Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Minyak Kelapa untuk Melembapkan Kulit

Baca di App
Lihat Foto
Freepik/chaded
Manfaat minyak kelapa untuk melembabkan kulit.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Minyak kelapa adalah minyak nabati yang diekstraksi dari daging kelapa matang atau kelapa tua.

Minyak kelapa murni dianggap memiliki kualitas lebih tinggi daripada minyak kelapa olahan, dan mengandung lebih kaya akan polifenol antioksidan serta nutrisi seperti vitamin E.

Menurut laman BBC Good Food, minyak kelapa berpotensi memiliki manfaat untuk kesehatan kondisi kulit.

Meski terbatas, sejumlah bukti konsisten mendukung penggunaan minyak kelapa secara topikal untuk pencegahan dan pengobatan kondisi kulit kronis ringan hingga sedang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini juga telah terbukti meringankan beberapa kondisi kulit yang kompleks, seperti eksem dan psoriasis atau kulit kering.

Sekitar 65 persen komposisi minyak kelapa adalah medium-chain fatty acids (MCFA), dan inilah salah satu alasan mengapa minyak kelapa bermanfaat bagi kulit.

Baca juga: 4 Efek Samping Daging Kelapa, Berpotensi Naikkan Berat Badan dan Kolesterol


Manfaat minyak kelapa untuk kulit

Alasan utama banyak orang memilih minyak kelapa adalah karena kemampuan atau khasiatnya untuk melembapkan kulit.

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, berdasarkan penelitian, MCFA tertentu seperti asam laurat dan asam linoleat merupakan senyawa paling berpengaruh dalam minyak kelapa.

Minyak kelapa dapat membantu mengurangi kehilangan air transepidermal (TWL), yaitu ketika air menguap secara pasif dari kulit.

Ketika terlalu banyak air yang menguap akan menyebabkan kulit kering. TWL dapat dipicu oleh kondisi seperti eksem, rosacea, atau dermatitis.

Baca juga: Manfaat Olahraga Kardio untuk Kesehatan Kulit

Asam linoleat adalah asam lemak omega-6 tak jenuh yang dapat memperbaiki pelindung kulit, sehingga membantu mengurangi jumlah kelembapan kulit yang hilang.

Selain itu, asam laurat (ditemukan dalam banyak minyak nabati) adalah yang membentuk 49 persen minyak kelapa, dan ia memiliki sifat antimikroba.

Jadi, meskipun tidak dapat mengobati luka parah di permukaan kulit, ia dapat membantu meredakan lesi kulit yang lebih ringan seperti goresan atau luka bakar akibat pisau cukur.

Minyak kelapa terbukti memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan kronis.

Kondisi tersebut merupakan komponen utama dari berbagai jenis masalah kulit, termasuk psoriasis, dermatitis kontak, dan eksim.

Baca juga: 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Kulit, Dapat Melawan Jerawat dan Penuaan Kulit

Risiko penggunaan minyak kelapa pada kulit

Dilansir dari laman Healthline, meskipun penelitian menunjukkan minyak kelapa bermanfaat bagi kesehatan kulit, mengoleskannya pada kulit mungkin tidak ideal untuk semua orang.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan sedikit atau coba oleskan pada sebagian kecil kulit untuk memastikan tidak menyebabkan iritasi atau pori-pori tersumbat.

Minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pelembap bagi kulit, terutama jika Anda memiliki kulit kering, namun hal tersebut tidak berlaku pada kulit wajah berminyak.

Baca juga: Benarkah Mencuci Muka dengan Air Keran Bisa Memicu Jerawat? Ini Kata Dokter Kulit

Secara umum tidak disarankan menggunakan minyak kelapa pada wajah Anda karena sangat komedogenik. Artinya, minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori.

Penggunaan minyak kelapa dapat menyebabkan munculnya jerawat, terutama jika kulit Anda lebih berminyak.

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, akan lebih baik menghindari hal tersebut, karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.

Meski begitu, makan dan memasak dengan minyak kelapa umumnya tidak menjadi masalah bagi kebanyakan orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi