Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khasiat Jalan Kaki untuk Menurunkan Gula Darah Menurut Penelitian

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Arek Adeoye
Ilustrasi manfaat jalan kaki untuk menurunkan kadar gula darah.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Jalan kaki adalah salah satu olahraga paling sederhana yang bisa dilakukan seseorang.

Bagi Anda yang tidak pernah atau malas melakukan aktivitas fisik berat, jalan kaki adalah cara paling mudah untuk memulai.

Sebab, ia memiliki risiko cedera rendah dan tidak memerlukan peralatan, pakaian, atau sepatu khusus apa pun untuk melakukannya.

Anda bisa melakukan aktivitas ini saat pergi ke kantor atau sekolah, berbelanja, atau sekedar jalan-jalan di sekitar rumah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski sederhana, jalan kaki memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan jika dilakukan secara konsisten.

Baca juga: Jalan Kaki Ampuh Turunkan Berat Badan, Harus Berapa Langkah Sehari?

Menurut American Diabetes Association, berjalan dengan kecepatan cepat atau intensitas sedang merupakan latihan aerobik.

Jika Anda melakukan aktivitas aerobik secara rutin dari waktu ke waktu, Anda dapat melihat banyak manfaat kesehatan, termasuk

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan cepat selama sekitar 30 menit sehari memberikan manfaat kesehatan jangka panjang, termasuk penurunan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Per Hari, Turunkan Berat Badan dan Bikin Umur Panjang


Jalan kaki bermanfaat menurunkan gula darah

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, kadar gula darah manusia berubah sepanjang hari. Mulai dari tinggi hingga rendah, seiring tubuh mencoba mengatur jumlah insulin yang dibutuhkan.

Anda hanya perlu menjaga agar kadar gula darah tetap konsisten, untuk membantu mencegah rasa haus dan lelah setelah makan (penurunan energi setelah makan siang).

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah berjalan-jalan sebentar. Penelitian menunjukkan, jalan kaki dua hingga lima menit setelah makan dapat menurunkan gula darah.

Ini adalah salah satu cara sederhana pengelolaan gula darah yang lebih baik. Bahkan bagi penderita diabetes yang melakukannya, menyadari bahwa gula darahnya lebih stabil.

Baca juga: 7 Manfaat Positif Jalan Kaki di Pagi Hari, Apa Saja?

Data berdasarkan penelitian

Sebagaimana telah dibahas bahwa olahraga adalah salah satu kunci untuk mengendalikan gula darah, termasuk rutin berjalan kaki.

Dikutip dari laman Everyday Health, sebuah penelitian multisenter pada 2002 dilakukan pada orang dengan pradiabetes yang berolahraga 150 menit seminggu.

Hasilnya, mereka kehilangan sekitar 7 persen berat badannya secara signifikan mengurangi peluang mereka terkena diabetes total.

Penderita diabetes tipe 2 memiliki gula darah tubuh yang terlalu tinggi, dan saat mereka berolahraga, tubuh menggunakan energi dalam bentuk glukosa (gula).

Baca juga: Manfaat Positif Bersepeda untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Aktivitas olahraga, termasuk jalan kaki, membantu penderita diabetes menggunakan gula dan membuat kadarnya menjadi turun.

Faktanya, olahraga teratur dapat membantu meningkatkan A1C, sebuah tes yang mengukur rata-rata kendali gula darah seseorang selama dua hingga tiga bulan terakhir.

Sejalan dengan itu, dilansir dari laman Healthline, sebuah penelitian dilakukan untuk mempelajari lansia dengan kondisi pradiabetes.

Hasilnya adalah, olahraga ringan hingga sedang selama 15 menit setelah makan dapat mengurangi lonjakan gula darah yang berisiko sepanjang hari.

Orang lansia lebih rentan terkena diabetes, namun aktivitas olahraga kecil dapat membuat perbedaan besar.

Baca juga: Plus Minus Mengonsumsi Air Jahe, Kenali Manfaat dan Risikonya

Dalam penelitian lain, diketahui bahwa jalan kaki singkat tiga kali setiap hari setelah makan sama efektifnya dalam mengurangi gula darah selama 24 jam dengan berjalan kaki selama 45 menit dengan kecepatan sedang.

Lebih baik lagi, melakukan jalan-jalan ringan setelah makan malam terbukti jauh lebih efektif dalam menurunkan kadar gula darah.

Makan malam, yang seringkali merupakan makanan terbesar dalam sehari, dapat meningkatkan secara signifikan kadar glukosa dalam 24 jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi