Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Mengapa Minum Kopi Dikaitkan dengan Jerawat

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/Kabachki.photo
Ada bahaya ketika Anda terlalu banyak menambahkan gula ke dalam kopi.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Kopi memiliki sederet manfaat bagi tubuh, salah satunya sebagai sumber antioksidan yang baik bagi kulit.

Meski begitu, bagi sebagian orang yang minum kopi, hal ini justru dapat memperburuk kondisi jerawat ataupun kulit berminyak.

Kendati demikian, menurut laporan media India Anandbazar, penelitian menunjukkan bahwa kopi tidak memiliki hubungan langsung dengan jerawat di wajah, dilansir dari Times of India (25/1/2023).

Namun, kopi bisa memengaruhi jerawat tergantung pada jenis kopi yang diminum dan seberapa sering mengonsumsinya. Hal ini lantaran, kopi berperan sebagai katalisator dalam segala aktivitas penyebab jerawat.

Baca juga: Rutin Minum Kopi Bisa Memperpanjang Umur, Ini Alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, apa hubungan minum kopi dengan jerawat?


Baca juga: Beberapa Efek Negatif Menambahkan Gula ke Dalam Kopi

Alasan minum kopi bisa memicu jerawat

1. Meningkatkan aliran darah di kelenjar minyak kulit

Kafein dapat meningkatkan aliran darah ke kelenjar minyak kulit, sehingga inilah yang dapat memperburuk gejala jerawat.

Jerawat terbentuk di bawah permukaan kulit akibat dari peningkatan aliran darah dan tersumbatnya sel-sel kulit mati. Peningkatan aliran darah ini kemudian akan menyebabkan peningkatan produksi sebum dan pembesaran folikel rambut.

Akibatnya, kelenjar minyak dirangsang oleh kafein untuk memproduksi lebih banyak sebum, yang merupakan makanan untuk bakteri penyebab jerawat.

Jadi, dalam hal ini kafein dapat memperburuk keadaan dengan meningkatkan peradangan pada pori-pori kulit.

Selain itu, efek ini tidak hanya dirasakan pada wajah saja, namun jerawat juga bisa lebih sering muncul di punggung dan dada karena konsumsi kopi.

Baca juga: 7 Makanan yang Bisa Menyebabkan Jerawat, Apa Saja?

2. Karena sifat diuretik kafein

Minuman apa pun yang memiliki sifat diuretik (zat yang membuat ginjal mengeluarkan cairan lebih banyak), akan berpotensi membuat tubuh mengalami dehidrasi yang juga berdampak pada kadar air di dalam kulit.

Selain itu, kafein juga meningkatkan keringat dan meningkatkan detak jantung, yang merupakan salah satu alasan meminum minuman berkafein dapat menyebabkan munculnya jerawat pada beberapa orang.

Ketika terjadi ketidakseimbangan antara produksi minyak dan tubuh kehilangan air, hal ini dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat sehingga memicu munculnya jerawat.

Baca juga: Rutin Minum Kopi Bisa Memperpanjang Umur, Ini Alasannya

3. Meningkatkan kadar Insulin

Dikutip dari Medical News Today, kafein dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin dalam tubuh, dan penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat memperburuk jerawat.

Satu studi menemukan bahwa orang yang memiliki kadar insulin yang lebih tinggi lebih mungkin memiliki jerawat yang parah.

4. Menggangu hormon kartisol

Penelitian telah menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan kadar hormon stres dalam tubuh yang disebut sebagai horom kortisol. Di mana, terlalu banyak kortisol dapat memiliki efek berbahaya pada tubuh.

Sebuah studi pada 144 wanita muda menemukan bahwa tingkat stres yang lebih tinggi menyebabkan lebih banyak jerawat.

Kortisol juga dapat menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak sebum, atau minyak, yang berpotensi menyebabkan jerawat.

Kadar kortisol yang tinggi secara kronis dapat memengaruhi masalah kesehatan lain yang mungkin berhubungan dengan jerawat, termasuk:

  • Penambahan berat badan
  • Depresi
  • Masalah pencernaan
  • Kecemasan

Selain itu, kafein dapat mengganggu tidur, yang dapat memengaruhi kadar kortisol.

Kurangnya kualitas tidur dapat menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak kortisol, yang dapat meningkatkan peradangan. Peradangan ini dapat mempengaruhi kulit, menyebabkan lebih banyak jerawat.

Baca juga: Minum Kopi Justru Bikin Berat Badan Naik? Ini 4 Alasannya

Susu dan gula pada kopi bisa memicu jerawat

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa minum susu dalam jumlah yang lebih tinggi dapat menyebabkan jerawat atau memperburuk jerawat yang sudah ada.

Satu studi menemukan bahwa remaja yang mengonsumsi lebih banyak susu rendah lemak atau susu skim memiliki lebih banyak jerawat secara signifikan daripada mereka yang mengonsumsi susu murni atau tanpa susu.

Penelitian lain yang mengamati 57 orang berjerawat menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak susu cenderung memiliki lebih banyak jerawat.

Sebuah studi tentang hubungan antara diet dan jerawat menyatakan bahwa minum susu meningkatkan kadar faktor pertumbuhan mirip insulin (IGF-1). Sebuah studi lebih lanjut menyatakan bahwa kadar IGF-1 yang tinggi menyebabkan jerawat.

Baca juga: Varian Kopi yang Mampu Memperpanjang Usia, Apa Saja?

Selain susu, orang yang berjerawat mungkin juga ingin membatasi atau menghindari gula dalam secangkir kopi di pagi hari.

Penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara jerawat dan makanan glikemik tinggi, atau makanan yang menyebabkan lonjakan gula darah. 

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan glikemik tinggi akan memiliki lebih banyak risiko berjerawat.

Selain itu, sebuah tinjauan sistematis menemukan bahwa diet rendah gula dapat membantu mengatasi jerawat.

Baca juga: 9 Kopi Terpopuler di Asia Tenggara, Apa Saja?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi