Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Mengapa Kucing Peliharaan Anda Berpura-pura Tidur

Baca di App
Lihat Foto
iStockPhoto/uchar
Ilustrasi kucing pura-pura tidur.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Kucing adalah hewan peliharaan yang umumnya sulit dipahami. Mereka sering kali menunjukkan kebiasaan dan perilaku aneh.

Hewan berbulu ini kadang suka bermain dengan kardus, lari kesana kemari, hingga menanduk Anda atau berguling tanpa sebab.

Salah satu kebiasaan yang identik dengan hewan peliharaan ini adalah mereka cenderung menghabiskan waktunya untuk tidur.

Dikutip dari laman Britannica, kucing tidur rata-rata 15 jam per hari, sebagian bahkan ada yang menghabiskan waktu tidur hingga 20 jam, terutama kucing tua dan anak kucing.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mereka pada dasarnya adalah pemangsa krepuskular yang aktif selama saat remang-remang di peralihan hari, yakni pada waktu senja dan fajar.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kucing Suka Menggaruk Dinding dan Furnitur


Oleh karena itu, tidak heran jika sepanjang hari teman berbulu Anda akan menghabiskan waktu untuk tidur.

Namun, tidak semua tidur siang kucing adalah tidur sungguhan. Kadang mereka hanya berpura-pura tidur.

Banyak hewan lain yang berpura-pura tidur atau mati sebagai bentuk perlindungan diri atau reaksi terhadap ancaman fisik. Mereka mencoba menipu pemangsanya.

Kucing pun melakukan sesuatu yang mirip dengan ini, mereka berpura-pura tidur dapat membantu menangkal ancaman, sekaligus memberikan rasa tenang pada kucing.

Baca juga: 10 Tipe Kepribadian dan Sifat Kucing Peliharaan, Kenali Teman Berbulu Anda

Di samping itu, ada sejumlah alasan lain yang menjelaskan mengapa kucing berpura-pura tidur. Simak penjelasannya berikut ini.

Alasan kucing pura-pura tidur

Dilansir dari laman PetKeen, berikut adalah beberapa alasan potensial mengapa kucing berpura-pura tidur:

1. Menginginkan perhatian lebih

Jika kucing Anda tidak melihat atau mendengar kabar dari Anda selama berhari-hari, mereka pasti akan marah dan cenderung sering pura-pura tidur.

Perilaku ini juga lazim ketika Anda lebih memperhatikan kucing peliharaan lain. Kucing bisa merasa cemburu, bahkan merasa tidak aman, karena berbagai alasan.

Baca juga: 5 Cara Menjalin Hubungan yang Kuat dengan Kucing Peliharaan

2. Membutuhkan waktu sendirian

Teman kucing Anda mirip dengan manusia ketika merasa lelah. Mereka sesekali akan mendambakan "me time" untuk mengisi ulang energinya.

Terlebih ketika mereka banyak bermain dan menjadi pusat perhatian terkadang melelahkan. Tidak heran jika perilaku ini biasa terjadi pada kebanyakan kucing rumahan.

3. Anda sedang diamati

Kucing memiliki kemampuan yang disebut "kesadaran situasional". Sehingga mereka dapat "tidur" atau beristirahat sambil menyadari sepenuhnya apa yang terjadi di sekitar mereka.

Jika teman berbulu ini ingin tahu apa yang Anda lakukan tanpa mendorong interaksi apa pun, mereka akan berpura-pura tidur.

Baca juga: Bisakah Kucing Menangis Saat Sedih atau Terluka? Berikut Penjelasannya

4. Menghemat energi

Ras kucing yang aktif dan suka bermain sepanjang waktu biasanya akan membakar banyak kalori dalam aktivitasnya.

Oleh karena itu, mereka akan beristirahat dengan cara berpura-pura tidur untuk menghemat sedikit energi yang tersisa sambil menunggu waktu makan berikutnya.

7. Melepas stres

Kucing peliharaan mungkin mendapatkan hidup yang lebih baik dibandingkan dengan kucing liar, tetapi itu tidak berarti mereka tidak mengalami stres pada waktu-waktu tertentu.

Ini menjadi salah satu alasan lain mengapa mereka merasa perlu berpura-pura tidur. Kucing membutuhkan banyak waktu sendiri untuk menghilangkan apa pun yang mengganggu mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi