Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Tikus Menyerang Rumah, Kenali agar Bisa Diusir!

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/torook
Ilustrasi tikus di dapur.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Tikus, celurut, dan hewan pengerat lainnya menyukai tempat tinggal yang kotor, berantakan, dan dekat dengan sumber makanan. Tidak terkecuali rumah.

Tanpa disadari pemilik rumah, tikus bisa masuk, berkembang biak, dan membuat kotor rumah. Hewan ini bisa masuk lewat pintu dan jendela yang terbuka, celah sekitar rumah, bahkan saluran air.

Membersihkan rumah dengan produk pestisida memang dapat menjadi solusi untuk mengusir tikus. Namun, pestisida juga dapat membahayakan penghuni rumah apabila tidak berhati-hati. 

Oleh karena itu, pemilik rumah perlu mengenali tanda keberadaan tikus. Hal ini agar bisa cepat bertindak untuk mengusir tikus sebelum bersarang bahkan berkembang biak di rumah.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus dan Celurut secara Permanen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Tanda serangan tikus di rumah

Berikut sejumlah ciri yang menandakan tikus dan hewan pengerat lain berada di dalam rumah:

1. Kotoran tikus

Dilansir dari situs Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA), tikus kemungkinan akan meninggalkan kotoran di sekitar bungkus makanan, laci, lemari, bahkan di bawah wastafel.

Kotoran celurut biasanya berbentuk butiran dengan ujung runcing, sedangkan kotoran tikus cenderung berbentuk lebih persegi panjang atau kapsul dengan ujung bulat atau tumpul.

2. Bekas sarang

Selain kotoran tikus, kertas sobek, kain, atau tanaman kering yang menumpuk tanpa disengaja pemilik rumah dapat menjadi tanda keberadaan tikus. Benda tersebut menjadi sarang ideal bagi hewan pengerat.

3. Bekas gigitan

Bekas gigitan atau kunyahan pada bungkus makanan, perabotan rumah, bahkan kabel dapat menjadi bukti keberadaan tikus.

Baca juga: 7 Aroma yang Mengundang Tikus Masuk Rumah, Segera Bersihkan!

 

4. Lubang di rumah

Lubang asing yang berada di dinding dan lantai rumah menjadi petunjuk serangan tikus. Lubang ini merupakan titik masuk ke dalam rumah.

5. Bau

Sarang tikus umumnya mengeluarkan bau basi, busuk, atau bau khas seperti amonia. Urine hewan pengerat ini mengeluarkan aroma seperti amonia basi. Semakin banyak tikus, baunya semakin jelas. Selain itu, bau asam yang kuat menunjukkan bangkai tikus yang mati.

6. Jejak tikus

Dikutip dari laman Asosiasi Manajemen Hama Nasional AS (NPMA), tikus meninggalkan jejak berupa bekas minyak atau kotoran gelap di sepanjang dinding dan lantai yang dilewati. Bekas ini disebabkan oleh bulu berminyak tikus.

Baca juga: 6 Makanan Ini Bisa Mengundang Tikus Masuk Rumah, Segera Bersihkan!

7. Bunyi aneh

Suara-suara aneh seperti decitan atau gesekan di dinding, gudang, dan area terpencil lain dapat menjadi salah satu tanda serangan tikus. Suara ini muncul terutama malam hari.

8. Muncul tikus

Satu hewan pengerat yang muncul atau terlihat berada di sekeliling rumah bisa jadi menunjukkan ada banyak tikus lain di dalam rumah.

Ini karena tikus rumah betina dapat melahirkan setengah lusin bayi setiap tiga minggu.

9. Hewan peliharaan bertingkah aneh

Diberitakan Forbes (25/11/2022), kucing atau anjing yang bertingkah tidak biasa dapat menunjukkan serangan tikus.

Hewan peliharaan akan menyadari bau atau mendengar suara hewan pengerat tersebut di seluruh rumah.

Perilaku yang tidak biasa dari hewan peliharaan ini seperti anjing menggonggong berlebihan atau kucing tertarik pada area tertentu. Jika terjadi, segera temukan tikus atau mencit di dalam rumah.

Tikus umumnya lebih aktif di malam dan tidur di sarang saat siang. Karena itu, tanda-tanda pergerakan tikus akan lebih jelas di malam hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi