Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Siniar KG Media
Bergabung sejak: 15 Okt 2021

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

7 Serba-Serbi Konser SMTOWN Live 2023 Jakarta

Baca di App
Lihat Foto
Twitter/SMTOWNGLOBAL
Ada beberapa fakta menarik dalam konser SMTOWN Live 2023 Jakarta.
Editor: Yohanes Enggar Harususilo

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Setelah konser SMTOWN Live 2023: SMCU PALACE @ JAKARTA sukses digelar, penggemar masih banyak yang belum bisa berpaling. Pasalnya, konser SMTOWN yang digelar setelah 11 tahun lamanya, memang telah dinanti-nanti oleh SM stan.

Apalagi, di konser yang dipromoteri Dyandra Global Edutainment ini, para penampil mayoritas merupakan grup-grup baru SM Entertainment, seperti aespa dan RIIZE. Meski begitu, penggemar pun mengatakan bahwa konser akbar SM kali ini sangat mengesankan.

Seperti yang dibicarakan oleh Bagas dan Ikko dalam siniar Kamjagiya Korea! episode “FANBOY RED VELVET AKHIRNYA KETEMU BIAS DI SMTOWN JAKARTA!” dengan tautan s.id/KamKorSMTOWN1.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain itu, ada beberapa momen mengesankan yang terdapat dalam konser SMTOWN Live 2023. Berikut adalah daftar tujuh momennya.

1. Kyuhyun SuJu Energik Meski Cedera

Sempat diduga tak ikut konser, ternyata Kyuhyun Super Junior terbang ke Jakarta menyusul anggota lainnya. Diketahui, beberapa waktu lalu, Kyuhyun dikabarkan cedera ankle karena menyiapkan drama musikalnya “Ben Hur”.

Ia pun berangkat dengan mengenakan ankle support sehingga membuat ELF (penggemar Super Junior) terharu. Selain itu, para penggemar pun khawatir karena ia masih berada dalam tahap pemulihan.

Ternyata, saat penampilan, Kyuhyun turut menari dan bernyanyi dengan sangat enerjik. Bahkan, sampai tak terlihat kalau ia sedang mengalami cedera.

Baca juga: Diprediksi Sepi, Konser SMTOWN LIVE 2023 Justru Pecah

Saat sesi bincang-bincang, anggota termuda SuJu ini bahkan menempelkan tisu di dahinya dan meneriakan beberapa kata seperti “WOW!”, “Oh My Gooood!”, hingga “Unbelieveable!”. Begitu pula dengan anggota Super Junior lainnya.

2. Tae Yong NCT Kabur Habis Lepas Baju

Momen lainnya pun terekam saat menjelang akhir konser, setelah menyelesaikan lagu “Hope” dan para grup SM Entertainment berkumpul, Taeyong NCT terlihat melemparkan bajunya ke arah penggemar.

Aksi itu terekam dalam akun Twitter @summercity__ dan diiringi oleh balasan-balasan unik dari penggemar lainnya. Salah satunya ada yang berkomentar kalau baju itu adalah baju tampil dan ia akan dimarahi oleh stylist-nya.

Ada pula yang bertanya siapa orang beruntung yang mendapatkan baju Taeyong.

3. Beberapa Anggota Grup Umumkan Nama Lokal

Dalam sesi bincang-bincang (ment), ada beberapa anggota grup yang tak ragu berbicara bahasa Indonesia dengan mengucapkan “Halo! Apa kabar?”, “Nama saya…”, hingga “Terima kasih”.

Bahkan, ada pula anggota yang tak sungkan mengenalkan diri dengan nama Indonesia-nya. Seperti, Jaehyun NCT yang mengatakan kalau dirinya adalah Jamal, Donghae SuJu yang mengenalkan dirinya sebagai Dimas.

Ada pula Eunhyuk SuJu yang mengenalkan dirinya sebagai Eko dan Yesung SuJu sebagai Agung.

4. WayV Cover It’s Only Me-nya Kaleb J

Momen mengejutkan lainnya ditampilkan oleh Way V, salah satu sub unit NCT region China. Mereka membawakan cover lagu It’s Only Me oleh Kaleb J yang langsung membuat seluruh penggemar di stadion turut bernyanyi bersama.

Banyak penggemar yang menantikan cover mereka juga diunggah di YouTube karena mereka terkesima dengan vokal WayV.

5. Irene Red Velvet Hampir Batal Tampil

Satu jam sebelum konser dimulai, Irene Red Velvet dikabarkan tak bisa tampil karena kondisi kesehatan yang kurang baik. Padahal, pelantun Feel My Rhythm ini sudah ikut terbang ke Jakarta bersama anggota lainnya.

Ternyata, saat Psycho, penonton dan penggemar, Reveluv, dikejutkan dengan kehadiran Irene di atas panggung. Sang leader tetap ikut tampil meski dari raut wajahnya masih tampak lemas.

Saat Red Velvet melakukan sesi bincang-bincang dengan para penggemar. Joy, salah satu anggota, pun membicarakan kondisi Irene.

Baca juga: Irene Sakit, Red Velvet Tetap Tampil Memukau di SMTOWN Live 2023

“Sebenarnya, kondisi Irene eonni kurang baik hari ini, tapi katanya dia kangen banget sama fans-fans di Jakarta. Jadinya, dia mutusin untuk tetap tampil,” ucapnya.

Mendengar hal itu, penggemar yang memadati stadion GBK pun menyemangati Irene dengan meneriaki namanya.

6. Aespa Tampil Pecah dengan Live Band

Sebagai pembuka konser SMTOWN Live 2023, aespa tampil sangat memukau. Mereka tampil diiringi dengan live band yang menampilkan kemampuan vokalnya yang fantastis.

Girl group yang debut tiga tahun silam ini pun membawakan lima lagu andalannya, yaitu Girls, Hold On Tight, Next Level, Better Things, dan Spicy.

7. Penampilan RIIZE Menyegarkan

Berbeda dengan penampilan boy group lainnya dengan setelan lebih dewasa, RIIZE, yang merupakan grup termuda asal SM Entertainment tampil dengan menyegarkan. Mereka membawakan dua lagu, yaitu Memories dan Get A Guitar.

Dengan tarian yang energik dan ceria, RIIZE berhasil membawa penggemar untuk bernyanyi bersama di konser SMTOWN perdananya. Bahkan, salah satu anggota Super Junior, Leeteuk mengajak penonton untuk mendukung RIIZE.

Ingin tahu informasi terkini lainnya seputar grup idola hingga budaya Korea? Yuk, dengarkan Kamjagiya Korea! di Spotify dan YouTube. Akses juga episode-episode lainnya yang tak kalah seru dalam playlist YouTube Medio by KG Media.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi