Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Kulit Bentol-bentol Disebut Penyakit Darah Manis, Ini Kata Dokter

Baca di App
Lihat Foto
X
Tangkapan layar soal bercak darah di kaki disebut sebagai darah manis.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Unggahan foto yang memperlihatkan kondisi kaki yang tampak penuh bekas bentol-bentol, jadi perbincangan ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dimuat di akun X (Twitter) @tanyarlfes pada Senin (2/10/2023).

"Budugan // Darah Manis. Kalau memang solusinya harus treatment, laser segala macem belum cukup uang. Tapi bertahun2 skincare rawat kaki ga ilang2, di scrub ni kulit udah tipis," tulis pengunggah.

Hingga Rabu (4/10/2023), unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 765.200 kali dan mendapatkan lebih dari 280 komentar dari warganet.

Lantas, benarkah kulit bentol-bentol adalah penyakit darah manis?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Penyebab Kulit Wajah Kering dan Cara Mengatasinya...


Penjelasan dokter

Dosen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, dr Ismiralda Oke Putranti mengatakan bahwa tidak ada istilah medis untuk menyebut penyakit darah manis.

Menurutnya, bila dilihat dari unggahan foto, kondisi tersebut kemungkinan merupakan kasus dari prurigo.

Prurigo adalah kondisi kulit yang ditandai oleh beberapa nodul (benjolan) yang sangat gatal di punggung lengan dan kaki.

"Kalau melihat kasusnya seperti itu, kemungkinan kasusnya berupa prurigo. Penyakit ini merupakan penyakit yang menimbulkan keluhan gatal yang intens dan berulang sehingga menimbulkan bintil-bintil kecil pada kulit," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (3/10/2023).

Baca juga: Kisah Michael, Bocah yang Memiliki Kadar Gula Darah Tertinggi di Dunia di Usia 6 Tahun

Ada berbagai penyebab

Meski begitu, Ismiralda menyampaikan, masih ada beberapa kemungkinan penyebab yang berhubungan dengan kondisi kulit seperti itu. Beberapa di antaranya adalah:

Menurut Ismiralda, berbagai kondisi tersebut dapat menyebabkan kulit luka saat digaruk dan sulit sembuh. Meski begitu, gatal tersebut sifatnya adalah kambuhan.

"Sifatnya kambuhan, jadi pengobatannya bisa jangka panjang  dan memerlukan terapi kombinasi obat baik oral maupun topikal, dan jika diperlukan fototerapi," terang Ismiralda.

"Kalau istilah darah manis ya mungkin berhubungan dengan diabetes, lalu bila darah kotor mungkin berhubungan dengan mempunyai potensi alergi atau hipersensitif," tambahnya.

Baca juga: 3 Khasiat Utama Kurma dalam Mengontrol Gula Darah, Baik untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes mengalami gatal di kulit

Menurut Ismiralda, istilah darah manis lebih tepat jika dikaitkan dengan kadar gula darah tinggi atau yang dikenal sebagai diabetes melitus.

Diabetes melitus merupakan kondisi di mana tubuh memiliki kadar gula darah yang tinggi.

Selain itu, penyakit ini juga menimbulkan dampak jangka panjang termasuk terjadinya gangguan pembuluh darah dan sistem saraf.

"Gangguan pembuluh darah dan saraf ini pun menyebabkan gangguan pada kulit, terutama kulit menjadi lebih kering, sehingga mudah terasa gatal berulang dan berisiko menimbulkan infeksi," ucapnya.

Sementara, gatal-gatal yang terjadi pada penderita diabetes melitus bersifat kronik dan berulang dan rentan timbul luka.

Terlebih, proses penutupan luka tidak berfungsi dengan baik dan akhirnya sulit untuk sembuh.

Untuk itu, ia menyarankan, apabila mendapati gejala atau tanda klinis segera konsultasikan ke Sp.KK/Sp.DVE terdekat untuk mendapatkan penanganan yang baik.

Baca juga: Jumlah Air Putih yang Perlu Diminum Penderita Diabetes, Berapa Banyak?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi