Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Panjang Umur Centenarian, Orang yang Mencapai Umur 100 Tahun

Baca di App
Lihat Foto
Scotto Family/Staten Island Advance
Antoinette Inserra perempuan berusia 104 tahun meniup lilin ulang tahunnya dikelilingi oleh keluarganya.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Antoinette Inserra, perempuan berusia 104 tahun asal New York, Amerika Serikat itu termasuk dalam golongan manusia centenarian.

Seorang centenarian adalah mereka yang telah hidup mencapai umur 100 tahun.

Ketika mendengar seseorang yang memiliki umur panjang, banyak yang ingin tahu tentang rahasia umur panjangnya. 

Tetapi jika ditanyakan terkait hal itu, Inserra mengaku dia tidak benar-benar melakukan sesuatu yang luar biasa untuk tetap sehat.

"Saya menjaga diri sendiri. Saya melakukan apa yang harus saya lakukan. Begitu Anda menjaga diri sendiri, semuanya selesai,” kata Inserra dikutip dari Today, (5/5/2023). 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Rahasia Umur Panjang Centenarian, Orang yang Bisa Hidup sampai 100 Tahun

Lahir tahun 1919

Pada tanggal 21 April 2023, Inserra merayakan ulang tahunnya yang ke-104, dan keluarganya mengadakan pesta besar untuk menandai acara khusus tersebut. Sejumlah anak dan cucunya turut hadir. 

Inserra lahir pada 21 April 1919 di New York, Amerika Serikat. Dia selamat dari serangan Covid-19 yang terjadi sebanyak dua kali.

Hidup mencapai usia satu abad lebih, Inserra termasuk ke dalam kelompok yang disebut dengan centenarian. Di Amerika Serikat, ada banyak centenarian.

Namun, lima wilayah dengan populasi centenarian besar adalah, Ikaria, Yunani; Okinawa, Jepang; Ogliastra, Sardinia; Loma Linda, California; dan Semenanjung Nicoya, Kosta Rika.

Penduduk Staten Island memiliki empat anak, delapan cucu, dan sembilan cicit. Dia mengaku tidak pernah bisa meramalkan bahwa dia akan memiliki usia lebih dari 100 tahun dan melihat keluarganya berkembang pesat.

"Tidak ada yang berpikir seperti itu. Satu (ulang tahun) pada satu waktu," katanya. 

Inserra masih bisa bertahan dengan baik dengan bantuan alat bantu jalan dan makan makanan seimbang. 

Baca juga: Kisah Louise Levy dan Rahasia Umur Panjang hingga 112 Tahun

 

Rahasia umur panjang Inserra

Memasuki usia 104 tahun, Antoinette Inserra mengaku selalu menjaga agar dirinya tetap aktif dan hal itu menurutnya salah satu kunci bisa berumur panjang. 

Dikutip dari Silive, hingga hari ini, dia masih melakukan diet bergizi dan menikmati setiap jenis makanan, termasuk segelas bir atau vermouth dengan makan malam setiap malam.

Dia juga rajin mengkonsumsi sayuran hijau terutama bayam, yang kaya akan beberapa mineral dan dibutuhkan tubuh untuk mengontrol tekanan darah.

Dia menyukai es krim cokelat, cokelat hitam, dan anggur rosé atau Zinfandel putih, tetapi masih dalam takaran secukupnya.

“Jalani hidupmu hari demi hari, hadapi masalahmu dan jika sesuatu muncul, urus dan lanjutkan,” begitu nasihat yang dia katakan. 

Selain itu, prioritas utama Antoinette yang menjadikannya panjang umur adalah tidur yang cukup, tetap optimis, berolahraga, menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman.

 

Dia juga menyarankan untuk selalu memiliki pandangan hidup yang positif dan banyak tersenyum.

"Saya hanya mengatakan berpenampilan baik dan berteman baik. Bersikaplah baik kepada mereka," ujarnya.

Dia mengatakan, menjaga sikap positif dan menemukan kegembiraan dalam kesenangan hidup yang sederhana adalah cara untuk tetap bahagia dan sehat.

Keturunan Italia

Antoinette Inserra lahir pada 21 April 1919, di 121 Mulberry St. di lingkungan Little Italy di Lower Manhattan, Amerika Serikat. 

Ayah Antoinette berimigrasi ke Amerika dari Bari, Italia, dan ibunya, lebih jauh ke utara dari Trieste.

Setelah lulus dari kelas delapan, Antionette, satu dari empat saudara perempuan dan lima saudara laki-laki yang semuanya telah meninggal, bekerja di binatu dan pabrik sepatu. 

Saat berusia 18 tahun, dia bertemu dengan Vincent Inserra, pria yang pada akhirnya akan menjadi suaminya.

Pasangan itu menikah pada 8 Januari 1944 dan dikaruniai empat anak: Carmine, Susan, Robert dan Phyllis.

Sampai hari ini, Antoinette masih bisa memecahkan teka-teki silang dan pencarian kata, membuat hiasan Natal buatan sendiri, dan kue liburan.

Selama bertahun-tahun dia dikenal membuat manik-manik dan ornamen berpayet untuk Natal, tetapi belakangan ini, dia agak terbatas.

Namun, dia masih ingin berbelanja dan Natal adalah hari libur favoritnya. Dia memastikan untuk mendekorasi setiap inci persegi rumahnya.

Selain menjadi ibu dari empat anak, Antoinette adalah nenek dari delapan anak dan nenek buyut dari sembilan anak.

 

Baca juga: Berusia 105 Tahun, Ini Rahasia Elsie Allcock Berumur Panjang

Rekor umur panjang

Inserra bukan satu-satunya centenarian. Jumlah orang Amerika yang hidup hingga 100 tahun atau lebih telah berlipat ganda dalam dekade terakhir.

Tetapi para ilmuwan belum mengetahui secara pasti resep panjang umur ini.

Sebuah studi yang diterbitkan pada 2023 menganalisis DNA para centenarian dan menemukan bahwa sistem kekebalan mereka dapat pulih dengan lebih baik dari infeksi.

Penulis senior sekaligus profesor kedokteran di Universitas Boston George J. Murphy mengatakan bahwa pihaknya akan terus mempelajari umur panjang yang dialami centenarian.

Sebelumnya pemegang rekor orang tertua yang pernah hidup adalah Jeanne Calment, warga negara Perancis yang meninggal pada tahun 1997 di usia 122 tahun dan 164 hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi