Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Kucing agar Tidak "Pup" di Tempat yang Sama

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/SETTINEE KULSUTTISATIEN
Ilustrasi kucing buang air besar di halaman rumah.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho
KOMPAS.com - Kotoran kucing yang dibuang "pemiliknya" dengan sembarangan memang sangat menggangu. Sebab selain menimbulkan bau tak sedap, juga bisa memicu penyakit.  Kucing peliharaan biasanya memiliki kotak pasir untuk membuang kotorannya. Namun kucing liar bisa saja berak di sembarang tempat sekitar rumah.

Di sisi lain, kucing peliharaan juga dapat buang kotoran di tempat selain kotak pasir kotorannya.

Kucing yang membuang kotoran di satu tempat biasanya akan kembali berak di tempat yang sama. Ini karena hewan tersebut menandai area miliknya lewat bau kotoran tersebut.

Kondisi seperti ini akan membuat penghuni rumah kesulitan karena kucing akan berak di tempat yang sama padahal bukan kotak kotorannya.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengusir kucing agar tidak berak di tempat yang sama?

Baca juga: Cara Mengusir Kucing agar Tidak Buang Kotoran Sembarangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Cara mengusir kucing agar tidak berak di tempat sama

Berikut beberapa langkah aman yang bisa diterapkan untuk mengusir kucing yang suka berak di tempat yang sama.

1. Bau yang tidak disukai kucing

Dilansir dari Kompas.com (7/3/2023), kucing tidak menyukai bau yang menyengat. Karena itu, bisa digunakan untuk mengusirnya dari tempat yang sering digunakan buang kotoran.

Caranya, campurkan 1 cangkir air dan 1 cangkir cuka dengan sabun cuci piring. Kemudian, masukkan ke botol semprot dan semprotkan di sekitar area tersebut.

2. Siram air

Cara ini bisa dilakukan ke kucing yang suka buang kotoran di halaman. Namun, cara ini akan sulit diterapkan di kucing yang ada dalam rumah.

Usir kucing dengan siraman air. Kucing yang tidak suka air akan batal buang kotoran di sana karena tersiram. Walau basah, kucing tidak terluka.

3. Beri jebakan

Buat jebakan yang aman bagi kucing agar tidak berak sembarangan. Cara ini menganggunya dari buang kotoran di satu tempat selain kotak pasirnya.

Kucing punya indra sensitif sehingga tidak suka menyentuh permukaan bertekstur aneh. Cobalah pasang amplas kasar, double tape, atau aluminium foil di dekat tempat yang ia gunakan untuk berak.

4. Kopi

Bubuk kopi memiliki tekstur dan bau menyengat yang tidak disukai kucing. Aroma kopi akan sangat mengganggunya, terutama ampas seduhan kopi.

Letakkan ampas kopi bekas diseduh di lokasi yang kucing gunakan untuk buang kotoran sembarangan.

Baca juga: Cara Mengusir Kucing agar Tidak Buang Kotoran di Halaman Rumah

5. Rempah-rempah

Rempah seperti cabai rawit memiliki aroma dan rasa panas yang mengganggu kucing.

Untuk mengusir kucing, taburkan bubuk cabai di lokasi yang digunakannya buang kotoran. Bagi kucing peliharaan, langkah ini perlu diperhatikan karena kucing bisa merasa sakit akibat efek cabai.

6. Suara ultrasonik

Suara ultrasonik diyakini mengganggu kucing dan hama lain, seperti serangga. Manusia tidak bisa mendengar bunyi yang memiliki nada tinggi ini.

Suara ultrasonik tidak akan menyakiti hewan. Namun, bisa menjadi solusi mengusir kucing dari satu tempat.

 

Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/ZANNA PESNINA
Ilustrasi kucing buang air di halaman rumah.
7. Kulit jeruk

Dikutip dari Kompas.com (15/6/2021), kulit jeruk, lemon, atau limau juga dapat digunakan mengusir kucing. Hewan tersebut tidak suka aromanya yang kuat.

Caranya, letakkan potongan kulit di sekitar tempat yang disukai kucing untuk berak atau halaman. Selain itu, peras sari jeruk untuk semprotan pengusir kucing.

8. Alat penyiram otomatis

Alat ini dapat dipasang di halaman untuk mengusir kucing yang sering berak di sana. Penyiram otomatis akan mendeteksi pergerakan di sekitarnya saat menyala.

Ketika kucing lewat, alat ini akan otomatis menyemburkan air. Akibatnya, kucing dapat terkejut, takut, bahkan lari menjauhi rumah.

Baca juga: Cara Mengusir Kucing Liar dari Atap Rumah

9. Tutupi taman dengan ranting

Kucing tidak suka lewat di permukaan yang tidak rata. Karena itu, menutupi halaman dengan ranting atau daun kering bisa menjauhkan hewan ini.

Selain ranting, bisa juga meletakkan mulsa, kerikil, batu-batu, bahkan cangkang telur di halaman.

10. Pisang

Kucing juga tidak suka aroma pisang. Meletakkan pisang di halaman dapat mencegahnya buang kotoran sembarangan.

Potong pisang dan letakkan menyebar di sekitar halaman. Pisang yang matang mengeluarkan bau kuat sehingga tidak disukai kucing.

10. Lonceng

Diberitakan Kompas.com (22/3/2021), kucing akan takut mendengar suara keras seperti lonceng karena indra pendengarannya sensitif.

Karena itu, taruh lonceng- yang akan berbunyi kencang di sekitar area kucing suka berak ataupun di halaman rumah.

11. Bersihkan baunya

Kucing akan mudah kembali buang air dan kotoran di tempat yang sama karena baunya masih tercium. Dia akan mengira itu tempat yang bisa digunakan buang kotoran.

Membersihkan area tersebut dari bau kotoran kucing merupakan cara efektif mengusir dan mencegah kucing berak di tempat yang sama.

12. Beri penghalang

Jika kucing masih suka masuk ke halaman atau buang kotoran di satu area dalam rumah, segera tutup akses ke tempat tersebut.

Caranya, pasang pagar kawat setinggi minimal 1,8 meter di halaman. Untuk dalam rumah, beri benda di area kucing suka berak agar ia tidak bisa menempatinya lagi.

Nah, itulah cara gar kucing tidak membuang kotoran sembarangan yang menyebabkan bau dan membuat kotor.

(Sumber: Kompas.com/Erwina Rachmi Puspapertiwi, Aniza Pratiwi | Editor: Inten Esti Pratiwi, Sakina Rakhma Diah Setiawan, Nabilla Tashandra)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi