Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Semifinal Piala AFF U23 Thailand Vs Indonesia, Bagaimana Peluang Lolos Babak Final?

Baca di App
Lihat Foto
Dok. PSSI
Timnas U23 Indonesia berfoto menjelang pertandingan melawan Malaysia pada laga perdana Grup B Piala AFF U23 2023 di Stadion Rayong Provincial, Thailand, Jumat (18/8/2023). Indonesia untuk sementara memuncaki klasemen runner-up terbaik Piala AFF U23 2023. Garuda Muda punya peluang besar lolos ke semifinal, tetapi masih bergantung pada hasil tim-tim lain. Artikel ini berisi jadwal siaran langsung timnas Indonesia vs Thailand di semifinal Piala AFF U23 2023.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Semifinal Piala AFF U23 2023 mempertemukan Indonesia Vs Thailand, Kamis (24/8/2023). Pertandingan tersebut akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV pukul 20.00 WIB. 

Timnas U23 Indonesia lolos ke semifinal berstatus sebagai runner-up terbaik di fase grup, sementara Thailand lolos setelah menempati puncak klasmen Grup C Piala AFF U23 2023. 

Link live streaming atau siaran langsung semifinal Piala AFF U23 Indonesia vs Thailand bisa disimak melalui link berikut ini: Link semifinal Piala AFF U23 Indonesia vs Thailand.

Lantas, bagaimana peluang Indonesia dalam semifinal Piala AFF U23 menghadapi Thailand?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Semifinal Piala AFF U23 2023: Thailand Terbaik, Shin Tae-yong Tak Kena Mental

Perjalanan ke semifinal

Thailand mengalahkan Myanmar dengan skor 3-0 pada laga perdana babak penyisihan grup Piala AFF U23 2023. 

Setelah itu Thailand mengalahkan Brunei Darussalam juga dengan skor 3-0 dan terakhir mereka menang atas Kamboja dengan skor 2-0.

Sejauh ini Thailand mencatatkan cleansheet.

Sedangkan timnas U-23 Indonesia lolos ke semifinal dengan status runner-up terbaik.

Indonesia sebelumnya kalah 1-2 dari Malaysia di pertandingan pertama, sebelum akhirnya menang tipis 1-0 dari Timor Leste. 

Peluang Indonesia lolos final masih terbuka

Pengamat sepak bola Ma'ruf El Rumi mengatakan, peluang Indonesia untuk mengalahkan Thailand tetap terbuka, mengingat untuk level timnas U23 tidak ada timnas yang benar-benar superior. 

Selain itu, Indonesia juga memiliki pengalaman dalam mengalahkan Thailand di final Piala AFF U-22 pada 2019. 

Kendati demikian, Ma'ruf meminta Indonesia mewaspadai Thailand yang bermain seperti tanpa celah, baik dari sisi pertahanan maupun produktivitas. Di sisi lain, Indonesia juga harus bisa menghadapi tekanan.

"Melawan Malaysia kita sempat leading, tapi kemudian justru kebobolan dua gol. Ini bisa menjadi indikasi bahwa tim kita masih belum siap saat mendapatkan tekanan dari lawan dengan kualitas serupa," kata Ma'ruf kepada Kompas.com, Kamis (24/8/2023). 

Selain itu, Ma'ruf menyebut lini tengah timnas Indonesia harus bersiap mendapat pressing dari Thailand.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Indonesia Vs Thailand dalam Semifinal Piala AFF U23 2023

 

Indonesia dinilai lebih siap

Ma'ruf juga menilai, Indonesia lebih siap menghadapi pertandingan menantang dibandingkan Thailand. Sebab di fase grup, Indonesia setidaknya telah bertemu lawan tradisional seperti Malaysia. 

Sementara lawan-lawan Thailand di fase grup sebelumnya dinilai memiliki level di bawah mereka.

"Mereka kan belum bertemu dengan lawan yang menjadi musuh tradisional mereka, yakni Indonesia, Malaysia, dan Vietnam. Kamboja, Brunei Darussalam, dan Myanmar belum pada level tiga pesaing lain. Jadi tidak bisa menjadi garansi," kata Ma'ruf. 

Namun di sisi lain, Ma'ruf juga mengingatkan agar pemain Indonesia tidak merasa superior serta harus bermain lebih klinis. 

"Lini belakang perlu lebih baik dalam hal koordinasi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi