Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Organisme Heterotrof? Berikut Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
iStockPhoto/ugurhan
Ilustrasi hewan di alam liar.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Heterotrof adalah organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri. Ia tidak dapat mensintesis senyawa organik berbasis karbon dari sumber anorganik.

Akibatnya, mereka memakan bahan organik yang diproduksi oleh, atau tersedia pada, organisme lain.

Berbeda dengan autotrof yang mampu membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis, sedangkan autotrof tidak bisa.

Autotrof juga mampu menghasilkan energi dari matahari, tetapi heterotrof harus bergantung pada organisme lain untuk mendapatkan energi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Apa Itu Ekosistem Terestrial? Berikut Pengertian dan Contohnya


Definisi heterotrof

Secara sederhana, heterotrof adalah organisme yang memakan organisme lain dalam suatu rantai makanan.

Dilansir dari laman Encyclopedia Britannica, heterotrof adalah organisme yang memakan tumbuhan atau hewan lain untuk mendapatkan energi dan nutrisi.

Istilah ini berasal dari bahasa Yunani hetero yang berarti “yang lain” dan trophe yang berarti “makanan”.

Organisme heterotrof disebut konsumen karena memakan produsen atau konsumen lainnya. Contohnya adalah anjing, burung, ikan, dan manusia.

Heterotrof menempati tingkat kedua dan ketiga dalam rantai makanan. Tingkat trofik pertama adalah autotrof, seperti tumbuhan dan alga.

Baik primer (herbivora) maupun sekunder (karnivora dan omnivora) konsumen bersifat heterotrof, sedangkan produsen primer bersifat autotrof.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Bioma? Berikut Pengertian dan Jenisnya

Jenis-jenis heterotrof

Dikutip dari laman National Geographic, ada dua jenis atau subkategori heterotrof, yakni fotoheterotrof dan kemoheterotrof.

1. Fotoheterotrof

Fotoheterotrof adalah organisme yang memperoleh energinya dari cahaya, namun tetap harus mengonsumsi karbon dari organisme lain karena tidak dapat memanfaatkan karbon dioksida dari udara.

Energi dari sinar matahari hanya sebagai energi tambahan (yaitu energi ekstra). Beberapa contohnya ada di dunia bakteri seperti berbagai bentuk bakteri non-sulfur, dan heliobakteri.

Ada juga serangga (kutu daun) dan sejenis tawon (Oriental Hornet atau Vespa orientalis) yang memanfaatkan energi matahari sebagai pelengkap makanan sehari-harinya.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Populasi? Simak Penjelasannya Berikut Ini

2. Kemoheterotrof

Sebaliknya, kemoheterotrof tidak menggunakan energi cahaya seperti organisme fotoheterotrof. Mereka memperoleh energinya melalui oksidasi anorganik.

Kemoheterotrof mendapatkan energi dan karbon dari organisme lain. Contoh organisme ini adalah manusia, sebagian besar hewan, jamur, dan beberapa bakteri tertentu.

Mereka mendapatkan energinya dari bahan kimia yang mereka peroleh dengan memakan bentuk kehidupan lain secara eksklusif.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Ekosistem Alami dan Buatan? Berikut Pengertian dan Contohnya

Contoh organisme heterotrof

Dilansir dari laman Biology Online, secara sederhana, semua organisme non-autotrofik adalah heterotrof, yakni hewan, jamur, berbagai protista, dan beberapa bakteri.

Oleh karena itu, heterotrof dapat bersifat multiseluler (yaitu terbuat dari banyak sel) atau uniseluler (yaitu hanya terdiri dari satu sel).

1. Herbivora

Beberapa heterotrof adalah konsumen primer yang dikenal sebagai herbivora. Mereka memakan tumbuhan autotrofik dan/atau organisme lain seperti fitoplankton dan bakteri fotosintetik.

Beberapa contoh herbivora adalah rusa di hutan, gajah di sabana Afrika, manatee di padang lamun, siput di hutan tropis, atau siput laut di terumbu karang.

Baca juga: Pengertian Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar Beserta Contohnya

2. Karnivora

Beberapa heterotrof juga adalah konsumen sekunder atau karnivora (pemakan daging) karena mereka memakan heterotrof lainnya.

Contoh konsumen sekunder adalah serigala yang memakan rusa, sekelompok singa di sabana Afrika yang memakan gajah, hiu yang memakan manatee, dan lain-lain.

4. Omnivora

Beberapa heterotrof adalah omnivora yang dapat memakan produsen primer dan heterotrof lain yang serupa.

Contoh sederhananya adalah manusia karena memakan berbagai macam tumbuhan dan juga hewan.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Tumbuhan Epifit? Berikut Pengertian dan Jenisnya

4. Jamur

Mungkin beberapa orang akan bingung ketika ditanya apakah jamur autotrof atau heterotrof? Jawabannya adalah, jamur bersifat heterotrofik.

Organisme ini mirip tumbuhan karena memiliki dinding sel tetapi tidak memiliki klorofil (pigmen hijau yang penting dalam fotosintesis).

5. Protista

Protista (Kingdom Protista) yang bersifat heterotrof antara lain protozoa, alga nonfotosintetik tertentu, jamur air, dan jamur lendir.

Ada begitu banyak variasi dari Protista ini dan Amoeba hanyalah salah satunya.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Spesies? Berikut Pengertian dan Jenisnya

6. Bakteri

Banyak bakteri bersifat heterotrof, misalnya Escherichia coli serta banyak bakteri di kulit, di badan air, dan berbagai habitat lainnya.

Kelompok bakteri yang menarik adalah mikroba pemakan mikroba. Bakteri ini memakan bakteri lain.

7. Tanaman karnivora

Tanaman karnivora, seperti tanaman Venus flytrap, mungkin mengonsumsi organisme untuk nutrisi tetapi mereka masih mampu melakukan fotosintesis.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa mereka bersifat heterotrofik fakultatif, yang berarti mereka tidak sepenuhnya heterotrofik.

Organisme ini masih dapat bertahan hidup melalui cara hidup fotosintesis dan tumbuh, meskipun relatif lebih lambat jika tidak menggunakan heterotrofi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi