Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Positif Bersepeda untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/shapecharge
Ilustrasi bersepeda untuk menurunkan kolesterol jahat.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Kolesterol adalah zat seperti lemak yang ada dalam darah dan berfungsi membuat vitamin D, hormon, dan zat yang membantu mencerna makanan.

Tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat berbahaya, termasuk meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dikutip dari laman MedilinePlus NIH, tubuh manusia menghasilkan semua kolesterol yang dibutuhkan. Ia juga bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi terutama produk hewani.

Jika Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah, kolesterol dapat bergabung dengan zat lain dalam darah, kemudian membentuk plak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plak yang dikenal sebagai aterosklerosis ini menempel di dinding arteri. Sehingga dapat menyebabkan penyakit arteri koroner, karena ia menjadi sempit atau bahkan tersumbat.

Baca juga: Berapa Kadar Kolesterol Normal dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi?


Penyebab kolesterol tinggi

Penyebab kolesterol tinggi yang paling umum adalah gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti banyak mengonsumsi lemak jahat.

Jenis lemak jenuh dan lemak trans, diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (jahat) dalam tubuh.

Selain itu, kurangnya aktivitas fisik, terlalu banyak duduk, dan sedikit berolahraga, dapat menurunkan kolesterol HDL (baik) Anda.

Merokok juga menurunkan kolesterol HDL, terutama pada wanita, sekaligus dapat meningkatkan kolesterol LDL.

Baca juga: Khasiat Buah Pare untuk Menurunkan Kolesterol Menurut Penelitian

Manfaat bersepeda untuk menurunkan kolesterol

Pada dasarnya, olahraga teratur adalah cara yang baik untuk menjadi bugar dan sehat serta mengurangi jumlah kolesterol LDL (jahat) dalam tubuh.

Salah satu aktivitas sederhana yang dapat menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan bersepeda.

Dikutip dari laman Healthline, efek bersepeda tidak hanya meningkatkan kesehatan, tapi juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Hal ini kemudian berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan jantung dan menurunkan kemungkinan terkena stroke dan serangan jantung.

Baca juga: 5 Tanda Kolesterol Tinggi pada Wajah

Menurut sebuah ulasan terhadap 300 penelitian, bersepeda di dalam ruangan memiliki efek positif terhadap kolesterol total.

Ini dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) sekaligus menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida.

Sebuah studi dalam Journal of American Heart Association menunjukkan, orang yang bersepeda untuk bekerja berkemungkinan lebih kecil untuk memiliki kolesterol tinggi dibandingkan mereka yang tidak.

Studi tersebut juga mencatat bahwa bersepeda ke tempat kerja menurunkan risiko beberapa masalah kesehatan kardiovaskular.

Baca juga: Tanda Kolesterol Tinggi Berupa Benjolan Kuning di Kulit dan Kelopak Mata

Sejalan dengan itu, dilansir dari laman Everyday Health, penelitian telah menunjukkan bahwa mengendarai sepeda adalah latihan aerobik yang aman dan efektif untuk membakar kalori dan menurunkan kolesterol jahat.

Jika Anda merasa tidak nyaman mengendarai sepeda di jalan raya, bersepeda di dalam ruangan dengan sepeda statis adalah alternatif yang sangat membantu.

Sebagai permulaan, bagi Anda yang jarang melakukan aktivitas fisik, cobalah untuk memulai dengan perlahan, melakukan perjalanan singkat di medan datar.

Kemudian, lakukan olahraga sedang hingga intens setidaknya 30 menit, lima hari seminggu. Setelah terkondisikan, tingkatkan menjadi 45 hingga 60 menit hampir setiap hari.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi