Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Indomie Goreng di Jawa dan Luar Jawa Berbeda, Ini Kata Indofood

Baca di App
Lihat Foto
TikTok
Tangkapan layar unggahan warganet soal perbedaan bumbu Indomie goreng di Jawa dan luar Jawa.
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - Sebuah unggahan video yang menyebutkan adanya perbedaan bumbu dari Indomie goreng yang dijual di Jawa dan luar Jawa ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibuat oleh akun TikTok ini pada (27/7/2023). Dalam videonya, pengunggah mengaku lebih suka dengan Indomie yang ada di Sulawesi daripada Indomie di Jawa.

Ia memperlihatkan Indomie goreng yang ada di Jawa memiliki bumbu kecap, saus sambal, minyak, bawang goreng, dan bumbu tabur.

Sedangkan Indomie goreng di Sulawesi memiliki bumbu yang berbeda, yakni merica, kecap, minyak, dan bumbu tabur.

"Iya beda, Indomie Sulawesi dengan Indomie Jawa itu beda," kata pengunggah dalam videonya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Knp harus beda ya?" tulis dalam unggahan.

Hingga, Jumat (4/8/2023) sore, unggahan video tersebut sudah dilihat sebanyak 13,7 juta kali dan mendapatkan lebih dari 20.000 komentar dari warganet.

Baca juga: BPOM Pastikan Indomie Aman Dikonsumsi, Berapa Batas Aman Etilen Oksida?

Penjelasan Indomie

Saat dikonfirmasi, Head of Corporate Public Relation Indofood Novi Arlaida membenarkan Indomie goreng di Jawa dan luar Jawa memiliki bumbu yang berbeda.

Dia menjelaskan, perbedaan itu lantaran perusahaan berupaya menyesuaikan selera masyarakat yang mengonsumsi Indomie di kedua wilayah itu.

"Memang benar, Indomie goreng memiliki 2 SKU (Stock Keeping Unit) yang disesuaikan dengan lidah masyarakat," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (2/8/2023).

Novi mengungkapkan, Indomie goreng yang diproduksi untuk didistribusikan di Pulau Jawa bumbunya terdiri dari saus cabai, kecap, minyak, bawang goreng, dan bumbu tabur.

Sedangkan Indomie goreng yang didistribusikan di luar Pulau Jawa, seperti di Sulawesi berisi bumbu bubuk, bubuk cabai, kecap, dan minyak.

Baca juga: Respons 3 Negara soal Indomie Rasa Ayam Spesial yang Sempat Ditarik di Taiwan


Disesuaikan dengan selera masyarakat

Novi juga mengungkapkan, perusahaan telah melakukan tes terlebih dahulu sebelum meluncurkan produk ke pasar.

"Sebelum meluncurkan produk ke pasar, Tim Marketing Noodle kami melakukan tes dan mendapatkan insight yang berbeda dari masyarakat penggemar Indomie goreng di Indonesia dari beberapa daerah," ungkap Novi.

"Sehingga kami menyesuaikan dengan selera lokal," sambungnya.

Sementara itu, General Manager Corporate Communication PT Indofood Sukses Makmur Tbk Stefanus Indrayana mengatakan, Indomie goreng dengan bubuk cabai dijual di beberapa daerah di Indonesia, yakni:

  • Sumatera
  • Banjarmasin
  • Sulawesi

"Pertama adalah Goreng Spesial (GS) 80 kilogram dengan bubuk cabai yang dijual di Sumatera, Banjarmasin, dan Sulawesi," katanya, dikutip dari Kompas.com, (8/6/2022).

"Selanjutnya Goreng Spesial 85 kilogram plus Bawang Goreng dan Saus Sambal (GSS) dijual di Jawa, Bali, Pontianak," tambahnya.

Menurut Stefanus, konsumen Indomie di Sumatera lebih memilih pedas dari bubuk cabai, dibandingkan saus sambal pedas atau manis yang banyak digemari konsumen di Pulau Jawa.

Meski ada perbedaan, ia memastikan produk Indomie goreng yang tersedia di masing-masing daerah adalah produk yang disukai konsumen setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi