitian lain, diketahui bahwa mimpi lebih berasal dari imajinasi seseorang daripada dari persepsi (pengalaman sensorik hidup yang Anda kumpulkan di otak depan).

Baca juga: Apakah Mimpi Bisa Dikendalikan Sesuai Keinginan? Ini Kata Dokter Spesialis Tidur

Lantas, apakah hewan seperti kucing bisa mengalami mimpi?

Apakah kucing bermimpi?

Dilansir dari laman Daily Paws, para ahli berpikir bahwa ada kemungkinan kucing bermimpi.
Anehnya, argumen tersebut datang dari penelitian tentang pola tidur tikus.

Para peneliti mempelajari otak tikus di laboratorium, untuk menebak bahwa tikus memimpikan apa yang mereka lakukan di siang hari.

Diketahui dalam tidurnya tikus menavigasi labirin atau mengingat suara yang mereka dengar atau bahkan mengalami mimpi buruk.

Kucing mungkin melakukan hal yang sama, mereka bisa bermimpi seperti kebanyakan mamalia lainnya, yakni melakukan tugas-tugas biasa seperti saat mereka bangun.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kucing Suka Tidur

Sejalan dengan itu, dilansir dari laman the Dodo, sama seperti manusia, kucing juga bisa bermimpi.

Anda dapat melihat kucing bermimpi ketika mereka berkedut atau menggerakkan mulut dan kaki mereka saat tidur.

Ada bukti bahwa hewan bermimpi dengan cara yang sama seperti manusia. Salah satunya dari hasil pememeriksaan bukti elektrofisika di banyak studi tidur hewan.

Di tengah siklus tidur, biasanya ada saat ketika aktivitas listrik, pola aktivasi saraf yang dilihat keluar dari otak hewan mulai menyerupai keadaan terjaga.

Baca juga: 7 Posisi Tidur Kucing yang Paling Umum dan Maknanya

Apa yang diimpikan kucing?

Tidak ada cara nyata bagi para peneliti untuk mengetahui apa yang diimpikan kucing. Tapi saat kucing bermimpi, otaknya bekerja seperti otak manusia saat kita sedang tidur.

Ada penelitian yang mengukur gelombang listrik pada otak kucing saat mereka tidur, dan tampaknya mirip dengan manusia saat tidur.

Jadi, ada kemungkinan mereka juga bermimpi tentang orang, tempat, dan peristiwa dalam hidup mereka, sama seperti manusia.

Baca juga: Dari Tidur hingga Makan, Berikut 5 Hal yang Disukai Kucing, Apa Saja?

Bagaimana dengan mimpi buruk? Jika kucing Anda sering berkedut, ada kemungkinan dia mengalami mimpi buruk.

Namun kembali lagi, tidak ada cara untuk mengetahui apa yang diimpikan kucing, sehingga tidak dapat benar-benar mengetahui apakah mimpi yang dialami itu baik atau buruk.

Kesimpulannya, kucing bisa mengalami mimpi sama seperti manusia, dan mereka biasanya bermimpi tentang hal yang sama seperti yang dialami manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi