Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tugas di Upacara HUT RI, Berapa Honor Paskibraka Nasional?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Dian Erika
Paskibraka pembawa baki bendera merah putih, Lilly Indriani Suparman Wenda bersama Tim Indonesia Maju usai melaksanakan tugasnya dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023).
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Paskibraka merupakan singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Mereka bertugas untuk mengibarkan dan menurunkan bendera pusaka dalam upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada perayaan HUT ke-78 RI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan 76 pelajar dari 38 provinsi Indonesia sebagai anggota Paskibraka Nasional 2023.

Baca juga: Daftar Lengkap Nama Petugas Upacara Penurunan Bendera HUT Ke-78 RI

Sebelum upacara Kemerdekaan Republik Indonesia, para anggota Paskibraka menjalani pemusatan pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan Lemhannas RI dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelenggaraan Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat berlangsung selama 30 hari sejak 17 Juli sampai 15 Agustus 2023 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional Wiladatika Cibubur, Jawa Barat dan Lemhannas RI, Jakarta Pusat.

Diketahui, anggota Paskibraka nasional, merupakan hasil seleksi dari tingkat kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggal masing-masing.

Baca juga: Daftar Nama Anggota Paskibraka yang Bertugas pada Upacara 17 Agustus 2023

Lantas, apakah para anggota Paskibraka Nasional mendapatkan gaji/honor saat bertugas, dan berapa besarannya?


Besaran gaji/honor Paskibraka nasional

Kepala Subdirektorat Pengendalian III BPIP Kenny Tawarnate membenarkan bahwa para anggota Paskibraka nasional mendapatkan honor atau gaji atas tugasnya pada upacara peringatan HUT RI.

Anggota Paskibraka nasional imbuhnya, mendapatkan gaji atau honor sesuai dengan standar biaya dari Menteri Keuangan. Mereka mendapatkan gaji/upah sejak mengikuti pemusatan pendidikan dan pelatihan.

"Kalau dari BPIP, mereka mendapat honor (sesuai tempat pendidikan). (Awalnya) di Jawa Barat, kemudian 11 Agustus mulai di Jakarta," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (17/8/2023).

Baca juga: Fresh Graduate Boleh Nego Gaji Saat Pertama Melamar Kerja, Berapa Besarannya?

Kenny menjelaskan, besaran gaji atau honor anggota Paskibraka didasarkan pada tempat latihan dan tugasnya. Semisal menjalani pelatihan di Cibubur, Jawa Barat, gaji atau honor yang diberikan mengikuti standar biaya di provinsi tersebut yakni Rp 150.000 per hari.

Kemudian, sewaktu menjalani pelatihan di Lemhanas RI, Jakarta, honor yang didapatkan menyesuaikan standar biaya di provinsi tersebut.

"(Di Jakarta) Rp 180.000 per hari," ungkapnya.

Berdasarkan perhitungan tersebut, anggota Paskibraka nasional mendapatkan gaji atau honor sekitar Rp 4.470.000 selama pelatihan 30 hari.

Baca juga: Sejarah Paskibraka yang Selalu Diturunkan dalam Upacara HUT RI

Tambahan lainnya

Selain honor pelatihan, Kenny mengungkapkan para anggota Paskibraka nasional akan mendapatkan tambahan lain dari perusahaan BUMN.

"Dari BUMN, (anggota Paskibraka) selalu menerima dana apresiasi tergantung setiap perusahaan (yang memberikan)," katanya lagi.

Menurutnya, ada 12 perusahaan yang memberikan apresiasi terhadap para anggota Paskibraka Nasional 2023. Di antaranya, 9 perusahaan akan memberikan apresiasi dalam berbagai bentuk.

"Perusahaan akan memberikan dana langsung seperti Bank Mandiri, BRI, dan Pegadaian. Selain itu, ada asuransi, emas batangan, tabungan, e-money, dan dari Telkomsel berupa alat komunikasi bernama Orbit," jelasnya lagi.

Kenny memperkirakan, para anggota Paskibraka Nasional mendapatkan gaji/honor dan apresiasi total berkisar antara Rp 20 juta setiap orangnya.

Baca juga: Sejarah Merah Putih sebagai Bendera Indonesia

Gaji atau honor Paskibraka daerah

Sementara itu, anggota Paskibraka daerah akan mendapatkan gaji atau honor setelah bertugas di wilayah masing-masing sesuai dengan keputusan setiap daerah.

Pemberian gaji/honor tersebut diberikan untuk setiap orang sesuai hari saat persiapan dan bertugas pada upacara HUT RI.

Sebagai contoh, dilansir dari surat keputusan Kabupaten Banyuwangi, setiap anggota Paskibraka di wilayah tersebut mendapatkan honor sebesar Rp 50.000 per hari.

Sementara berdasarkan rencana anggaran Kabupaten Madiun 2022, Paskibraka mendapatkan gaji atau honor Rp 75.000 untuk tim pengibar bendera. Sementara untuk petugas komando dan perwira upacara mendapatkan Rp 200.000.

Selain itu, pemerintah Kota Pontianak menganggarkan Rp 200.000 untuk Paskibraka yang bertugas di HUT RI.

Baca juga: Didirikan sejak 1946, Siapa Sosok Pendiri Paskibraka?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi