Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Kutipan Terkenal Nikola Tesla, Apa Saja?

Baca di App
Lihat Foto
Dickenson V. Alley, Wellcome Collection, CC BY)
Nikola Tesla duduk saat sedang mengamati temuannya yaitu Tesla coil
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Nikola Tesla merupakan salah satu ilmuwan ternama dunia yang berhasil merancang sistem kelistrikan arus bolak-balik (AC).

Ini merupakan sistem kelistrikan utama yang digunakan di dunia hingga saat ini.

Lahir di Kroasia pada 1856, ketertarikan Tesla di bidang kelistrikan didorong oleh ibunya yang menemukan peralatan rumah tanggal kecil, dikutip dari Biography.

Baca juga: 10 Kutipan Terkenal Ibnu Khaldun, Ilmuwan Ternama Islam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tesla datang ke Amerika Serikat pada 1884 dan bekerja sebentar dengan Thomas Edison sebelum keduanya berpisah beberapa bulan kemudian.

Pada 1885, Tesla menerima dana untuk Tesla Electric Light Company dan ditugaskan oleh investornya untuk mengembangkan pencahayaan busur yang lebih baik.

Namun, Tesla terpaksa keluar dari usaha tersebut dan untuk sementara waktu harus bekerja sebagai buruh kasar untuk bertahan hidup.

Keberuntungannya berubah dua tahun kemudian ketika dia menerima dana untuk Tesla Electric Light Company.

Baca juga: 30 Kutipan Terkenal Muhammad Ali, Apa Saja?


Baca juga: 12 Kutipan Terkenal Al Farabi, Filsuf Islam Ternama

Sepanjang kariernya, Tesla menemukan, merancang, dan mengembangkan ide untuk sejumlah penemuan penting.

Dia juga merupakan pionir dalam penemuan teknologi radar, teknologi sinar-X, kendali jarak jauh, dan medan magnet berputar.

Dia menjual beberapa hak paten, termasuk hak paten atas mesin AC miliknya, kepada George Westinghouse.

Baca juga: 15 Kutipan Terkenal Fidel Castro, Apa Saja?

Kutipan terkenal Nikola Tesla

Berikut 20 kutipan terkenal Nikola Tesla:

  1. I don’t care that they stole my idea. I care that they don’t have any of their own (Saya tidak peduli mereka mencuri ide saya. Saya peduli bahwa mereka tidak memiliki ide mereka sendiri)
  2. Be alone, that is the scret of invention. Be alone, that is when ideas are born (Menyendiri, itulah inti dari penemuan. Menyendiri, saat itulah ide lahir)
  3. If you want to find the secrets of the universe, think in terms of energy, frequency, and vibration (Jika Anda ingin menemukan rahasia alam semesta, pikirkanlah energi, frekuensi, dan getaran)
  4. These are only new devices for putting the weak at the mercy of the strong (Hanya ada beberapa perangkat baru untuk menempatkan yang lemah pada belas kasihan yang kuat)
  5. Life is and will ever remain an equation incapable of solution, but it contains certain known factors (Hidup akan selalu menjadi persamaan yang tidak dapat dipecahkan, tetapi mengandung faktor-faktor tertentu yang diketahui)
  6. I do not think you can name many great inventions that have been made by married men (Saya rasa Anda tidak dapat menyebutkan banyak penemuan hebat yang telah dibuat oleh pria yang sudah menikah)
  7. If your hate could be turned into electricity, it would light up the whole world (Jika kebencian Anda dapat diubah menjadi listrik, itu akan menerangi seluruh dunia)
  8. Every living being is an engine geared to the wheelwork of the universe (Setiap makhluk hidup adalah mesin yang diarahkan ke roda alam semesta)
  9. The progressive development of man is vitally dependent on invention (Perkembangan progresif manusia sangat bergantung pada penemuan)
  10. The present is theirs. The future, for which I really worked, is mine (Masa kini adalah milik mereka. Masa depan, yang benar-benar saya usahakan, adalah milik saya)
  11. Great moments are born great oppurtunity (Momen-momen besar lahir dari peluang besar)
  12. As I review the events of my past life I realize how subtle are the influences that shape our destinies (Ketika saya meninjau kembali peristiwa-peristiwa dalam kehidupan masa lalu saya, saya menyadari betapa halusnya pengaruh yang membentuk takdir kita.)
  13. You may live to see man-made horrors beyond your comprehension (Anda mungkin hidup untuk melihat kengerian buatan manusia di luar pemahaman Anda)
  14. Merciless is the law of nature, and rapidly and irresistibly we are drawn to our doom (Tanpa ampun adalah hukum alam. Dengan cepat dan tak tertahankan, kita ditarik ke arah kehancuran kita)
  15. One must be sane to think clearly, but one can think deeply and be quite insane (Seseorang harus waras untuk berpikir jernih, tetapi seseorang dapat berpikir secara mendalam dan menjadi sangat gila)
  16. Our virtues and our failings are inseparable, like force and matter. When they separate, man is no more (Kebajikan dan kegagalan kita tidak dapat dipisahkan, seperti kekuatan dan materi. Ketika mereka terpisah, manusia tidak ada lagi )
  17. We crave for new sensations but soon become indifferent to them. The wonders of yesterday are today common occurrences (Kita mendambakan sensasi baru tetapi segera menjadi acuh tak acuh terhadapnya. Keajaiban kemarin adalah kejadian yang biasa terjadi hari ini)
  18. What one man calls God, another calls the laws of physics (Apa yang disebut seseorang sebagai Tuhan, disebut orang lain sebagai hukum fisika)
  19. The individual is ephemeral, races and nations come and pass away, but man remains (Individu itu fana, ras dan bangsa datang dan pergi, tetapi manusia tetap ada)
  20. Invention is the most important product of man's creative brain (Penemuan adalah produk terpenting dari otak kreatif manusia)

Baca juga: 20 Kutipan Inspiratif dari Manga Naruto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi