Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Memilih Kopi Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan?

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash
Bagaimana cara memilih kopi untuk menurunkan berat badan.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Kopi tak hanya populer sebagai minuman yang digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan dan fokus.

Namun, kopi juga sering dijadikan sebagai minuman untuk membantu program diet dalam penurunan berat badan bagi sebagian orang.

“Kopi, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa terlalu banyak pemanis tambahan, dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan,” kata ahli diet terdaftar di Preg Appetit Ashley Shaw dikutip dari Insider (12/1/2022).

Baca juga: 6 Jenis Kopi yang Baik Diminum untuk Menurunkan Berat Badan

Selain itu, kopi mengandung nutrisi seperti niasin, potasium, magnesium, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mendukung fungsi otot, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, dan dapat meningkatkan penurunan berat badan. Meski begitu, efek ini bervariasi dan tergantung pada jenis kopi yang diminum.

Untuk itu, bila Anda ingin menambahkan kopi ke dalam daftar penurunan berat badan, penting untuk mengetahui cara memilih kopi yang sesuai.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Minum Kopi Dikaitkan dengan Jerawat

Lantas, bagaimana cara memilih kopi untuk menurunkan berat badan?


Baca juga: 6 Kebiasaan Minum Kopi yang Bisa Memperpendek Umur, Apa Saja?

Bagaimana cara memilih kopi untuk menurunkan berat badan?

Dilansir dari Athletic Insight, untuk memilih kopi yang ideal untuk diet Anda, pertimbangkan faktor-faktor seperti kandungan kalori, rasa, dan metode penyiapan.

Pilihlah kopi rendah kalori seperti kopi hitam, espresso, atau americano.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari bahan tambahan berkalori tinggi seperti gula, pemanis buatan, dan krim.

Anda juga bisa bereksperimen dengan berbagai jenis biji kopi dan teknik penyeduhan untuk menemukan minuman yang memuaskan selera Anda sekaligus selaras dengan tujuan penurunan berat badan.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Minum Kopi Dikaitkan dengan Jerawat

Kafein memengaruhi tubuh selama penurunan berat badan

Kafein adalah stimulan alami yang ditemukan dalam kopi yang telah terbukti meningkatkan metabolisme dan meningkatkan oksidasi lemak. Sehingga, ini bisa berpotensi membantu penurunan berat badan.

Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan kinerja atletik yang dapat menghasilkan latihan yang lebih efektif dan peningkatan pengeluaran kalori.

Namun, penting untuk mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang, karena asupan berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan seperti peningkatan detak jantung, kegelisahan, atau gangguan tidur.

Baca juga: Urutan Benar Menyeduh Kopi, Gula Dulu atau Kopi Dulu?

Berapa banyak kopi untuk menurunkan berat badan?

Tidak ada jawaban yang universal untuk pertanyaan ini, karena toleransi dan preferensi individu dapat berbeda-beda.

Namun, mengonsumsi 2-3 cangkir kopi per hari umumnya dianggap aman dan efektif untuk menurunkan berat badan bagi sebagian orang.

Untuk itu, sangat penting untuk memantau asupan kafein untuk menentukan jumlah optimal untuk Anda.

Selain itu, hindari minum kopi dengan bahan tambahan yang dapat menambah jumlah kalori.

Meskipun kopi dengan pemanis buatan dapat mengurangi asupan kalori dibandingkan dengan alternatif yang mengandung gula, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemanis ini dapat meningkatkan keinginan untuk makan makanan manis atau mengganggu keseimbangan bakteri usus.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi kopi dengan pemanis buatan dalam jumlah sedang dan fokus pada pola makan seimbang serta olahraga teratur untuk hasil penurunan berat badan yang optimal.

Baca juga: Beberapa Efek Negatif Menambahkan Gula ke Dalam Kopi

Terlalu banyak minum kopi bisa merusak diet

Sementara itu, konsumsi kopi yang berlebihan dapat berpotensi menghambat upaya penurunan berat badan.

Konsumsi kopi yang berlebihan, terutama jika mengandung zat aditif berkalori tinggi, dapat berkontribusi pada peningkatan asupan kalori dan menghilangkan manfaat kopi yang dapat meningkatkan metabolisme.

Selain itu, asupan kafein berlebihan dapat menyebabkan gangguan tidur, yang berdampak negatif pada pengelolaan berat badan.

Untuk itu, moderasi adalah kunci untuk memanfaatkan manfaat kopi untuk rencana diet Anda.

Baca juga: 5 Efek Samping Minum Kopi di Sore Hari, Hindari Waktu Menjelang Tidur

Jenis-jenis kopi untuk menurunkan berat badan

Dilansir dari Kompas.com, Minggu (24/9/2023), terdapat beberapa jenis kopi yang cocok untuk menurunkan berat badan, seperti berikut ini:

1. Espresso

Espresso adalah salah satu jenis kopi yang cocok diminum saat program penurunan berat badan. Kopi ini sangat populer dan dikenal memiliki rasa serta aroma yang kuat.

Tak hanya itu saja, espresso juga memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis kopi lain yang ditambahkan gula dan pemanis. Sehingga, espresso sangat cocok dijadikan pilihan bagi mereka yang sedang menjalani diet yang terkontrol kalori.

Untuk memaksimalkan manfaat penurunan berat badan dari espresso, minumlah espresso tanpa gula atau bahan tambahan berkalori tinggi.

2. Americano

Americano cocok untuk diet penurunan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah dan fleksibilitasnya.

Anda bisa menikmati minuman ini dalam keadaan hitam atau bisa juga dengan menambahkan sedikit susu rendah lemak dan pemanis nol kalori.

3. Cold brew

Cold brew merupakan metode pembuatan kopi yang melibatkan penyeduhan biji kopi yang digiling kasar dalam air dingin untuk waktu yang lama, biasanya 12-24 jam.

Proses ini akan menghasilkan minuman yang lembut dan tidak terlalu asam dengan rasa manis alami, sehingga dapat mengurangi kebutuhan akan gula atau pemanis tambahan.

Cold brew adalah pilihan yang sangat baik untuk mereka yang sedang menjalami program penurunan berat badan. Ini karena, cold brew dapat memberikan manfaat kopi yang memberi energi tanpa kelebihan kalori dari tambahan gula atau krimer.

4. Kopi hitam

Kopi hitam merupakan minuman yang ideal bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Di mana, kopi jenis ini hampir tidak mengandung kalori, bila dikonsumsi tanpa bahan tambahan apa pun.

Untuk itu, mengonsumsi kopi hitam dapat memberikan dorongan energi dan dapat menahan nafsu makan yang dibutuhkan untuk menjalani hari Anda dengan menahan keinginan makan secara berlebih.

5. Kopi hijau

Kopi hijau mengacu pada biji kopi yang belum dipanggang dan diyakini memiliki kadar asam klorogenat lebih tinggi, senyawa yang diklaim dapat membantu menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa kopi hijau dapat membantu manajemen berat badan dengan mengurangi penyerapan karbohidrat dan meningkatkan pembakaran lemak.

6. Kopi tanpa kafein

Kopi tanpa kafein dapat menjadi pilihan yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati kopi tanpa mendapatkan efek stimulasi kafein, seperti membantu untuk tetap waspada.

Meskipun kopi tanpa kafein kemungkinan tidak memiliki sifat untukn meningkatkan metabolisme seperti kopi biasa (kafein), namun kopi ini masih bisa menjadi tambahan yang menyenangkan dan rendah kalori untuk diet penurunan berat badan.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Terlalu Banyak Konsumsi Kafein?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi