Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Bergabung sejak: 26 Sep 2022

Pengacara dan pemerhati hukum pidana siber

Mengenal "Cyberbullying" dari Drama Korea "Celebrity"

Baca di App
Lihat Foto
rawpixel.com / HwangMangjoo
Social media troll harassing people on social media
Editor: Sandro Gatra

SERIAL Celebrity banyak mendapatkan atensi bagi para penikmat drama korea di Indonesia. Series ini dinilai sesuai dengan fenomena munculnya selebritis baru dari jalur media sosial atau yang biasa kita sebut influencer (pemengaruh).

Series ini bercerita mengenai sisi gelap dan jatuh bangun para influencer untuk bisa dikenal publik dan menggapai kesuksesan dengan menghalalkan berbagai macam cara, baik secara positif maupun negatif.

Indikator kesuksesan para influencer salah satunya dilihat dari banyaknya jumlah followers di media sosialnya.

Series ini juga menggambarkan bagaimana kehidupan para influencer yang sangat dinamis dan menguras emosi saat menghadapi para pendukung hingga “haters”.

Haters yang meninggalkan jejak digital dengan berbagai cara untuk mengganggu, mengancam, memfitnah dan menjatuhkan reputasi harkat dan martabat serta kehidupan bisnis influencer yang bersangkutan sehingga mengarah pada tindakan cyberbullying (perundungan siber).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada dasarnya cyberbullying memiliki konsep yang sama dengan bullying secara konvensional, hanya saja dilakukan melalui sarana digital dan melalui sistem jaringan komputer dan elektronik.

Awalnya, fenomena cyberbullying terjadi pada 1990-an dan lebih dikenal dengan istilah “electronic aggression”.

Istilah cyberbullying baru diformalkan dalam Oxford English Dictionary pada 2010. Penelitian mengenai fenomena ini dimulai sejak  2000 karena pada saat itu marak kasus bunuh diri para remaja yang dilatarbelakangi penindasan secara daring.

Cyberbullying didefinisikan sebagai perundungan lewat media elektronik. Pelaku dapat menggunakan surel, pesan teks, dan gambar yang diakses dari telepon genggam atau komputer, laman web, blog, ruang obrolan, atau situs jejaring sosial yang dapat memuat pesan dan gambar yang mengandung konteks perundungan.

Meski memiliki konsep serumpun, namun terdapat hal-hal yang membedakan antara bullying konvensional dengan cyberbullying, menurut Slonje, Smith, dan Frisen, yaitu:

Jenis-jenis cyberbullying

Berbagai macam perilaku yang termasuk tindakan cyberbullying antara lain flaming (mengirim pesan dengan amarah), harassment (mengganggu), denigration (mencemarkan nama baik), impersonation (meniru), outing (menyebarkan konten tertentu tentang korban), trickery (tipu daya), exclusion (mengucilkan), cyberstalking (penguntitan siber).

Adapun yang sering terjadi pada saat ini adalah komentar kasar, menyebarkan rumor, mengirim foto yang mengganggu, dan penyebaran foto.

Ancaman pidana pelaku cyberbullying

Di Indonesia telah memiliki regulasi yang mengatur dan mengancam pidana terhadap pelaku cyberbullying, yaitu dalam UU ITE khususnya pada ketentuan:

Ancaman sanksi pidananya berbeda-beda, yaitu pidana penjara paling lama antara 4-6 tahun dan denda paling banyak antara Rp 750.000.000 sampai Rp 1.000.000.000.

Pada kenyataanya, semakin tinggi penetrasi masyarakat Indonesia mengakses internet, maka semakin besar pula potensi terpapar konten yang mengandung cyberbullying. Hal itu dikhawatirkan menjadi hal biasa.

Padahal, segala macam perundungan memiliki akibat yang sangat mendalam bagi korbannya. Tidak sedikit korban yang memilih bunuh diri, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi