Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Cara Mengusir Kelelawar di Atap Rumah, Apa Saja?

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/lillitve
Ilustrasi kelelawar bergantungan di atap rumah.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Kelelawar dapat masuk ke dalam rumah dan bersarang di atap tanpa disadari penghuni rumah.

Sebagai hewan nokturnal, kelelawar aktif di malam hari sehingga keberadaannya di rumah dapat tidak diketahui.

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (11/8/2022), kelelawar yang hinggap di atap rumah dapat membuang kotoran sehingga membuat kediaman menjadi sangat bau.

Kotoran kelelawar juga mengandung asam yang tinggi sehingga bersifat korosif serta membahayakan material dan struktur rumah seiring waktu.

Kotoran ini membahayakan manusia karena membawa spora jamur yang dapat menyebabkan penyakit.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Ternyata, Ini Alasan Kelelawar Tidur Terbalik

Lantas, bagaimana cara mengusir kelelawar dari atap rumah?


Baca juga: Apakah Virus Corona China Berasal dari Kelelawar dan Ular?

Cara mengusir kelelawar dari atap rumah

Berikut beberapa langkah yang dapat diterapkan untuk mengusir maupun membasmi kelelawar yang hinggap atau bahkan bersarang di atap tempat tinggal:

1. Tutup celah rumah

Kelelawar dapat masuk ke dalam rumah dan bersarang di atap melalui celah atau lubang yang terbuka.

Untuk mengusirnya, pastikan menutup celah tersebut sehingga kelelawar tidak cukup untuk masuk.

Saat menutup lubang di rumah, pastikan melakukannya di malam hari. Saat itu, kelelawar sedang pergi berburu di luar rumah. Jika ingin tetap ada ventilasi udara, gunakan kawat atau jaring antinyamuk dengan lubang kecil.

Baca juga: Mungkinkah Kelelawar Jadi Pembawa Virus Corona?

2. Hilangkan sumber makanan dan air

Kelelawar suka makan serangga maupun buah-buahan.

Untuk mengusirnya, basmi atau cegah serangga dari sekitar rumah.

Kelelawar juga tertarik minum dari wadah minum burung maupun genangan air. Bersihkan sumber genangan air di halaman rumah untuk mencegah kelelawar masuk rumah.

3. Pasang lampu terang

Diberitakan Kompas.com (19/8/2022), kelelawar suka hinggap di area gelap dan jauh dari akses manusia, seperti loteng atau gudang. Karena itu, pasang lampu terang di area yang disukai kelelawar akan ampuh mengusirnya.

Gunakan lampu sorot dan arahkan menuju kelelawar yang menggantungkan diri di atap. Cahaya terang dari lampu akan membuat kelelawar tidak nyaman dan pergi mencari tempat lain.

Baca juga: Kesal dengan Gangguan Hama, Tanam 15 Pengusir Serangga Ini di Halaman

4. Kapur barus

Kapur barus dapat digunakan untuk mengusir kelelawar serta serangga dan hama lainnya. Ini karena kapur barus mengandung bahan kimia naftalena yang menyebabkan muntah, pusing, dan mual pada hewan.

Letakkan kapur barus di tempat yang disukai hewan ini. Namun, jangan terlalu banyak karena bisa membunuhnya. Kapur barus juga bisa beracun bagi hewan peliharaan sehingga perlu berhati-hati. 

Lihat Foto
UNSPLASH / Riizz
Ilustrasi kelelawar.
5. Alat suara ultrasonik

Kelelawar memiliki indra pendengaran tajam yang dapat menangkap suara ultrasonik dengan frekuensi hingga di atas 20.000 Hz. Manusia tidak bisa mendengarnya tapi suara tersebut akan mengganggu kelelawar.

Beli alat penghasil suara ultrasonik dan pasang di dekat sarang kelelawar.

Suara ini akan mengganggu kelelawar dan mengusirnya.

6. Aroma menyengat

Dikutip dari Homes and Gardens (6/8/2022), kelelawar memiliki indra penciuman yang tajam sehingga sensitif terhadap aroma menyengat.

Bahan seperti minyak esensial pepermin, fenol, kayu manis, atau kayu putih mengeluarkan bau tajam yang mengganggu hama seperti kelelawar.

Caranya, campurkan minyak esensial tadi dengan dua cangkir air hangat dan setengah cangkir gula. Lalu, oleskan atau semprotkan cairan tadi ke sarang kelelawar secara berkala.

7. Bersihkan area bekas kelelawar

Kelelawar dapat mengendus area tempat mereka pernah tinggal untuk menandai wilayah dan menemukan rumahnya. Jika area rumah yang pernah ditempati kelelawar tidak dibersihkan dengan baik, mereka berpotensi kembali datang ke rumah.

Karena itu, gunakan pembersih kimia yang mengandung fenol dan bahan-bahan berbau tajam untuk membersihkan area rumah. Pastikan tidak ada kotoran kelelawar yang tertinggal.

Baca juga: 4 Hewan Peliharaan yang Bisa Bantu Usir Hama Rumah Tangga

8. Panggil tenaga profesional

Cara terbaik untuk membasmi kelelawar adalah meminta bantuan tenaga profesional. Ini dapat dilakukan terutama jika ada koloni kelelawar yang bersarang di rumah.

Adapun tenaga profesional yang dapat dipanggil seperti petugas pembersih hama, pemadam kebakaran, maupun petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Lihat Foto
shutterstock
Ilustrasi cara mengusir kelelawar
9. Cermin dan cahaya

Dilansir dari SunCruiser Media (28/2/2020), cermin dan cahaya dari lampu dapat menghilangkan kelelawar di atap rumah. 

Cara melakukannya, pasang beberapa cermin dan sumber cahaya yang stabil di dekat tempat tinggal hewan tersebut. Arahkan cermin di sudut yang bisa memantulkan cahaya ke kelelawar.

Kemudian, nyalakan lampu sehingga cahayanya bisa memantul ke arah kelelawar di atap. Lakukan selama beberapa saat hingga kelelawar terganggu dan pergi.

10. Aluminium foil

Mirip dengan cermin, aluminium foil juga bisa memantulkan cahaya yang digunakan untuk mengusir kelelawar. Cara ini lebih murah terutama jika tidak punya cermin.

Untuk menggunakannya, sediakan beberapa lembar aluminium foil. Kemudian, gantung ke dinding di area rumah yang ditempat kelelawar. Nyalakan sumber cahaya sehingga dapat memantul pada lembaran tersebut.

11. Semprotan air

Jika tidak masalah lantai dan dinding rumah menjadi basah, menggunakan semprotan air dapat mengusir kelelawar yang bergantungan di atap.

Ambil semprotan air berupa selang ataupun botol semprot. Lalu, isi dengan air dan semprotkan ke kelelawar saat mereka tidur di siang hari. Lakukan cara ini secara rutin sampai mengganggu kelelawar dan merusak sarangnya.

Baca juga: 8 Bahan Rumahan untuk Mengusir Tikus dari Rumah, Apa Saja?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi