Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederet Fakta Anak Tunggal Menurut Sains, Lebih Cerdas tapi Rawan Obesitas

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash
Fakta anak tunggal menurut sains.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Anak tunggal adalah satu-satunya anak yang terlahir dalam satu keluarga, ini berarti anak tunggal tidak memiliki saudara kandung, baik itu kakak ataupun adik.

Diyakini, sebesar 40 persen rumah tangga di dunia saat ini hanya memiliki satu anak, menurut Exploringyourmind (17/9/2023).

Dalam penelitian disebutkan, semakin tinggi tingkat budaya dan sosial orang tua, semakin sedikit jumlah anak yang mereka miliki.

Meski mendapatkan banyak keuntungan dari sisi ekonomi, namun  di sisi lain, Samantha Stronge dan rekannya dari Universitas Auckland mengatakan bahwa anak yang tidak memiliki saudara kandung dapat memiliki gangguan perkembangan kepribadian.

Hal ini terjadi karena hilangnya pengalaman sosialisasi dengan sesama anak di rumah, menurut PsychologyToday (9/4/2022).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut sederet fakta anak tunggal yang mungkin tidak ada pada anak yang memiliki saudara kandung.

Baca juga: Anak Pertama Lebih Pintar dari Adiknya, Ini Alasannya Menurut Sains


Fakta tentang anak tunggal

Dilansir dari beberapa sumber, berikut fakta-fakta anak tunggal menurut sains:

1. Otak anak tunggal berkembang secara berbeda

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of China dan diterbitkan dalam jurnal Brain Imaging and Behavior menemukan bahwa anak tunggal mungkin memiliki perkembangan otak yang berbeda dibandingkan anak yang memiliki saudara kandung.

Penelitian tersebut mengamati 303 siswa, di mana 170 di antaranya adalah anak tunggal. Semuanya menjalani tes psikologis dan psikoteknik, serta magnetic resonance imaging (MRI) untuk mempelajari otak mereka.

Para peneliti kemudian menemukan, anak-anak tunggal memiliki lebih banyak materi abu-abu di lobus parietal.

Hal ini dikaitkan dengan ketangkasan mental, perencanaan, dan kemampuan bahasa yang lebih besar. Selain itu, mereka juga tampaknya lebih menikmati kreativitas dan imajinasi.

Di sisi lain, mereka lebih bergantung dan memiliki keterampilan sosial yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tumbuh bersama saudara kandung.

Baca juga: Perjalanan Kasus Anak yang Mati Batang Otak Usai Operasi Amandel

2. Anak tunggal cenderung lebih cerdas

Pada tahun 2017, sebuah penelitian menyatakan, pada umumnya, anak tunggal cenderung lebih cerdas dan juga memiliki hubungan yang lebih baik dengan orangtuanya dibandingkan anak yang memiliki saudara kandung.

Studi tersebut juga menemukan bahwa mereka cenderung lebih mirip dengan orang tuanya dibandingkan mereka yang tumbuh dalam keluarga dengan banyak anak. Hal ini karena interaksinya lebih intens dan fokus.

Anak-anak kecil ini tidak memiliki model yang mungkin ditawarkan oleh saudara kandungnya, tetapi hanya model yang ditawarkan orang tuanya. Oleh karena itu, identifikasinya lebih langsung.

Sementara itu, psikolog di Universitas Texas di Austin Toni Falbo pada tahun 1986 telah melakukan meta-analisis terhadap 200 penelitian terhadap anak-anak tunggal.

Ia menemukan bahwa anak-anak tersebut lebih unggul dalam hal prestasi, kecerdasan, dan karakter dibandingkan anak-anak yang mempunyai saudara kandung, terutama anak-anak yang mempunyai kakak laki-laki atau perempuan.

“Rata-rata, anak-anak mendapat pendidikan lebih tinggi dan mendapat nilai lebih tinggi di berbagai tes prestasi,” kata Falbo dilansir dari CNN (6/11/2019).

“Soal pencapaian kepribadian, mereka baik-baik saja. Mereka memiliki kepribadian yang cukup positif dan mereka tidak rentan terhadap penyakit mental seperti orang lain,” tambahnya.

Baca juga: Marak Kasus Bullying pada Anak di Bawah Umur, KPAI Buka Suara

3. Banyak anak tunggal yang sukses dan terkenal

Fakta selanjutnya yang jarang diketahui adalah, pada kenyataannya sebagian anak-anak yang terlahir tanpa saudara kandung tumbuh menjadi orang terkenal.

Di antara mereka terdapat tokoh-tokoh terkemuka seperti Leonardo Da Vinci, Albert Einstein, Jean-Paul Sartre, Franklin Delano Roosevelt, dan Charles Lindbergh.

Tanpa membahas lebih jauh, 20 dari 23 astronot pertama yang dikirim ke luar angkasa adalah anak-anak tunggal. Begitu pula sejumlah tokoh hiburan seperti Marilyn Monroe, Al Pacino, Brooke Shields, Leonardo DiCaprio, Robert De Niro, dan Alicia Keys.

Meski tentu saja, banyak juga tokoh dan selebriti terkenal yang tumbuh bersama saudara kandung.

Baca juga: Ramai soal Anak Kedua Disebut Sering Bermasalah Ternyata Middle Child Syndrome, Apa Itu?

4. Cenderung berisiko obesitas

Anak tunggal ternyata memiliki risiko yang lebih tinggi terkena obesitas dibandingkan anak yang memiliki saudara kandung, menurut sebuah penelitian baru yang diterbitkan pada November 2019.

Studi tersebut mengamati kebiasaan makan dan berat badan anak tunggal yang oleh para peneliti disebut “lajang”.

Mereka menemukan bahwa anak tunggal memiliki kebiasaan makan dan pilihan minuman yang kurang sehat dibandingkan keluarga dengan banyak anak.

"Meskipun ukuran sampelnya kecil dan penelitian ini tidak dapat menentukan sebab dan akibat, namun hal ini mengangkat poin menarik yang perlu kita pahami lebih baik,” kata dokter anak sekaligus ketua dari American Academy of Pediatrics Section on Obesity, Natalie Muth.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi