Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengusir Lalat di Tempat Berjualan, Bisa Pakai Plastik Isi Air

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/GIANSU
Ilustrasi lalat.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Lalat sering kali muncul di sekitar meja tempat berjualan, seperti di pasar tradisional, swalayan, atau warung makan.

Lalat yang muncul tentu bisa membuat pembeli menjadi tidak nyaman. Tempat berjualan tersebut bisa dianggap tidak higienis karena tempatnya banyak lalat.

Dilansir dari AZ Animals (4/5/2023), lalat tertarik ke tempat yang mengeluarkan aroma manis dari makanan dan minuman. Selain itu, area jualan yang dekat tempat sampah dan saluran air juga kemungkinan didatangi lalat.

Jika dibiarkan, lalat akan hinggap di piring atau gelas, bahkan makanan pembeli. Padahal, lalat bisa hinggap di tempat-tempat kotor sehingga dapat membawa bakteri, virus, penyakit, dan jamur ke makanan manusia.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mengusir lalat dari tempat berjualan?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Cara Mengusir Lalat yang Terbang di Sekitar Meja Makan


Cara mengusir lalat dari tempat berjualan

Untuk mengusir lalat di dekat makanan, pastikan menggunakan bahan-bahan alami. Namun, bahan kimia tetap dapat digunakan asal tidak di dekat bahan-bahan yang dikonsumsi.

Berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan penjual untuk mengusir lalat dari tempat berjualan.

1. Gunakan kipas angin

Dilansir dari Outdoor Happens (4/5/2023), lalat tidak bisa terbang di tengah angin. Oleh karena itu, kipas dapat menjauhkannya dari tempat jualan.

Disarankan menggunakan kipas di langit-langit untuk area jualan yang luas atau kipas portabel yang bisa diletakkan dekat meja.

2. Bahan alami

Apabila meja yang digunakan untuk berjualan dekat dengan makanan, hindari menggunakan produk pengusir lalat berbahan kimia.

Sebagai alternatif, pakai potongan kulit jeruk, kemangi, lavender, daun mint, rosemary, atau daun pepaya.

Bahan alami tadi mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai lalat. Sebaliknya, aroma tersebut disukai manusia. Gunakan potongan tanaman tadi sebagai hiasan meja sekaligus pengusir serangga.

Baca juga: 8 Bahan Rumahan yang Ampuh Mengusir Lalat

3. Plastik isi air

Lalat memiliki indra penglihatan yang sangat baik. Namun, pantulan cahaya dapat mengganggu lensa matanya.

Untuk itu, menggantungkan kantong plastik berisi air di dekat meja jualan dapat menjadi solusi yang baik. Air akan memantulkan cahaya yang menggusir lalat.

 

4. Gelas isi koin

Metode serupa yang bisa digunakan adalah menggunakan gelas berisi air dan uang receh di dasar gelas.

Uang receh juga akan memantulkan cahaya yang mengganggu mata lalat. Meski begitu, pilih gelas yang bagus agar bisa sekaligus menjadi hiasan di meja.

5. Gunakan insektisida di pintu atau jendela

Memberikan insektisida di dekat meja jualan jelas tidak mungkin karena berpotensi menyebarkan zat berbahaya ke makanan.

Meski begitu, produk tersebut masih bisa dipakai untuk digunakan pada kusen pintu dan jendela.

6. Tutup makanan

Tutup makanan atau jualan di meja dengan tudung saji. Cara ini akan melindungi makanan dari lalat dan serangga lain yang berterbangan. Pastikan gunakan tudung saji dengan lubang yang kecil agar tidak ada serangga yang masuk.

Baca juga: Cara Mengusir Lalat Hijau dari Makanan

7. Pemukul lalat

Cara manual untuk membasmi lalat adalah dengan dipukul. Alat pembasmi lalat ini ada yang manual maupun bertenaga listrik. Gunakan untuk memukul lalat yang muncul di sekitar meja jualan.

Namun, pastikan membersihkan bangkai lalat yang mati agar tidak mengotori meja. Berhati-hatilah saat menggunakan alat pemukul listrik.

8. Lilin

Diberitakan Forbes (8/2/2023), lilin dapat digunakan untuk mengusir lalat. Ini karena api dari lilin menghasilkan udara yang bergerak sehingga membingungkan serangga tersebut. Lalat lebih suka terbang di udara tenang.

Sebagai alternatif yang lebih baik, gunakan lilin yang terbuat dari serai. Tanaman ini mengeluarkan aroma yang efektif mengusir serangga tersebut.

Baca juga: Cara Mengusir Lalat Buah yang Mengganggu

9. Bersihkan tempat jualan

Dikutip dari Institut Keamanan Pangan Australia (14/3/2022), jangan pernah meninggalkan tempat jualan dalam keadaan kotor.

Pastikan untuk segera membersihkan tumpahan air atau ceceran makanan. Selain mencegah lalat, ini akan membuat tempat jualan selalu bersih bagi pengunjung.

10. Jauhkan dari tempat sampah

Lalat hidup dan berkembang biak di tempat sampah. Karena itu, berjualan di dekatnya akan mengundang lalat yang mencari makanan. Sebaiknya, jauhkan tempat sampah dari area jualan. Pastikan juga area sampah rajin dibersihkan dan tertutup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi