Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinilai Ampuh Turunkan Berat Badan, Berikut Manfaat Jalan Kaki di Air

Baca di App
Lihat Foto
Pexels / andrea piacquadio
Ilustrasi olahraga di dalam air.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Jalan kaki di dalam air merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Latihan dengan intensitas rendah ini tak hanya melatih kardio, tetapi juga membantu membakar kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.

Di sisi lain, latihan jalan kaki di dalam air juga membangun kekuatan otot.

Anda bisa melakukan latihan berjalan di dalam air di kolam dengan kedalaman yang dangkal.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat jalan kaki di dalam air

Air memiliki kepadatan yang lebih tinggi daripada udara. Oleh sebab itu, berolahraga di dalam air akan membutuhkan lebih banyak usaha dibandingkan olahraga di darat.

Berjalan di dalam air adalah latihan kardio dengan dampak rendah.

Artinya, olahraga ini lebih ramah bagi tulang dan sendi sehingga dapat menjadi pilihan olahraga yang lebih aman bagi orang-orang yang memiliki kondisi, seperti radang sendi, osteoporosis, atau fibromyalgia.

Dilansir dari Healthline, resistensi ekstra dari berjalan di dalam air memungkinkan untuk memperkuat otot.

Olahraga ini juga membantu membakar lebih banyak kalori sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Studi yang dilakukan pada 2015 juga menemukan bahwa berjalan di dalam air dapat meningkatkan detak jantung sehingga membuat jantung dan paru-paru lebih sehat.

Penelitian lain menunjukkan, berjalan di dalam air dapat membantu menurunkan tekanan darah, terutama bagi orang yang baru mulai berolahraga.

Selain itu, sebuah penelitian terhadap pasien dengan stenosis tulang belakang menemukan bahwa berjalan di air selama 12 minggu membantu meningkatkan keseimbangan dan fungsi otot.

Olahraga ringan ini juga sangat cocok bagi mereka yang sedang hamil, proses pemulihan akibat cedera, manula, dan siapa saja yang baru mulai berolahraga.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Jalan Kaki agar Berat Badan Turun

Alasan olahraga di dalam air baik untuk tubuh

Olahraga di dalam air dapat memberikan manfaat yang sama dengan olahraga lainnya, yaitu membakar kalori, memperkuat otot, meningkatkan kesehatan jantung, dan kesehatan mental yang lebih seimbang.

Namun selain itu, dikutip dari Everyday Health olahraga ini memiliki manfaat yang unik bagi tubuh, di antaranya:

1. Memperkuat otot dan minim cedera

Olahraga di dalam air tidak memberikan beban yang besar terhadap sendi dan tulang. Hal ini karena air mengurangi beban berat badan Anda.

Dokter chiropraktik yang juga penulis Sit-Ups Are Stupid & Crunches Are Crap, Todd Sinett mengatakan, olahraga di dalam air ideal untuk memperkuat otot tanpa tekanan.

Hal ini berbeda seperti yang ditimbulkan pada latihan lari dan latihan angkat beban pada lutut, pergelangan kaki, dan persendian lainnya,

Berkurangnya tekanan pada sendi dan tulang juga membuat latihan di dalam air menjadi pilihan yang bagus bagi mereka yang mengalami sakit atau nyeri akibat cedera atau kondisi kronis yang memengaruhi persendian.

"Latihan akuatik juga cukup bermanfaat bagi para lansia karena seiring bertambahnya usia, kita cenderung kehilangan fleksibilitas dan cenderung lebih sakit dan kaku," kata Sinett.

Baca juga: Jalan Kaki Ampuh Turunkan Berat Badan, Berapa Langkah yang Harus Dilakukan?

2. Memberi resistensi yang konstan

Air memiliki kepadatan 800 kali lebih banyak dari udara. Oleh karena itu, ketika seseorang berjalan di dalam air, tubuh akan melawan resistensi dari semua air di sekitarnya.

Itulah mengapa dibutuhkan lebih banyak usaha dan waktu untuk mengambil beberapa langkah di kolam renang dibandingkan di daratan.

Kendati demikian, Sinett mengatakan bahwa olahraga di dalam air tetap harus dilakukan sesuai dengan kemampuan masing-masing individu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi