Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Ini 7 Tanda bahwa Anda Mungkin Memiliki Penyakit Jantung

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/metamorworks
Ilustrasi seorang wanita mengalami gejala penyakit jantung.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Penyakit jantung adalah istilah yang mengacu pada beberapa jenis kondisi jantung, seperti arteri koroner, serangan jantung, gagal jantung, atau aritmia.

Sering kali penyakit jantung tidak disadari dan tidak terdiagnosis sampai seseorang mengalami tanda atau gejala tertentu.

Gejala umumnya adalah nyeri atau rasa tidak nyaman di dada, sesak napas, hingga perasaan berdebar-debar di dada (palpitasi).

Baca juga: 7 Manfaat Memelihara Kucing yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Baik untuk Kesehatan Jantung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Berikut ini adalah sejumlah gejala yang perlu Anda waspadai karena bisa mengindikasikan potensi masalah penyakit jantung:

1. Nyeri dada

Ini adalah tanda klasik serangan jantung, namun banyak orang tidak menyadari bahwa ini bisa menjadi keadaan darurat medis.

Dilansir dari laman British Heart Foundation, jika Anda mengalami nyeri dada dan merasa sangat tidak sehat, segera hubungi layanan kesehatan.

Jika itu serangan jantung, biasanya digambarkan sebagai rasa berat, sesak atau tertekan di dada, serta seperti perasaan yang menyempit.

Baca juga: Ramai soal Pasien Jantung Tidak Bisa Operasi karena Biaya Mahal, Ini Kata BPJS Kesehatan

2. Merasa panas dan berkeringat

Ketika Anda berkeringat saat pergi ke gym, berolahraga, atau karena cuaca sangat panas, ini tidak perlu dikhawatirkan.

Namun rasa panas dan lembap yang membuat Anda berkeringat, disertai nyeri dada merupakan salah satu tanda sakit jantung. Segera hubungi dokter atau layanan kesehatan.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan, Baik untuk Jantung, Mata, dan Pencernaan

3. Nyeri lengan

Meski terdengar tidak umum untuk mengasosiasikan nyeri lengan dengan jantung, tapi itu bisa menjadi tanda serangan jantung.

Jika rasa sakit Anda menjalar ke lengan, terutama lengan kiri atau ke leher, kemungkinan besar itu berhubungan dengan jantung.

Jika gejala tersebut tidak kunjung hilang, atau jika Anda memang memiliki penyakit jantung, segera hubungi dokter dan layanan kesehatan.

Baca juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Jus Tomat bagi Kesehatan, Baik untuk Tulang dan Jantung

4. Detak jantung tidak teratur

Detak jantung yang melonjak biasanya tidak berbahaya dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Namun, ketika jantung berdebar sangat cepat dan tidak menentu, maka saat itulah Anda harus menemui dokter atau layanan kesehatan.

Baca juga: 7 Manfaat Teh: Mengontrol Gula Darah, Menurunkan Risiko Kanker, dan Penyakit Jantung

5. Rasa lelah yang luar biasa

Dilansir dari laman Health.com, salah satu tanda kemungkinan sakit jantung adalah kelelahan yang luar biasa. Ini bukan sekadar kelelahan karena kurang tidur.

Merasa lelah terus-menerus bisa menjadi gejala gagal jantung, namun juga bisa merupakan kondisi lainnya. Jangan langsung menyimpulkan kondisi ini sebagai gejala penyakit jantung.

Jika Anda mulai mengalami kelelahan yang ekstrem dan gaya hidup Anda tidak berubah, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda.

Baca juga: Gejala Serangan Jantung pada Wanita, Awas Lebih Mematikan daripada Pria

6. Bengkak pada pergelangan kaki

Salah satu tanda yang tidak boleh Anda abaikan adalah ketika pergelangan kaki menjadi sangat besar, karena ini bisa menjadi penanda gagal jantung.

Meski demikian, hal ini juga sangat umum dan memiliki banyak penyebab lainnya, seperti kehamilan, varises, atau kurang gerak.

Pembengkakan kaki yang berhubungan dengan jantung biasanya disertai gejala lain seperti sesak napas dan/atau kelelahan.

Baca juga: Bisakah Kembali Beraktivitas Normal Setelah Terkena Serangan Jantung?

7. Rasa sakit pada kaki

Salah satu tanda yang dapat mengindikasikan seseorang mungkin mengalami penyakit jantung adalah ketika merasakan sensasi kram dan mencekam di betis saat berjalan.

Hal tersebut bisa menjadi penanda PAD (penyakit arteri perifer). Ini paling sering terjadi pada perokok dan penderita diabetes.

PAD adalah penumpukan plak lemak di arteri kaki yang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung. Jika menderita PAD, ada kemungkinan 50 persen Anda juga mengalami penyumbatan di salah satu arteri jantung.

Meski demikian, rasa sakit ini bisa disebabkan oleh usia atau kurang olahraga. Oleh karena itu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter jika mengalaminya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi