Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Nomor Rekening Terindikasi Penipuan atau Tidak, Bisa secara Online

Baca di App
Lihat Foto
cekrekening.id
Tangkapan layar cara cek rekening terindikasi penipuan atau tidak.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyediakan portal cekrekening.id untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi terkait rekening bank.

Laman cekrekening.id berfungsi sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database nomor rekening bank yang terindikasi dugaan tindak pidana, misalnya penipuan.

Dilansir dari laman cekrekening.id, pengumpulan informasi dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin berpartisipasi dan membantu sesama pengguna transaksi elektronik.

Pelaporan bersumber dari masyarakat, asosiasi, aparat penegak hukum, dan bank. Bisa dilakukan secara online dilakukan melalui aplikasi atau website.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atau Anda juga dapat melaporkan secara offline dengan datang langsung ke kantor Kemenkominfo dengan membawa salinan bukti dugaan tindak pidana.

Baca juga: Beredar Foto Tanda Bukti Pembayaran Penggantian Nomor ID Meteran, PLN Tegaskan Itu Penipuan


Lantas, bagaimana cara mengecek sebuah rekening terindikasi penipuan atau tidak?

Cara cek keamanan rekening

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek sebuah nomor rekening terindikasi penipuan atau tidak, melalui laman cekrekening.id:

Baca juga: 3 Cara Cek Mutasi Rekening Bank BRI, Bisa lewat Ponsel

Jika nomor rekening pernah dilaporkan melakukan penipuan, akan muncul informasi bahwa nomor rekening tersebut terindikasi penipuan lengkap dengan riwayat pelaporan.

Sebaliknya, apabila tidak, akan muncul informasi “Rekening belum pernah dilaporkan dan didaftarkan” pada layar Anda.

Masyarakat dapat memanfaatkan portal cek rekening ini apabila menerima SMS permintaan transfer atau pembayaran uang dari pihak lain yang mencurigakan.

Selain itu, cekrekening.id juga membuat transaksi online lebih aman, karena dapat memastikan ulang rekening penerima pernah terindikasi penipuan atau tidak.

Baca juga: Cara Transfer ke Sesama Rekening Mandiri dan Bank Lain via Livin by Mandiri

Ketentuan cek rekening

Beberapa ketentuan terkait penggunaan layanan cekrekening.id adalah sebagai berikut:

1. Anda dapat melaporkan nomor rekening yang terkait dengan kejahatan seperti penipuan transaksi online, terorisme dan radikalisme, narkoba, korupsi, dan kejahatan lainnya.

2. Pihak yang melapor di cekrekening.id haruslah yang mengalami sendiri transaksi dengan pihak yang terindikasi tindak pidana.

3. Jika saat bertransaksi di ATM bukti transfer tidak keluar, Anda dapat meminta bukti mutasi yang menampilkan nomor rekening tujuan transfer pada pihak Bank.

4. Jika bertransaksi menggunakan aplikasi mobile banking, Anda dapat melampirkan tangkapan layar atau mengunduh bukti transfer dari aplikasi mobile banking tersebut.

5. Laporan akan ditolak jika tidak disertai identitas jelas dan valid, bukti tidak mencukupi, salah memilih kategori aduan, hingga salah input nomor rekening dan nama bank.

6. Laporan ditolak jika tidak ada bukti percakapan lengkap antara pihak-pihak yang bertransaksi.

Baca juga: Cara Transfer dari BRI ke Sesama Rekening BRI dan Bank Lain

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi