Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tipe Kepribadian dan Sifat Kucing Peliharaan, Kenali Teman Berbulu Anda

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/chie hidaka
Ilustrasi jenis kepribadian kucing.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Kucing merupakan hewan peliharaan yang cukup populer. Salah satu yang membuat mereka banyak disukai adalah kepribadiannya yang unik dan random.

Perilaku dan kepribadian kucing bisa berbeda-beda untuk setiap kucing. Misalnya stereotip paling umum adalah kucing belang tiga yang semangat atau kucing “oren” yang santai.

Dilansir dari laman PetMD, penelitian tentang tipe kepribadian kucing bahkan menjadi topik pembicaraan dan telah dilakukan terhadap lebih dari 200 kucing dan pemiliknya.

Menurut hasil penelitian tersebut, diketahui kucing hanya memiliki lima tipe kepribadian secara umum.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepribadian ini berkembang karena interaksi antara genetika masing-masing kucing, pengalaman mereka selama perkembangan, dan masa dewasa.

Baca juga: 5 Cara Menjalin Hubungan yang Kuat dengan Kucing Peliharaan


Tipe kepribadian kucing

Berikut adalah 5 kepribadian umum yang dimiliki kucing peliharaan:

1. The human cat

Ciri umum kucing dengan kepribadian ini adalah senang berbagi tempat, hidup, dan sering kali ruang pribadi dengan pemiliknya.

2. Kucing pemburu

Kucing pemburu adalah kepribadian yang paling liar. Mereka senang berinteraksi dengan mainan kucing realistis dan menunjukkan tanda-tanda pemburu yang ahli.

Baca juga: 9 Ciri Kucing Peliharaan Anda Merasa Bahagia, Apa Saja?

3. The cat’s cat

Anda dapat mengidentifikasi kucing dengan kepribadian ini melalui ciri kesediaannya untuk bermain, merawat, menyentuh hidung, dan saling bergesekan dengan kucing lain.

4. Kucing agresif

Kucing dengan kepribadian ini lebih mudah marah dan cukup sulit untuk ditangani, mereka cukup sensitif terhadap sentuhan, lingkungannya, dan memiliki rasa waspada yang tinggi.

5. Kucing penasaran

Kucing penasaran atau yang ingin tahu merupakan penyelidik yang tajam. Mereka kerap mengendus apa saja dan siapa saja yang tidak dikenalnya.

Baca juga: 7 Aroma yang Tidak Disukai Kucing, Ada Pisang dan Kopi

Sifat-sifat kucing

Di sisi lain pendekatan berbeda dilakukan oleh Ilmuwan di University of South Australia yang menggunakan kuesioner mencakup 52 karakteristik kepribadian.

Mereka menganalisis 2.802 kucing dan mengidentifikasi satu set dari lima faktor kepribadian utama.

Dibanding membuat klaim menyeluruh tentang kepribadian kucing, mereka lebih fokus pada ciri-ciri individu yang cenderung membentuk wataknya.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kucing Memakan Rumput, Apa Saja?

Dilansir dari laman PetKeen, ada 5 sifat atau ciri umum kucing, antara lain:

1. Kucing gelisah

Kucing dengan ciri ini akan selalu merasa gugup dan gelisah. Mereka mungkin tidak sering keluar dari tempatnya dan segera lari berlindung setiap kali ada suara yang tidak terduga.

Perlu juga dicatat bahwa sifat gelisah yang dimaksud mengacu pada kegugupan yang bertahan lama, bukan sekedar kegugupan yang ditunjukkan oleh kucing di lingkungan baru.

2. Kucing ramah

Kucing dengan sifat ini akan dengan senang hati keluar untuk menyambut tamu atau mengobrak-abrik belanjaan yang baru saja Anda bawa pulang.

Mereka suka bermain, terutama dengan mainan interaktif di dalam rumah. Jika kucing Anda memiliki sifat ini, sebaiknya sediakan banyak mainan dan pohon kucing.

Baca juga: 8 Ras Kucing Berumur Panjang, Cocok Jadi Teman Peliharaan

3. Kucing dominan

Kucing dominan cenderung tidak cocok dengan kucing lain. Mereka mungkin akan menyerang atau menggertak pada kucing lain yang pendiam atau terlihat lemah.

Anda tidak boleh membiarkan kucing dominan berkeliaran di luar, karena kemungkinan besar mereka akan berkelahi dengan kucing lain di lingkungan tersebut.

4. Spontanitas

Kucing spontan bersifat impulsif dan tidak menentu. Mereka bisa berubah dari santai di pangkuan Anda menjadi liar dan mengobrak-abrik rumah tanpa alasan.

Kucing dengan sifat ini mirip dengan kucing yang gelisah, namun perilakunya tidak gugup melainkan tidak bisa ditebak.

Baca juga: 10 Fakta Menarik tentang Penglihatan Kucing

5. Mudah berteman

Kucing friendly atau yang mudah berteman umumnya bersedia untuk menerima orang dan hewan lain ke dalam wilayah mereka.

Mereka bisa menyambut anak kucing lain sebagai teman bermain, dan mungkin menjadi orang pertama yang menyambut tamu saat mereka berjalan melewati pintu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi