Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Peserta dari Indonesia Menari K-Pop di Jambore Pramuka Dunia Curi Perhatian, Ini Kata Kwarnas

Baca di App
Lihat Foto
Twitter
Tangkapan layar peserta asal Indonesia menari K-pop di Jambore Pramuka Dunia di Saemangeum, Korea Selatan.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Unggahan video yang memperlihatkan seorang peserta asal Indonesia menari K-Pop di Jambore Pramuka Dunia, mencuri perhatian warganet.

Diketahui, ajang yang mempertemukan pramuka asal berbagai negara tersebut digelar di Saemangeum, Korea Selatan pada 1-12 Agustus 2023.

Adapun, video yang memperlihatkan peserta asal Indonesia menari K-Pop diunggah oleh beberapa akun di media sosial, salah satunya adalah akun ini.

Dalam video yang beredar, peserta perempuan tersebut terlihat asyik menari mengikuti alunan lagu K-Pop.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat menari, ia masih mengenakan hasduk dan ID card. Aksinya pun mendapat tepuk tangan dari orang-orang yang berdiri di sekitar.

"Video yang memperlihatkan aksi dance salah satu peserta Jambore dari Indonesia saat melakukan random dance di acara Jambore Dunia di Korea, viral di media sosial," cuit pengunggah, Kamis (10/8/2023).

"Dalam video yang beredar, peserta Jambore dari Indonesia itu tengah melakukan aksi dance saat acara KPop Random Play Dance Jambore Dunia 2023 di Korea," tambahnya.

Hingga Jumat (11/8/2023), unggahan soal peserta asal Indonesia menari K-Pop di Jambore Pramuka Dunia sudah ditayangkan sebanyak 1,6 juta kali.

Lantas, apa kata Kwarnas soal hal tersebut?

Baca juga: Akhir Jambore Pramuka Dunia di Korsel Setelah Didera Sederet Masalah

Penjelasan Kwarnas

Ketua Pusat Informasi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adi Pamungkas buka suara soal beredarnya video peserta asal Indonesia menari K-Pop di Jambore Pramuka Dunia.

Ia mengatakan, aksi tersebut dilakukan oleh Elok Pesona Hayati yang merupakan International Service Team dari DKI Jakarta.

"Iya, betul (Elok)," kata Adi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/8/2023).

Adi menjelaskan, Elok menampilkan tariannya ketika Random Play di Area Perkemahan Saemangeum, Senin (7/8/2023).

Elok unjuk gigi sebelum peserta Jambore Pramuka Dunia dipindah lokasinya usai otoritas setempat mengeluarkan peringatan datangnya Topan Khanun pada 9-10 Agustus 2023.

"(Acara) salah satu bagian dari Cultural and Traditional," jelas Adi.

Baca juga: Jambore Pramuka Dunia di Korsel Terancam Topan, Kontingen Indonesia Pindah Lokasi

Kontingen Indonesia tampilkan tarian tradisional

Terpisah, Waka Kwarnas sekaligus Kakom Kehumasan dan Informatika Kwarnas Berthold Sinaulan turut mengonfirmasi bahwa sosok peserta yang terekam menari dalam video adalah Elok.

Ia juga menjelaskan, selama kontingen asal Indonesia mengikuti Jambore Pramuka Dunia, pihaknya menampilkan tarian daerah.

Pertunjukan tersebut ditampilkan di Asrama Universitas Wonkwang pada Kamis (10/8/2023).

"Indonesia menampilkan berbagai kesenian daerah, termasuk yang disambut hangat dan ikut ditarikan penonton ketika berkumandangnya lagi 'Sinanggar Tulo' dan 'Poco-poco' yang mengiringi tarian dari adik-adik peserta yang tampil," kata Berthold kepada Kompas.com, Jumat (11/8/2023).

Selain menampilkan tarian daerah, kontingen Indonesia juga mempertunjukkan lagu "Bendera" yang dinyanyikan seorang peserta perempuan asal Jawa Tengah.

"Acara jambore akan ditutup pada 11 Agustus 2023 malam. Setelah penutupan di World Cup di Stadium di Seoul, acara dilanjutkan dengan konser K-Pop Super Live," kata Berthold.

"Yang menampilkan 18 group K-Pop terkemuka, termasuk NewJeans, NCT Dreams, ITZY, MAMAMOO, The Boys, dan lainnya," pungkasnya.

Baca juga: Cerita Ayya, Wakil Indonesia di Jambore Pramuka Dunia Korea Selatan...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi