Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Vegan dan Vegetarian

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/RossHelen
Ilustrasi seorang vegetarian.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Seorang vegan dan vegetarian cenderung menolak untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan.

Meski cara hidup veganisme maupun vegetarianisme sekilas sama-sama menolak untuk mengonsumsi daging, namun ada perbedaan di antara keduanya.

Terutama karena ada beberapa variasi vegetarianisme. Namun, sebagian orang masih menggunakan kedua istilah tersebut secara tumpang tindih.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan Sehat yang Dapat Meningkatkan Suasana Hati Anda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Lantas, apa perbedaan antara vegan dan vegetarian?

Pola hidup vegetarianisme

Dilansir dari laman Medical News Today, vegetarian adalah orang yang tidak memakan olahan atau produk sampingan dari hewan yang disembelih.

Vegetarian tidak mengkonsumsi daging, unggas, ikan dan kerang, serangga, rennet, gelatin, dan jenis protein hewani lainnya.

Namun, beberapa vegetarian masih mengkonsumsi produk sampingan yang tidak melibatkan penyembelihan hewan, seperti telur, produk olahan susu, dan madu.

Vegetarian biasanya mengonsumsi berbagai buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, serta "pengganti daging" yang berasal dari jenis makanan ini.

Baca juga: 7 Makanan yang Baik untuk Menunjang Kesehatan Mata, Apa Saja?

Ada beberapa variasi umum seseorang yang menjalani pola makan vegetarian, antara lain:

Dari keempat variasi tersebut, banyak orang menyebut pescatarian sebagai semi-vegetarian. Sebab, ia tidak memenuhi definisi vegetarianisme tradisional.

Baca juga: Diet Vegan Disebut Bikin Badan Jadi Lemas, Benarkah? Ini Kata Ahli Gizi

Pola hidup veganisme

Veganisme adalah bentuk vegetarianisme yang lebih ketat. Vegan menghindari mengkonsumsi atau menggunakan produk hewani atau produk sampingan apa pun.

Seorang vegan, akan berusaha untuk mengecualikan segala bentuk eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan untuk makanan, pakaian, atau tujuan lainnya.

Vegan sangat menghindari konsumsi makanan apa pun yang mengandung daging, unggas, ikan dan kerang, serangga, rennet, gelatin, dan jenis protein hewani lainnya.

Baca juga: Bukan Hanya Produk Hewani, Berikut 5 Hal yang Harus Dihindari oleh Seorang Vegan

Mereka juga menolak mengonsumsi produk olahan telur, produk susu, dan madu. Bahkan para vegan yang ketat juga memperluas prinsip-prinsip ini di luar pola makan.

Misalnya, mereka akan mencoba untuk menghindari produk apa pun yang secara langsung atau tidak langsung melibatkan penggunaan hewan oleh manusia.

Produk-produk tersebut dapat meliputi barang-barang kulit, wol, sutra, lilin lebah, dan produk lain yang mengandung unsur hewani.

Baca juga: 7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit, Ada Tomat, Cokelat, dan Ubi

Pertimbangan nutrisi untuk vegetarian dan vegan

Dilansir dari laman Healthline, penelitian menunjukkan pola makan vegetarian dan vegan cenderung rendah lemak jenuh dan kolesterol.

Makanan tersebut mengandung vitamin, mineral, serat, dan senyawa tumbuhan sehat dalam jumlah tinggi.

Misalnya juga buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, polong, dan produk kedelai. Mereka mengandung makanan padat nutrisi dalam jumlah tinggi.

Namun, pola makan vegetarian dan vegan yang tidak direncanakan dengan baik dapat mengakibatkan rendahnya asupan nutrisi, terutama zat besi, kalsium, seng, dan vitamin D.

Baca juga: 7 Jenis Makanan yang Meningkatkan Kinerja Otak dan Memori, Apa Saja?

Menurut laporan Academy of Nutrition and Dietetics dan beberapa ulasan ilmiah, pola makan vegetarian dan vegan sesuai untuk semua tahap kehidupan, selama direncanakan dengan baik.

Asupan nutrisi yang tidak mencukupi seperti asam lemak omega-3, kalsium, dan vitamin D dan B12 dapat berdampak negatif pada berbagai aspek kesehatan, termasuk kesehatan mental dan fisik.

Meskipun demikian, baik vegetarian maupun vegan harus memberi perhatian khusus pada strategi nutrisi yang dimaksudkan untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan nabati.

Mereka juga perlu mengonsumsi makanan dan suplemen yang diperkaya, terutama untuk nutrisi seperti zat besi, kalsium, omega-3, serta vitamin D dan B12.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi