Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Busana "Boedi Oetomo" Erick Thohir yang Buat Menteri Basuki Penasaran

Baca di App
Lihat Foto
Tangkap layar streaming Kompas TV
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Erick Thohir dalam Upacara HUT Ke-78 RI.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono jadi sorotan saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). 

Di tengah upacara, saat semua hadirin fokus mendengarkan lantunan lagu Andika Bhayangkari, Basuki yang mengenakan pakaian adat Bali berwarna abu-abu tampak menunduk ke arah perut dan merapikan kantung bajunya.

Tak lama kemudian, Basuki menoleh ke arah Erick Thohir yang berdiri di samping kanannya dan berusaha menyingkap setelan jas yang dikenakan Menteri BUMN tersebut.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (18/8/2023), Basuki ternyata penasaran dengan jas bernuansa krem dengan kancing satu yang dikenakan Erick Thohir.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kan pakai jas, tapi saya mau lihat kancingnya ternyata cuma satu, jadi itu model Boedi Oetomo. Jadi bukan Jawa, tapi Boedi Oetomo 1908. Saya cuma mau ngecek aja," kata Basuki.

Cuplikan video kejadian tersebut viral di media sosial selama Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI, kemarin.  Lantas, seperti apa pakaian Erick Thohir yang menarik perhatian Basuki Hadimuljono?

Baca juga: Baju Adat Jokowi Saat Pidato Kenegaraan 16 Agustus dari Tahun ke Tahun...


Pakaian Boedi Oetomo rancangan Didiet Maulana

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, busana yang dikenakan saat upacara Hari Kemerdekaan adalah pakaian ala organisasi Boedi Oetomo.

Busana tersebut merupakan hasil rancangan desainer Didiet Maulana. Pakaian khusus ini sarat akan identitas organisasi yang mempelopori kebangkitan nasional pada 1908 silam.

"Jas Boedi Oetomo ini memang didesain berkancing satu oleh Mas Didiet Maulana khusus untuk saya. Terima kasih mas Didiet, pak Bas aja suka," tulis Erick dalam akun Instagram, Kamis.

Didiet Maulana adalah seorang desainer ternama Indonesia yang dikenal sebagai maestro tenun ikat.

Karyanya beberapa kali digunakan politikus hingga selebritas, termasuk Ketua DPR Puan Maharani dalam sidang tahunan MPR 2022, dan komika Kiky Saputri di acara pernikahannya.

Melalui akun resmi Twitter, Didiet Maulana mengatakan bahwa "Indonesia dan Pemuda" merupakan tema busana Erick Thohir beserta istri saat upacara Hari Kemerdekaan.

"Tampilan pelajar tempo doeloe menjadi inspirasi tema busana Bapak Erick Thohir dan Ibu Liza Thohir pada upacara kemerdekaan RI ke 78 di Istana Negara," tulisnya.

Kompas.com telah mendapatkan izin dari Dhitya, manager Didiet Maulana, untuk mengutip unggahan tersebut sebagai bahan pemberitaan.

Baca juga: Baju Adat Jokowi dalam Upacara HUT RI dari Tahun ke Tahun

 

Makna "Indonesia dan Pemuda"

Didiet menuliskan, Menteri BUMN ingin mengangkat dan menuangkan nuansa pemuda zaman dulu dalam penampilan di HUT RI.

Busana tersebut terinspirasi dari organisasi pergerakan Boedi Oetomo, organisasi yang didirikan pemuda terpelajar dari Sekolah Pendidikan Dokter Bumiputera atau STOVIA.

Boedi Oetomo sendiri menjadi awal era nasionalisme Indonesia yang kelahirannya diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Didiet merinci, penampilan Erick Thohir terdiri dari jas klasik krem dengan kemeja putih dan dasi kupu-kupu.

"Lengkap dengan belangkon dan selop tutup," lanjutnya.

Sementara itu, istri Erick, Elizabeth atau akrab disapa Liza, mengenakan kebaya model Kartini dengan lengan mengembang dan manset tinggi yang khas pada masa itu.

"Keduanya memakai batik motif parang klithik," ungkap Didiet.

Di sisi lain, dilansir dari Kompas.com, Kamis, Erick Thohir memaparkan bahwa pakaian ala organisasi Boedi Oetomo sejalan dengan pelopor kebangkitan nasional pada 1908 silam.

Menurut Erick, pakaian itu tepat dikenakan dalam momentum peringatan kemerdekaan Indonesia karena mayoritas penduduk saat ini adalah generasi muda.

"Kita tahu itu kan organisasi pergerakan pemuda dan hari ini juga mayoritas penduduk Indonesia berusia muda," tuturnya di Istana Merdeka, Kamis.

"Dan kita dalam proses transisi ke Indonesia maju, jadi samalah momentumnya," jelas Menteri BUMN Erick Thohir. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi